Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Air Terjun di Ponorogo Terindah Dan Terpopuler

Destinasi wisata baru biasanya selalu menjadi incaran untuk dikunjungi, terlebih tempat wisata air terjun di ponorogo. Ponorogo sebuah kota yang berada di propinsi jawa timur ternyata memiliki kekayaan alam yang luar biasa, terutama keindahan alam air terjunnya. Semakin tersembunyi lokasinya maka semakin alami dan semakin segar kondisi udaranya sehingga nyaman untuk dikunjungi.

Berikut ini Air Terjun di Ponorogo yang Lagi Hitz

Air Terjun Di Ponorogo
Air Terjun di Ponorogo


Selain untuk mencari tempat liburan yang bernuansa alami, banyak juga yang menjadikan lokasi ini sebagai lokasi spot foto, karena hasil foto yang dihasilkan di kawasan ini sangat bagus dan menawan.

Tidak hanya itu saja, banyak yang berkunjung ke air terjun ini untuk bermain air di bawah guyuran air terjun yang mengalir atau bersantai di tepi air terjun.

Terdapat sekitar 12 spot air terjun di kota reog ini, kami akan ulas secara singkat dan semoga bisa menjadi rujukan tempat berlibur anda di kota ponorogo :

Air Terjun Widodaren

Alamat : Ds bulu lor – kec. jambon – kab. ponorogo - prop. jawa timur - 
Image Credit by ksmtour.com





























Air terjun widodaren masih terjaga keasriannya, pemandangan alam di kawasan ini masih begitu alami dan cantik.

Sebaiknya waktu berkunjung ke lokasi ini pada saat musim hujan dimana debit air melimpah dan tumbuhan tumbuh subur sehingga Nampak indah, jangan saat musim kemarau karena saat musim kemarau volume airnya sedikit sehingga tidak menarik untuk dilihat.

Lokasi air terjun ini beralamat di desa bulu lor – kecamatan jambon – kabupaten ponorogo - propinsi jawa timur.

Air Terjun Pletuk

Alamat : Alamat air terjun pletuk berada di dusun kanggan –ds. Jurug –kec. Soko –kab. Ponorogo jawa timur -  Image Credit by ksmtour.com
Alamat : dusun kanggan –  ds. Jurug – kec. Soko – kab. Ponorogo - jawa timur -  Image Credit by ksmtour.com

Air terjun pletuk mempunyai nama lain coban temu, ketinggian air terjun ini diperkirakan sekitar 30 meter yang berada di pegunungan dengan ketinggian 450 meterdari atas permukaan air laut.

Lokasi ini dikelilingi oleh jalur perbukitan yang berdiri kokoh, banyak tumbuhan hijau menghiasi area ini sehingga menambah daya tarik lokasi ini.

Lokasi air terjun pletuk berada di dusun kanggan – desa jurug – kecamatan soko – kabupaten ponorogo - propinsi jawa timur

Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah Ponorogo
Alamat : dukuh samba – ds selur – kec. ngrayun – kab. ponorogo - jatim. -  Image Credit by wisatalengkap.com

Air terjun sunggah merupakan sebuah destinasi wisata baru yang berada di ponorogo, air terjun sunggah sekarang menjadi primadona wisata di ponorogo.

Air terjun ini berada di ketinggian 50 meter dengan lokasi yang dikelilingi hutan dan terasering persawahan nan indah. Apabila berjalan dari tempat parkir diperlukan waktu 10 menit sampai di lokasi ini.

Aliran air terjun sunggah ronggo sangat jernih dengan suara gemuruh khas air terjun, ketika musim hujan debit air sangat melimpah dan mengalir sangat deras sehingga menambah daya tarik dan keindahan  yang menakjubkan.

Lokasi air terjun sunggah berada di dukuh samba – desa selur – kecamatan ngrayun – kabupaten ponorogo - propinsi jawa timur.

Air Terjun Coban Lawe

Air Terjun Coban Lawe Ponorogo
Alamat : ds krisik - kec. pudak - kab. ponorogo - jatim. -  Image Credit by ariewitantra.com

Berada di bawah lereng gunung wilis dengan aliran air yang begitu jernih dan udaranya yang segar  dan medannya yang mudah untuk ditempuh, menjadikan lokasi air terjun coban lawe menjadi salah satu air terjun yang sering dikunjungi para wisatawan.

Lokasi air terjun coban lawe berada di desa krisik – kecamatan pudak – kabupaten ponorogo - propinsi jawa timur

Air Terjun Kalimalang

Air Terjun Kalimalang Ponorogo
Alamat : ds temon – kec. sawo – kab. ponorogo - jatim. -  Image Credit by wisatalengkap.com


Terdapat aliran sungai yang mengalir deras dengan sungai yang membentang sangat panjang.

Aliran sungai ini diberdayakan oleh warga sekitar untuk aliran pengairan di sawah maupun untuk kebutuhan rumah tangga. Banyak terdapat pipa yang digunakan untuk mengalirkan air ke rumah rumah warga sekitar.

Lokasi air terjun kalimalang berada di desa temon – kecamatan sawo –kabupaten ponorogo – jawa timur. 

Air Terjun Mlaten

Air Terjun Mlaten Ponorogo
Alamat : ds temon – kec. sawo – kab. ponorogo - jatim. -  Image Credit by reresepan.com

Air terjun mlaten kondisi alamnya masih alami dan belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

Pengelola di lokasi ini baru sebatas masyarakat sekitar yang menyediakan tempat parkir maupun penunjuk jalan ke area air terjun mlaten. Untuk menuju ke lokasi ini dapat dari arah utara ataupun selatan.

Apabila memilih jalur utara maka dari alun alun ponorogo menuju ke ke soko, sesampainya perempatan / pasar suru kecamatan sooko belok kanan menuju ds. Ngadirojo atau ke wisata gunung bedes.

Sesudah sampai ds. Ngadirojo (setelah SMPN2 soko dan SDN3 ngadirojo) ada pertigaan kemudian ke kanan (lurus ke gunung bedes) terus hingga sampai pabrik marmer. 500 m dari bekas pabrik marmer terdapat pertigaan kemudian belok kanan, air terjun hanya 1 km dari sini.

Air Terjun Njero Kuwong

Air Terjun Njero Kuwong Ponorogo
Alamat : Desa ngasinan - kec. sambit - kabupaten ponorogo - Jawa Timur


Berada di atas sebuah bukit dengan ketinggian 400 sampai 500 meter dari permukaan laut disinilah terdapat sebuah air terjun njero kuwong.

Lokasi tepatnya berada di ds.ngasinan kecamatan sambit kab.ponorogo. Untuk menuju ke lokasi ini harus melewati medan yang berat, terdapat sebuah jalan dengan panjang sekitar 25 meter dengan kemiringan 70° .

Namun semua lelah maupun letih itu akan terbayarkan ketika sudah sampai di lokasi air terjun njero kuwong.

Air Terjun Toyomerto / Selorejo

Air Terjun Toyomerto Ponorogo
Alamat : Dusun Toyomerto - Desa Pupus - Kecamatan Ngebel - Jawa Timur - Image Credit by travel.okezone.com

Air terjun toyomerto memiliki nama lain yaitu aur terjun selorejo, mempunyai 2 tingkat air yaitu ketinggian 25 sampai 30 meter.

Berada diatara 2 buah bukit yang berhadapan, yaitu gunung nglengko dan gunung wayutan yang merupakan gugusan pegunungan dari gunung wilis.

Aliran air terjun ini mengalir sampai kali catur madiun. Lokasi air terjun ini berada di Kecamatan ngebel tepatnya di dusun toyomerto  desa brubus.

Air Terjun Kedung Mimang / Karangpatihan

Air Terjun Kedung Mimang Karangpatihan
Alamat : Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong - Kabupaten ponorogo - Jawa timur - Image Credit by 4.bp.blogspot.com


Lokasi air terjun karangpatihan ini berada di balong, diantara gunung rimbung dan gunung rajek wesi, ketinggian air terjun ini 15 meter dengan kondisi alam yang masih sangat alami.

Sangat memuaskan untuk berlibur ke objek wisata ini, semua kejenuhan maupun semua kepenatan serasa menghilang terobati dengan basuhan air terjun yang segar dan jernih. untuk mencapai lokasi ini harus jalan 2 kilometer dari tempat parkir.

Air Terjun Jurug Klenteng / Air Terjun Tumpuk

Air Terjun Jurug Klenteng Ponorogo
Alamat : Desa tumpuk - kec. balong - Kab. ponorogo - Jawa timur - Image Credit by ngadem.com

Desa tumpuk Kecamatan sawo kabupaten ponorogo berada di perbatasan ponorogo dan trenggalek, dinamakan jurug klenteng karena lokasinya yang menjurug kedalam dihimpit dua tebing gunung bebatuan.

Ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter, pada ujung bawah air terjun terdapat sendang yang airnya hijau yang disebut kedung, menurut cerita masyarakat air dari air terjun ini tembus ke laut selatan

Air Terjun Prejengan Sampung

Air Terjun Prejengan Sampung Ponorogo
Alamat : desa Pagerukir - dukuh ngudal,
- ponorogo - Jawa timur Image Credit byponorogoparadise.blogspot.com

Air Terjun Prejengan sampung ini berada di desa pager ukir kecamatan sampung dengan ketinggian 20 meter.

Air Terjun Plasur

Air Terjun Plasur Ponorogo
Alamat : Desa kunthi - Kec. Sampung - Kabupaten ponorogo - Jawa timur

Lokasi air terjun plasur dikelilingi pepohonan yang hijau dan rindang, pemandangan di lokasi ini sangat mempesona. Berada di ponorogo bagian barat, Kecamatan sampung desa kunti menjadikan lokasi ini di waktu akhir pecan selalu padat dengan pengunjung.

Demikianlah 12 destinasi wisata air terjun di ponorogo yang rekomended, Apabila hari libur tiba maka sangat tepat apabila menjadikan salah satu lokasi ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Selalu taati peraturan maupun kearifan local di lokasi yang dikunjungi dan jagalah kebersihan, semoga liburan anda di kota reog menjadi lebih mengasikkan dan memuaskan.






Posting Komentar untuk "12 Air Terjun di Ponorogo Terindah Dan Terpopuler"