Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tips Mudah Cara Menanam Microgreen di Rumah

Mengenal beberapa trik mudah cara menanam microgreen di rumah akan memudahkan masyarakat luas lebih mengenal tentang tanaman satu ini. Serta dapat membudidayakannya untuk kebutuhan menu sehari – hari di rumah.

Apa yang dimaksud dengan microgreen, mungkin banyak yang sudah familiar dengan kata ini tapi bagi yang belum tahu, microgreen merupakan sayuran berwarna hijau muda dengan rasa dan aroma yang khas. 

cara menanam microgreenSelain dikenal sebagai menu makanan sehat bagi keluarga, tanaman ini juga dikenal dengan harga yang cukup mahal. 

Karena itu akan lebih ekonomis dan menguntungkan bila kita dapat menanamnya sendiri di rumah.

Selain ekonomis, kepuasan batin dalam menyalurkan di kegiatan positif adalah sebuah nilai tersendiri tentunya.

Langkah pertama sebelum menanam microgreen adalah menyediakan benihnya yang bisa didapat dari membeli di supermarket maupun membeli secara online. 

Bibit pastikan adalah dari bibit yang berkualitas terbaik, yang sudah terferifikasi asal usul beserta kualitasnya.

Beberapa contoh biji tanaman microgreen yang banyak dijumpai di pasaran yaitu brokoli, seledri, bayam, kale, kubus, selada air, lobak dan daun ketumbar. Pastikan memilih benih yang organik dan bebas fungisida.

Jika benih kecil maka bisa langsung disemaikan di media tanam, namun bila benih besar sebaiknya direndam dulu dalam wadah berisi air hangat selama 5 jam.

Siapkan wadah berlubang kecil khusus microgreen, media tanam potting soil mix dan tanah yang dicampur pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1, kelengkapan berkebun, sekop serta penyemprot air.

Cara penanaman microgreen yang baik

Langkah pertama isi wadah dengan media tanam kira kira 3 sentimeter, lalu lembapkan media tanam dengan air.

Selanjutnya sebar benih sekitar 1 sendok makan secara merata, jangan terlalu banyak menebar benih yang mengakibatkan benih sukar tumbuh.

Terakhir tutup benih menggunakan tanah kira kira 0,5 sentimeter dan semprot air hingga media tanam lembab.

Perawatan tanaman microgreen

Agar proses budidaya microgreen berjalan baik, tutup wadah untuk menjaga kelembapan dan menempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Sinar matahari sangat bagus untuk membantu tanaman dalam proses fotosintesis, sehingga tanaman menjadi lebih sehat dan subur.

Buka tutup wadah setelah 2 hari baru pindahkan ke area yang sedikit terkena sinar matahari.

Pertumbuhan microgreen

Pertumbuhan pertama dari tanaman microgreen adalah kecambah yang muncul pada 2 hari pertama. 

Untuk perawatan selanjutnya pastikan kelembapan media tanam microgreen agar tidak terlalu basah atau kering. 

Apabila media tanam terlalu kering langsung semprotkan air, perawatan ini dilakukan sekitar 10 – 14 hari hingga tanaman microgreen tumbuh 5 – 10 sentimeter.

Waktu panen microgreen

Tanaman microgreen dipanen setelah tumbuh dengan subur dan sesuai dengan keinginan, cara panen pun mudah yaitu dengan digunting batangnya yang dekat dengan media tanam.

Untuk proses panen pun ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar mendapatkan microgreen yang berkualitas.

Jangan dengan dicabut sampai akarnya secara langsung. Microgreen siap disantap dengan terlebih dahulu dijadikan berbagai olahan lezat.

Rasanya yang lezat menjadikan para penikmat microgreen senantiasa mengkonsumsinya secara lebih sering.

Setelah membaca dan mempelajari beberapa trik mudah cara menanam microgreen di rumah.

Semoga akan semakin banyak yang menanam sendiri tanaman microgreen ini sehingga menu sehat dapat setiap hari terhidang di rumah yang didapatkan dengan harga yang lebih ekonomis.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tips Mudah Cara Menanam Microgreen di Rumah"