Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru Yang Eksotis


Kota balikpapan mempunyai sebuah lokasi destinasi wisata yang dapat menjadi pilihan anda apabila berkunjung di kota ini.

Tempat wisata di balikpapan adalah sebuah lokasi wisata yang sangat digemari oleh semua kalangan, dari usia muda hingga yang berusia lanjut.

Sensasi berlibur di pantai kota balikpapan jauh berbeda dan dapat memberikan sensasi tersendiri.

Kegiatan favorit  wisatawan ketika di pantai adalah bermain air, dan kegiatan berselfie dengan latar belakang pemandangan pantai.

Kegiatan lainnya yang sangat dinanti nanti adalah kuliner serba seafood yang hanya dapat ditemukan ketika berlibur di daerah pantai.

Berikut ini akan kita ulas beberapa pantai di balikpapan kota, dan yang kami rekomendasikan ketika berada di kota Balikpapan.

1. Pantai Melawai


Pantai Melawai
@ heri-prastyo.blogspot.com

Balikpapan yang merupakan pintu gerbang di propinsi kalimantan timur selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal atau dari luar daerah.

Berbagai destinasi wisata alam juga banyak berada di kota ini.

Sejak dikelola oleh pemerintah kota balikpapan kondisi pantai melawai semakin mengalami banyak kemajuan dari segi fasilitas ataupun dari segi pelayanan untuk pengunjungnya.

Pantai melawai merupakan tempat romantis karena banyak muda mudi yang berwisata disini untuk berfoto mengabadikan keindahan pantai melawai.

Pemandangan beragam kapal nelayan mulai dari jenis dan ukuran kapal juga menghiasi pantai ini, seperti kapal tongkang,  perahu nelayan dan kapal kapal tanker yang melakukan aktifitas bongkar muat di pelabuhan semayang.

Apabila anda mengarahkan pandangan ke daratan maka akan melihat ramainya lalu lintas jalan di sekitar pantai melawai.

Pemandangan unik dapat dijumpai dengan banyak terlihat berdirinya hotel, kantor perusahaan tambang, gedung gedung yang berdiri megah, kafe dan banyak bangunan gedung lainnya menjamur di sekitar pantai melawai.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai melawai antara lain adalah hotel, lokasi parkir di sepanjang pinggir jalan pantai, lokasi karaoke, tempat olahraga, dekat dengan bank dan rumah sakit, restoran dan beragam rumah makan atau warung di sekitar area pantai.

Puncak keramaian di pantai melawai biasanya pada sore dan malam hari, apabila anda tertarik berkunjung ke pantai melawai maka persiapkan perjalanan liburan jauh jauh hari.

Alamat : lokasi pantai melawai berada di jalan pelabuhan semayang – prapatan – balikpapan kota – kota balikpapan propinsi kalimantan timur

2. Pantai Kemala

Pantai-Kemala

Nama lain pantai kemala adalah pantai polda, dinamakan panti polda karena lokasi pantai ini dikelola oleh polda kalimantan timur.

Alamat : lokasi pantai ini berada di pusat kota balikpapan yaitu di jalan sudirman – kota balikpapan – propinsi kalimantan timur.

Tidak hanya lokasinya saja yang strategis, namun berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola pantai ini sangat bagus sehingga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Fasilitas yang disediakan antara lain adalah beragam watersport seperti jet ski, banana boat dan flying fox, ada juga yang menyukai bermain ombak dan bermain pasir di pantai ini.

3. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari
@ naldoleum.blogspot.com

Nama asli pantai manggar segara sari adalah pantai segara sari, namun warga sekitar lebih sering menyebutnya dengan pantai manggar.

Alamat : lokasi pantai ini berada di jalan pantai manggar segarasari – kelurahan manggar– balikpapan timur – kota balikpapan sekitar 20 kilometer dari pusat kota.

Kondisi air di pantai manggar ini sangat jernih dengan pasirnya yang berwarna putih dengan ombaknya yang tenang.

Dengan luas pantai manggar sekitar 13.000 meter persegi, sangat tepat untuk menjadikan pantai ini sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan teman di akhir pekan.

4. Pantai Lamaru

Pantai-Lamaru

Pantai lamaru berbeda dari pantai lainnya yang berada di balikpapan, dimana pantai ini lebih menonjolkan keindahan pepohonan di sepanjang pinggir pantai.

Pepohonan yang berjajar rapi dan dengan lebatnya dedaunan menjadikan tempat ini menjadi rindang.

Angin yang bertiup sepoi sepoi manambah kesejukan dan kenyamanan pengunjung sehingga betah berlama lama di pantai lamaru ini.

Alamat : lokasi pantai lamaru berada di jalan mulawarman – desa tritip – balikpapan timur – kota balikpapan.

Berada di jalur jalan raya samarinda dengan balikpapan menjadikan tempat ini persinggahan untuk melepas lelah.

5. Pantai Batu / Pantai Banu Patra

Pantai-Banu-Patra

Pantai banu patra mempunyai nama lain yaitu pantai batu, lokasi pantai ini sangat keren dan dengan angin lautnya yang semilir sehingga sering dipakai untuk lokasi pemotretan.

Lokasi pantai ini berada di jalan jendral sudirman – kota balikpapan propinsi kalimantan timur.

Keunikan tempat ini adalah banyaknya bebatuan alam yang berukuran besar seolah melindungi garis pantai dari abrasi laut.

Bagi anda yang menyukai olahraga memancing maka pantai ini sangat tepat untuk pilihan tempat berlibur anda.

6. Pantai Monpera

Pantai-Monpera

Pantai monpera artinya adalah pantai di balikpapan yang mengusung tema monumen perjuangan rakyat.

Di area pantai monpera ini berdiri patung yang dibuat untuk mengenang perjuangan para pahlawan dari kalimantan timur dalam melawan penjajah.

Terdapat taman dengan pepohonannya yang rindang, lokasi pantai monpera ini berada di jalan jendral sudirman – klandasan ulu – kota balikpapan

7. Pantai AURI Sepinggan

Pantai-AURI-Sepinggan

Sesuai dengan namanya maka lokasi pantai AURI sepinggan ini berada di daerah sepinggan – Balikpapan selatan – kota Balikpapan – propinsi kalimantan timur.

Berada tak jauh dari pusat kota Balikpapan sehingga untuk menuju ke pantai ini sangat mudah.

Berbagai fasilitas di pantai auri sepinggan mulai dari gazebo untuk tempat nongkrong rame rame.

Ada juga jembatan dengan latar belakang laut sebagai lokasi berselfie dan untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

8. Pantai Sepinggan

Pantai-Sepinggan

Lokasi pantai sepinggan ini masih dekat dengan pantai AURI sepinggan karena masih satu jalur pantai.

Lokasi pantai sepinggan ini berada di jalan sepinggan raya 1 – sepinggan – Balikpapan selatan – kota Balikpapan propinsi Kalimantan timur.



Lokasi




Balikpapan merupakan sebuah kota pusat bisnis dan industri yang terletak di pulau kalimantan timur indonesia.

Dari seluruh pulau kalimantan, kota balikpapan ini memiliki perekonomian terbesar.

Total PDRB kota balikpapan pada tahun 2016 mencapai 79,65 triliun rupiah.




Harga Tiket Masuk


1.      Biaya tiket masuk pantai melawai pada umumnya adalah Rp 15.000 dan buka selama 24 jam non stop

2.    Untuk dapat masuk di pantai kemala maka harga tiket masuk di lokasi ini adalah Rp 25.000 per orang.

3.  Pada awalnya tarif tiket masuk pantai manggar segara sari adalah Rp 2.000, namun kini dengan semakin ramainya pengunjung dan biaya operasional yang kian besar maka sekarang tarif masuk menyesuaikan, yaitu Rp 10.000

4.  Tiket Masuk Pantai Lamaru untuk kendaraan roda 2 adalah Rp5.000, untuk kendaraan roda 4 Rp 15.000 dan untuk roda 6 adalah Rp 50.000

5.  Biaya tiket masuk pantai batu atau pantai banu patra sangat murah, hanya dengan merogoh kocek Rp 5.000 maka anda dapat masuk ke lokasi pantai ini

6.  Harga tiket masuk di pantai monpera sangat terjangkau, hanya dikenakan biaya retribusi parkir saja yaitu roda dua Rp 2.000 dan untuk roda empat Rp 5.000, apabila anda masuk tanpa kendaraan maka tidak dikenakan biaya sama sekali.

7.  Biaya tiket masuk di pantai AURI Sepinggan sebesar Rp 10.000, cukup terjangkau karena fasilitas yang diberikan sudah cukup bagus.

8.  Tiket masuk ke pantai sepinggan sangat terjangkau, hanya dengan Rp 10.000 pengunjung boleh masuk ke lokasi pantai.

Demikianlah ulasan singkat kami seputar destinasi wisata di balikpapan yang menarik untuk dikunjungi ketika liburan telah tiba.

Selalu jaga kebersihan lokasi wisata dengan cara membuang sampah pada tempatnya karena sekecil apapun peran anda untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat dapat  menjaga kelestarian dan keindahan alam pantai tersebut.


Posting Komentar untuk "8 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru Yang Eksotis"