Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 10 Tempat Wisata di Bangli Bali Terbaik & Romantis

Tempat wisata di bangli - Bangli merupakan sebuah kota kabupaten yang ada di provinsi bali, indonesia.

Letak kabupaten bangli pada sisi sebelah utara bangli berbatasan dengan kabupaten buleleng, pada sisi timur dengan kabupaten klungkung dan karangasem, pada sisi sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten klungkung dan gianyar, pada sisi barat berbatasan dengan kabupaten gianyar dan badung.

tempat-wisata-di-bangli
by @cenderra

Keindahan alam di tempat ini sangatlah memukau, namun sebelum ke tempat wisata di bangli  alangkah baiknya bila kita mengetahui sejarah kota bangli terlebih dahulu.

Kabupaten bangli merupakan kabupaten di bali yang tidak memiliki pantai dikarenakan berada di tengah daratan.

Di pura kehen terdapat sebuah prasasti yang menceritakan tentang sejarah  desa bangli dimana dahulu desa ini pernah terjadi wabah penyakit kegeringan, sehingga menyebabkan banyak warga yang meninggal. 

Sedangkan warga yang masih sehat banyak yang berbondong-bondong meninggalkan desa bangli untuk menghindari wabah tersebut. Sehingga desa bangli menjadi sepi dan tidak ada penghuninya pada saat itu.

Seorang raja bijaksana yang bertahta pada waktu itu (1126 tahun caka, tanggal 10 tahun paro terang, hari pasaran maula, kliwon, chandra / senin, wuku klurut atau 10 Mei 1204) yang bernama raja ida bhatara guru sri adikunti ketana melakukan segala upaya untuk mengatasi wabah tersebut. 

Setelah wabah tersebut dapat diatasi kemudian sang raja memerintahkan pada putra-putrinya yaitu dhana dewi ketu untuk mengajak penduduk desa bangli pulang ke kampung halaman serta bersama-sama membangun dan memperbaiki rumah mereka masing-masing.

Sang raja ketika itu juga memerintahkan pada seluruh penduduk untuk menambah keturunan di wilayah pura lokaserana desa bangli, serta mengizinkan warga membabat hutan untuk membuat sawah serta saluran air.

Berawal dari titah sang raja yang dikeluarkan tanggal 10 mei 1204, maka tanggal tersebut kini dijadikan sebagai hari kelahiran kota bangli.

Lokasi

Bali merupakan sebuah salah satu pulau di indonesia yang beriklim tropis, lokasi pulau bali ada di 8°25′23″ garis lintang selatan dan pada 115°14′55″ garis bujur timur


Apa saja tempat terbaik untuk wisata alam & taman di bangli? Berikut ini adalah ulasan singkat kami: 

1. Danau Batur 

danau-batur

Danau yang terbentuk dari letusan gunung batur ini memiliki daya tarik tersendiri, di mana air danau dapat berubah warna dikarenakan terdapat kandungan belerang di dalamnya.

Pengunjung dapat menikmati keindahan danau batur dengan latar belakang gunung batur sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. 

Danau yang berada di kecamatan kintamani ini banyak yang menjadikan sebagai sarana foto prewedding dan menikmati keindahan matahari tenggelam.

Apabila anda melakukan perjalanan ke gunung batur maka sempatkanlah untuk singgah ke danau batur ini, anda tentu tidak akan kecewa karena keindahan lokasinya yang sangat memukau.

2. Tirta Sudamala 

tirta-sudamala

Tirta sudamala yang berada di kelurahan bebalang desa bangli sekarang ramai dikunjungi oleh wisatawan, sumber mata air dari tirta sudamala ini berasal dari sebuah pohon bunut besar dan terdapat 11 pancuran pada tirta sudamala.

Lokasi ini masih begitu asri dengan pepohonan yang menghijau dan udaranya yang sejuk, sehingga menjadikan pengunjung menjadi lebih tenang dan damai ketika berada di tempat ini.

3. Desa Penglipuran 

desa-penglipuran

Desa penglipuran pernah mendapatkan penghargaan sebagai desa terbaik dan terindah di indonesia ataupun di dunia, dahulu desa ini merupakan desa adat yang kemudian berkembang menjadi desa wisata.

Pengunjung akan disuguhi oleh nuansa kedamaian ketika mengunjungi desa penglipuran ini, maka tidak lengkap rasanya bila ketika berlibur ke bali tidak mampir ke desa ini karena desa ini banyak dikenal wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara.

Lebih lengkap rasanya bila anda menuju ke kelurahan kubu karena tempat ini pernah mendapatkan penghargaan kalpataru serta desa terbersih di dunia.

4. Air Panas Toyo Bungkah

Air-panas-toyo-bungkah
@hasna.ts

Destinasi wisata  ini tidak kalah menarik dengan objek wisata sebelumnya, pengunjung dapat memanjakan badan dan mata di tempat ini. 

Suhu air di toyo bungkah ini sekitar 38-39 celcius, sehingga apabila berendam di air panas ini ini akan menjadikan tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dan sehat.

Lokasi air panas toya bungkah berada di desa pekraman batur, dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp50.000 pengunjung sudah dapat berendam sepuasnya di pemandian ini.

5. Air Terjun Tukad Cepung

Air-terjun-tukad-cepung

Nah bagi Anda yang kepergian ke bali maka perlu untuk mengunjungi air terjun tukad cepung, dijamin gak bakal menyesal deh... air terjun ini cukup unik karena air dari air terjun ini jatuh pada tebing-tebing yang menyerupai dengan gua. 

Lokasi air terjun tukad cepung ada di banjar penida kelod, desa tembuku.

6 Gunung Batur 

Gunung-batur
@agnesvera

Pemandangan alam di gunung batur ini sangat memukau, untuk anda yang hobi hiking, tidak ada salahnya mencoba untuk mendaki gunung batur.

Gunung batur merupakan gunung tertinggi kedua setelah gunung agung dan dinyatakan masih aktif  sampai dengan saat ini. 

Lokasi gunung batur sangat mudah untuk ditemukan karena sudah dapat dilihat dari kejauhan.

7. Anjungan Tukad Melangit

Anjungan-tukad-melangit
@infogrambali

Lokasi anjungan tukad melangit ada di desa jehem matan tembuku(cek disini), tukad melangit merupakan sebuah tempat wisata di bangli bali yang lagi hits saat ini.

Banyak wisatawan lokal maupun dari mancanegara berkunjung ke tempat ini dikarenakan selain pemandangannya yang indah pepohonan disini menghampar hijau dan udaranya yang sejuk.

Tempat wisata ini dibuka pada pukul 08.00 sampai 17.00 wita, sangat tepat sebagai lokasi untuk menyegarkan tubuh dan pikiran selain lokasinya yang instagramable.

8. Museum Vulkanologi Kintamani

Museum-vulkanologi-kintamani

Lokasi dari museum vulkanologi kintamani ini ada di taman wisata alam penelokan dengan luas lahan 1,09 hektar (cek disini). Selain melakukan kegiatan wisata di museum vulkanologi pengunjung dapat belajar banyak tentang kegunungapian.

Museum ini menyimpan berbagai jenis batuan dari gunung berapi serta semua peralatan yang diperlukan ilmuwan untuk penelitian gunung berapi. 

Mitologi tentang gunung batur juga dijelaskan secara gamblang di museum ini. Terdapat pula film dokumenter tentang perkembangan Gunung Batur serta sejarah letusannya.

9. Air Terjun Sing-Sing Angin

Air-terjun-sing-sing-angin
@pastrayasa15

Ini dia salah satu destinasi berikutnya yang wajib dikunjungi karena keindahan alamnya yang tiada duanya. Ketika berada di tempat ini maka suasana nyaman akan menjadikan siapa pun betah berlama-lama di tempat ini. 

Suasana di air terjun ini masih tergolong sepi sehingga sangat tepat sebagai tempat untuk menenangkan diri . 

Air terjun sing-sing bertingkat mempunyai ketinggian yang tidaklah terlalu tinggi kira-kira 16 meter saja. Jarak antara air terjun pertama dengan air terjun kedua sekitar 100 meter. 

Rute untuk menuju air terjun sing-sing dapat dilewati dengan melalui jalan setapak sejauh 600 meter. Adapun pemandangan ketika menuju air terjun ini sangatlah indah.

10. Air Terjun Tirta Payuk

Air-terjun-tirta-payuk
@sutatourtravelbaliofficial

Lokasi air terjun tirta payuk ada di susut bangli bali (cek disini)., air terjun ini tidaklah begitu tinggi dan airnya juga tidak terlalu deras. Namun… apabila anda berkunjung di tempat ini ketika musim penghujan maka airnya cukup deras lo... 

Letak air terjun tirta payuk ada di antara dua tebing yang agak menjorok ke dalam, atau dapat dikatakan bentuknya mirip dengan mangkok. 

Diantara tebing tersebut banyak pohon-pohon yang tumbuh subur dengan genangan air  yang sangat jernih.

Apabila anda pergi ke tempat  wisata di bangli jagalah selalu kebersihan dan hormati semua aturan kelokalan yang berlaku di tempat tersebut.

Posting Komentar untuk "√ 10 Tempat Wisata di Bangli Bali Terbaik & Romantis"