Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Edukasi Adalah? Panduan serta Info Menarik Lainnya

Wisata edukasi di jawa timur atau di indonesia banyak sekali jenis serta manfaat yang didapatkan apabila melakukan kegiatan wisata seperti ini.

Terutama apabila kegiatan wisata seperti ini dilakukan oleh anak anak, maka dapat dipastikan dapat menambah wawasan dan semangat anak.

wisata-edukasi

Apa yang dimaksud wisata edukasi? wisata edukasi atau wisata pendidikan adalah sebuah program yang mampu menggabungkan beberapa unsur kegiatan wisata dengan unsur pendidikan di dalamnya.

Pada umumnya program ini adalah kegiatan ektrakulikuer yang dikemas sedemikian rupa sehingga lebih berkualitas dan berbobot, biasanya dilakukan dalam periode tertentu misalnya setahun sekali.

Tempat wisata edukasi

Tempat-wisata-edukasi

Berkunjung ke lokasi wisata seperti ini sangat tepat dilakukan pada saat liburan telah tiba, di indonesia sendiri cukup banyak lokasi tempat wisata yang dapat anda jumpai. Semua tersebar di seluruh pelosok kota dan propinsi.

Banyak menjamurnya tempat seperti ini tentu sangat membantu mengembangkan kecerdasan anak, serta dapat membantu perputaran perekonomian di daerah tempat ini.

Apa saja tempat wisata edukasi? Biasanya tempat wisata edukasi adalah taman pintar, museum, sebuah planetarium atau observatorium, sebuah taman mini atau tempat tempat bersejarah lainnya.

Kriteria wisata edukasi

  • Biasanya tempat seperti ini memiliki fokus pada wilayah alami yang menjamin pengunjung memiliki tambahan pengetahuan yang cukup signifikan
  • Terdapat layanan penerangan dan pendidikan yang diberikan kepada pengunjung
  • Mampu memberikan efek terbaik untuk pengunjungnya didalam melakukan penanganan kegiatan wisata
  • Mampu berkontribusi terhadap konservasi lingkungan alami dan warisan budaya bangsa

Jenis wisata edukasi

Jenis-wisata-edukasi

Wisata edukasi di indonesia dibagi menjadi 4, antara lain:

  • Wisata Edukasi Science Ilmu pengetahuan yang mana program ini berbasis kepada pendidikan ilmu pengetahuan.
  • Wisata Edukasi Sport Olahraga yang mana kegiatan ini berbasiskan kepada pendidikan secara fisik olahraga.
  • Wisata Edukasi Culture Kebudayaan dimana kegiatan ini berfokus kepada pendidikan kebudayaan dalam bidang seni, adat istiadat dan hal lain yang masih berhubungan dengan kebudayaan.
  • Wisata Edukasi Agrobisnis yang mana kegiatan ini berbasiskan kepada pendidikan agro atau pertanian dan peternakan yang merupakan bisnis dari sebuah perusahaan ataupun perseorangan

Wisata edukasi anak

Wisata-edukasi-anak

Wisata edukasi ini biasanya diseleggarakan untuk anak-anak usia sekolah. Pada prinsipnya, kelak anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Pasti anak anak akan mengalami kejenuhan atau bosan pada saat belajar di kelas tiap hari, disini perlunya diadakan program wisata edukasi.

Program ini pada waktu pelaksanaannya tidak harus dengan biaya mahal atau ke tempat yang jauh. Dapat dilakukan kapan saja.

Konsep yang diusung di dalam program ini berbanding terbalik dengan ketika belajar di kelas.

Apabila ketika belajar di kelas hanya melulu teori, namun dengan adanya kegiatan wisata edukasi ini anak-anak dapat melihat serta merasakan secara langsung apa yang ada di sekitarnya, maupun benda-benda yang biasanya mereka lihat secara visual saja, namun bisa dilihat secara nyata.

Dengan adanya program wisata edukasi ini anak diharapkan untuk dapat tumbuh minatnya terhadap suatu hal yang baik, serta mampu menunjang materi pelajaran yang diberikan di sekolah.

Wisata edukasi susu batu malang

Wisata-edukasi-susu-batu-malang

Wisata edukasi di kota batu ini berfokus dalam mengajarkan kepada para pengunjung dalam proses pengolahan susu sapi.

Salah satu tempat belajar yang ada di wisata edukasi susu batu ini adalah di milk factory, dimana pengunjung akan diajarkan proses pengolahan susu sapi mulai dari memerah sapi, pasteurisasi, sampai proses pengemasan.tentunya semua hal tersebut dilakukan dengan cara yang higienis.

Adapun tema yang diangkat oleh wisata edukasi susu batu ini adalah tema eropa. Hal ini dapat dilihat dimana latar belakang serta properti pendukung mengusung tema eropa.

Prima wisata edukasi desa selemak

prima wisata edukasi ini adalah sebuah taman bermain yang ada di desa selemak, kecamatan hamparan perak, kabupaten deli serang, propinsi sumatera utara.

Lokasi tempat ini cukup dekat dengan perumahan andansari medan marelan, beragam konsep rekreasi diusung di tempat ini dalam satu lokasi sekaligus.

Apa yang dimaksud taman edukasi?  Taman edukasi profesi dan rekreasi merupakan sebidang tanah dengan luas tertentu yang terdiri dari semak, pepohonan, perdu, rerumputan serta tempat hiburan yang dilengkapi juga dengan beberapa fasilitas penunjang yang pastinya tetap terkait dengan pendidikan maupun ilmu pengetahuan yang berbasis profesi.

Tempat wisata jenis ini biasanya mengusung konsep alam, namun tetap memberikan nilai tambah dalam memperkaya wawasan pengunjungnya.

Pengunjung dapat mengeksplore lebih jauh dan lebih dalam mengenai wisata edukasi alam ini secara lebih menyenangkan, karena suasana lokasi yang pastinya sangat sejuk dan nyaman.

Wisata edukasi di jawa tengah

Wisata edukasi di jawa tengah seperti kota semarang ini banyak sekali pilihannya, kota yang berada di lokasi strategis ini sekarang berkembang sangat pesat.

Banyak pilihan yang bisa anda dapatkan ketika memilih lokasi ini sebagai sarana berlibur anda.

Kota semarang yang memiliki julukan kota lumpia atau terkadang dijuluki venetia van java ini sudah terkenal di mata para wisatawan, baik itu lokal atau bahkan dari mancanegara.

Wisata edukasi jogja jawa tengah

Wisata-edukasi-jogja-jawa-tengah

Satu lagi kota yang berada di jawa tengah yang mempunyai nama sangat terkenal, yaitu kota jogja.

Kebanyakan pengunjung pasti mengenal dan menjadikan kota jogja ini sebagai lokasi tempat berlibur pada saat hari libur tiba.

Banyak spot spot menarik yang bisa dikunjungi disini, tak perlu cemas karena tempat ini sangat aman dan ramah untuk anak anak.

Tetapi tetap pendampingan dari orang tua sangat diperlukan, agar anak anak bisa memperoleh penjelasan tentang wisata edukasi yang dikunjungi.

Apa tujuan dari wisata edukasi? Yang perlu untuk diletahui adalah wisata edukasi merupakan sebuah metode dalam kegiatan pembelajaran dengan cara mengamati dunia secara langsung dan sesuai dengan kenyataan yang ada.

Hal yang perlu untuk dipelajari seperti manusia,  tumbuh-tumbuhan, hewan, serta benda-benda lainnya yang mempunyai nilai sejarah tertentu.

Kegiatan seperti ini dilakukan dengan pengamatan secara langsung supaya anak memperoleh kesan yang sesuai pengamatannya.

Pengamatan tersebut diperoleh melalui anugerah yang diberikan Tuhan kepada makhluknya yaitu panca indra. Antara lain seperti penglihatan oleh mata, pengecapan oleh lidah, pendengaran oleh telinga, perabaan oleh kulit  dan pembauan oleh hidung.

Manfaat dari program wisata edukasi ini adalah dapat merangsang minat anak terhadap suatu hal yang positif tentunya, dapat memperluas informasi yang didapatkan di bangku sekolahan, memberikan pengalaman secara nyata pada anak anak serta dapat menambah wawasan lainnya yang bermanfaat.

Namun alangkah lebih baik apabila sebelum melaksanakan program wisata edukasi ini, guru memberikan sedikit pembekalan berupa informasi kepada anak terhadap hal-hal yang akan dilihatnya. Tentunya hal ini dapat membuat kesan tersendiri kepada anak.

Tidak hanya itu, wisata edukasi juga bermanfaat dalam menumbuhkan minat pada anak, mampu menambah perbendaharaan kata maupun pengetahuan, memperluas wawasan anak, meningkatkan kemampuan hidup secara bermasyarakat, memperluas wawasan positif lainnya, serta dapat menanamkan sikap menghargai karya maupun jasa orang lain.

Jurnal wisata edukasi

Jurnal wisata edukasi merupakan sebuah publikasi ilmiah yang berisikan tentang kumpulan artikel dan biasanya terbit secara reguler, contohnya dua kali atau empat kali dalam satu tahun.

Biasanya naskah artikel yang ditulis untuk jurnal direview dan dievaluasi oleh tim reviewer sebelum masuk meja editorial jurnal.

Reviewer artikel jurnal pada umumnya lebih dari satu orang yang masing masing adalah pakar pada bidang studi tertentu, sesuai dengan topik yang ditulis dalam artikel.

Seorang siswa yang baik tentunya dapat mengeksplorasi tempat wisata edukasi secara lebih dalam dan terperinci sehingga tentu dapat menyusun jurnal tentang wisata edukasi secara lebih terperinci dan lebih nyata.

 

Posting Komentar untuk "Wisata Edukasi Adalah? Panduan serta Info Menarik Lainnya"