Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Tempat wisata di Semarang Terpopuler



Objekwisata di semarang yang lagi trend akhir akhir ini adalah wisata air terjun, semarang banyak terdapat  pesona alam yang masih alami.

Banyak juga lokasi wisata di semarang yang memiliki letak tersembunyi dengan kondisi alam yang masih alami dan sangat menyenangkan berada di tempat tersebut.


tempat-wisata-di-semarang

Justru pengunjung banyak menyukai lokasi disini karena kondisi alamnya yang  masih alami, banyak yang datang untuk mengambil gambar atau sekedar untuk bersantai dan melepas kepenatan di lokasi air terjun.

Lokasi



 

Semarang adalah sebuah kota metropolitan terbesar nomor lima di indonesia sesudah kota jakarta, kota surabaya, medan, dan kota bandung. Semarang adalah ibu kota dari provinsi jawa tengah.

Luas kota semarang secara administratif adalah 373,70 km persegi.

Berikut ini akan kami ulas secara singkat beberapa lokasi wisata di semarang berupa air terjun yang paling diminati oleh wisatawan.

1.     Curug Lawe

Curug-Lawe

Nama curug lawe sudah terkenal di kalangan wisawatawan dari luar kota, jarak tempuh ke area wisata ini mudah untuk ditemukan karena dekat dengan pusat kota.

Jarak dari pusat kota hanya sekitar 12 kilometer saja, namun apabila ditempuh dari arah ungaran lebih dekat yaitu 7 kilometer.

Pengunjung hanya diperbolehkan naik kendaraan sampai kebun cengkeh zanzibar, selebihnya dengan berjalan kaki.

Apabila anda melewati rute terbaru maka setelah melewati sendang pengantin hanya diperlukan waktu 30 menit untuk sampai di air terjun lawe.

Alamat : Lokasi dari curug lawe berada di desa kalisidi - kecamatan ungaran barat - kota semarang.

Suasana alam di sekitar air terjun ini masih alami dengan udaranya yang sejuk dan segar, airnya yang masih jernih dan lanskap alam yang menakjubkan.

Sangat menyenangkan melihat  Air terjun ketika airnya meluncur dari tebing yang tinggi dan curam dan dipenuhi lumut serta pohon kecil kecil.

Akan semakin menarik ketika melihat kabut yang menutupi air terjun di sisi atas.

Sempatkan untuk mengabadikan momen paling menarik ini bersama keluarga atau teman.

2.   Curug Benowo Kalisidi


Curug-Benowo-Kalisidi


Tidak jauh dari curug lawe, hanya sekitar 500 meter saja terdapat air terjun yang tak kalah indahnya  yaitu air terjun curug benowo.

Curug benowo berada di kawasan gunung ungaran di sisi timur curug lawe.

Harga tiket masuk ke curug benowo dan curug lawe sudah jadi satu, jadi hanya dengan tiket masuk sebesar 4.000 rupiah saja anda dapat masuk kedua lokasi ini.

3.   Curug Klenting Kuning

Air-Terjun-Klenting-Kuning

Sebuah air terjun yang sangat kental dengan cerita rakyat, seorang gadis cantik bernama ande ande lumut .

Ketinggian air terjun ini hanya 8 meter saja dengan tebing dibelakang air terjun yang berwarna kuning, namun airnya sendiri berwarna hijau dengan tumbuhan yang hidup subur di sekitaran air terjun.

Jalan menuju lokasi air terjun ini cukup mudah dijangkau dengan jalan yang sudah memadai, tersedia fasilitas mushola, tempat parkir, kamar ganti dan lainnya.

4.   Curug Klenting Hijau


Lokasi air terjun klenting hijau ini berada agak di bawah dengan lanskap area mirip dengan air terjun klenting kuning.

5.    Air Terjun Klenting Biru


Air terjun ini berada di sekitar air terjun klenting kuning, lokasi wisata yang mirip dengan dengan klenting kuning dengan ketinggian air terjun hanya empat meter saja.

6.   Air Terjun Klenting Merah


Lokasi air terjun ini masih banyak ditumbuhi semak belukar, masih jarang orang yang tahu keberadaan air terjun klenting merah ini.

7.    Air Terjun Nglimut

Air-Terjun-Nglimut

Lokasi wisata menuju tempat ini dapat ditempuh dengan kondisi tubuh yang prima, hal ini dikarenakan jarak tempuhnya yang lumayan jauh yaitu sekitar 2 sampai 3 kilometer di tengah hutan.

Lokasi air terjun nglimut ini menawarkan sebuah daya tarik tersendiri, seperti pemandian air panas untuk tempat mandi dan merilekskan otot tubuh.

Alamat : Tempat wisata air terjun nglimut ini berada di dusun boja –desa gonoharjo –kecamatan limbangan – kabupaten kendal.

Harga tiket masuk air terjun nglimut ini adalah Rp.8.000 rupiah per orang.

8.   Curug Kalipancur Salatiga

Air-Terjun-Kalipancur-Salatiga

Air terjun yang berada di gunung telomoyo ini mempunyai ketinggian 100 meter dengan aliran airnya menuju ke danau rawa bening, berada di ds. Nogosaren kec. Getasan kabupaten semarang.

Karena berada di lokasi yang cukup tinggi maka pemandangan alam disini sangat eksotis dimana sebuah tebing andesit menjadi latar belakang air terjun yang ditumbuhi lumut dan pohon rintisan.

Banyak burung wallet yang berteduh di dalam goa kecil sehingga semakin menambah pesona air terjun.

Jarak tempuh kota semarang dengan air terjun kalipancur sejauh 24 kilometer atau sekitar 30 menit perjalanan.

Pengunjung hanya diperbolehkan naik kendaraan sampai pintun gerbang saja dan untuk menuju ke lokasi air terjun maka harus dengan jalan kaki dengan menuruni bukit sejauh 900 meter.

Akses jalan disini sudah termasuk bagus karena anak tangga sudah dibuat dari beton.

Namun pengunjung disini tak hanya menikmati keindahan air terjun saja, namun ada juga yang melakukan kegiatan panjat tebing yang hanya boleh dilakukan oleh mereka yang sudah ahli di bidang ini.

Tebing batu andesit sangat seperti magnet yang selalu menarik para pecinta panjat tebing, persiapkan dengan baik semua peralatan keselamatan dan memanjat.

9.   Curug Tujuh Bidadari

Air-Terjun-Tujuh-Bidadari

Air terjun tujuh bidadari ini memiliki 3 buah tingkatan air terjun, dengan 3 buah kolam dibawahnya, air terjun ini mempunyai tinggi 10 meter.

Nama air terjun ini diberikan karena konon beberapa bidadari pernah mandi di air terjun ini.

Suasana alam di area sini sangat sejuk dan asri, selain itu dekat dengan objek wisata lainnya yaitu objek wisata bandungan.

Pepohonan yang menghijau dan desain terasering persawahan juga menjadi daya tarik utama pengunjung.

Aliran air terjun yang jernih ini mengalir di sela sela bebatuan dan menuju ke kali beringin dan kali banteng.

Diperlukan 20 menit perjalanan untuk mancapai lokasi ini dan dengan medan yang bagus.

Apabila anda berangkat dari ambarawa maka dapat menuju ke arah bandungan dan menuju ke dusun keseneng, jarak tempuh dari pintu gerbang ke air terjun ini 300 meter.

Alamat : Lokasi air terjun ini terletak di kabupaten semarang - dusun keseneng –desa keseneng – kecamatan sumowono - kabupaten semarang.

10.          Air Terjun Kembar Baladewa

Air-Terjun-Kembar-Baladewa

Lokasi air terjun mudah untuk ditempuh, hanya 5 kilometer dari palagan ambarawa.

Tempat yang cukup jauh apabila dari pintu masuk, maka dibutuhkan sekitar 700 meter berjalan kaki dan dengan sangat menguras tenaga.

Medan disini landai dan saat hujan licin, suara gemuruh air terjun dapat terdengar dari kejauhan sebelum sampai dilokasi.

Pemberian nama air terjun kembar bolodewo karena mempunyai 2 buah air terjun yang terlihat kembar.

Jarak kedua air terjun hanya 100 meter dengan ketinggian 50 meter dan 70 meter.

Disekitar lokasi ini terdapat pemandian air panas yang konon dapat mengobati penyakit kulit, sumber air panas ini berada di desa di lereng gunung kelir.

Alamat : Lokasi curug kembar baladewa terletak di desa wirogomo – kecamatan banyubiru.

11.  Curug Semirang Ungaran

Air-Terjun-Semirang-Ungaran

Ketinggian air terjun semiring hanya 45 meter saja, berbeda dengan air terjun lainnya di daerah ini yang cenderung lebih tinggi.

Lokasi area ini cukup dekat dengan kantor bupati semarang dan hanya butuh waktu 30 menit saja untuk sampai lokasi ini.

Kondisi alam yang indah dapat anda lihat ketika dalam perjalanan ke area ini.

Alamat : berada di bawah kaki gunung ungaran yaitu di dusun gintungan –desa gogik –kecamatan ungaran barat – kabupaten semarang.

12.           Air Terjun Umbul Songo

Air-Terjun-Umbul-Songo

Berada di ketinggian 1450 mdpl menjadikan lokasi air terjun umbul songo ini termasuk berada di dataran tinggi. 

Lanskap air terjun ini berada diapit oleh 3 gunung sekaligus yaitu gunung andong, telomoyo dan merbabu.

Dengan ketinggian air mancur hanya 15 meter saja maka aliran air disini tidak terlalu deras dan sering menghilang ketika musim kemarau.

Pemandangan yang masih alami seperti  tebing batu, beraneka ragam tanaman liar ikut meramaikan pesona air terjun ini.

Merupakan lokasi yang cukup jauh apabila ditempuh dari pusat kota semarang, kurang lebih sekitar 54 kilometer. Namun cukup dekat apabila berangkat dari kota salatiga, berjarak hanya 15 kilometer.

Untuk menuju ke lokasi ini selain berjalan kaki, para pengelola tempat wisata juga memberikan fasilitas jasa naik kuda yang dibanderol 20.000 rupiah saja. Disekitar kawasan area ini juga terdapat villa untuk menginap.

Alamat : Lokasi air terjun umbul songo berada di desa kopeng – kecamatan getas – kabupaten semarang.

13.           Curug Semawur Bawang Batang

Air-Terjun-Semawur-Bawang-Batang

Berada 33 kilometer dari pusat kota semarang, dan dengan jalan kaki selama satu setengah jam dengan kondisi alamnya yang naik turun  menjadikan tempat wisata air terjun ini lumayan ekstra untuk ditempuh.

Curug ini mempunyai 8 tingkatan dengan airnya yang jernih dan belum pernah kering di musim kemarau.

Alamat : Lokasi curug semawur bawang batang ini berada di dusun juwan - desa blumah – kecamatan pantungan – kabupaten kendal.

14.           Curug Sewu Kendal

Curug-Sewu-Kendal-Semarang

Seperti namanya curug sewu ini diambil dari nama sebuah desa curug sewu – kecamatan patean – kabupaten kendal.

Mempunyai 3 mata air terjun menjadikan lokasi ini menjadi semakin mempesona tentunya.

Rute menuju lokasi ini dari kota semarang naik bis jurusan sukorejo kemudian dari sukorejo naik ojek ke curug sewu dengan jarak tempuh menuju lokasi air terjun sekitar 7 kilometer.

15.           Curug Sujan Getas Blawong

Curug ini merupakan sebuah destinasi wisata air terjun yang sulit untuk ditemukan.

Lokasinya yang masih alami dan suasananya yang masih asri dengan udara yang sejuk dan segar menjadi daya tarik pengunjung.

Namun untuk meuju ke lokasi ini jangan pernah sungkan untuk sering bertanya kepada penduduk lokal karena memang lokasi air terjun ini sulit ditemukan.

Alamat : Lokasi dari air terjun sujan ini berada di desa getas blawong – kecamatan pageruyung – kabupaten kendal.

16.           Curug Terong Sukorejo Kendal

Air-Terjun-Terong-Sukorejo-Kendal


Air terjun terong mempunyai ketinggian yang sangat tinggi hingga mencapai 45 meter.

Lokasi air terjun ini tersebunyi dan tak mudah untuk dijangkau, merupakan sebuah air terjun eksotis yang penuh dengan pesona keindahan.

Alamat : Lokasi dari curug terong ini terletak di kaki gunung perahu - desa genting gunung – kecamatan sukoharjo – kabupaten kendal.

Demikian ulasan singkat kami tentang ragam tempat wisata di semarang dan sekitarnya .

Bagi anda yang masih bingung untuk mencari lokasi untuk berlibur maka tak usah cemas, anda dapat menjadikan ulasan kami ini sebagai referensi ketika anda hendak mencari lokasi liburan.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi rujukan tempat liburan anda ketika libur akhir pekan.



Posting Komentar untuk "16 Tempat wisata di Semarang Terpopuler"