Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menanam daun ungu dan manfaatnya bagi kesehatan

Karena daun yang mempunyai banyak manfaat ini dianggap kurang populer, berikut kami coba menyampaikan tentang cara menanam daun ungu dan manfaatnya bagi kesehatan.

Selain memiliki ciri-ciri warna tanaman yang unik dan menarik ternyata daun ungu juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

cara menanam daun ungu

Nama ilmiah dari tanaman ini adalah joseph’s Coat, untuk di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki banyak nama berdasar nama daerah masing-masing. 

Misalnya orang sumatra menyebut tanaman ini sebagai pudin, orang Madura menamakan keraton, di Bali disebut temen, di Sunda dinamakan Handeleum. Sedangkan nama daun ungu digunakan oleh orang dari Jawa Tengah.

Meskipun memiliki bunga yang cantik dan manfaat bagi kesehatan, namun sayangnya tanaman ini belum banyak diminati seperti halnya tanaman hias lainnya.

Mengenal ciri-ciri dari daun ungu

Seperti namanya maka tanaman ini memiliki daun yang sebagian besar berwarna ungu, tanaman ini termasuk tanaman perdu sehingga bisa tumbuh hingga mencapai 1,5 hingga 3 meter di area terbuka dan segala iklim.

Tanaman daun ungu selalu berbunga di bulan Juli hingga September, memiliki batang muda yang juga berwarna ungu dan akan berubah menjadi kecoklatan dan menghitam apabila batangnya semakin tua.

 Untuk bentuk batangnya tanaman ini memiliki bentuk yang bulat serat bentuk daun yang memanjang dengan ujung yang runcing dan tidak berstektur. Apabila dipetik maka daunnya akan menjadi cepat layu.

Yang lebih menarik lagi adalah ketika kulit dan daunnya dipatahkan maka akan terdapat lendir dengan bau yang kurang sedap.untuk warna bunganya adalah merah tua yeng tersusun di satu tangkai. 

Selain tanaman ini memang tumbuh liar di pedesaan sekarang juga dapat dijadikan tanaman hias juga tanaman pagar.

Bagaimana cara menanam daun ungu

manfaat daun ungu

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa tanaman ini sangat mudah ditanam, karena mampu hidup di segala cuaca dan lokasi baik didataran rendah maupun dataran tinggi.

Berikut akan kami sampaikan cara menanam daun ungu di rumah :

  • Menyiapkan bibit tanaman ungu yang bisa dibeli pada penjual tanaman.
  • Untuk cara menanam di pot campurkan tanah, pasir/sekam/serbuk kayu, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1
  • Untuk menanam di kebun pastikan agar tanah tidak liat dan tercampur banyak pasir. Dengan pencampuran tanah kebun, pasir/sekam/serbuk gergaji dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:2.
  • Siram media tanam terlebih dahulu agar tetap lembab, kemudian pindahkan bibit ke dalam pot. Jaga supaya akar tanaman tidak rusak.
  • Seperti biasa lakukan penyiraman setiap hari, serta cek dibawah daun biasanya terdapat pengganggu daun ungu yaitu ulat dan siput, yang suka memakan daunnya.

Mengetahui manfaat dari daun ungu

Selain sebagai tanaman hias, tanaman daun ungu juga digunakan sebagai bahan pengobatan herbal. Antara lain manfaat kesehatan sebagai pencahar, emolien, obat anti raang, dan wasir

Dengan zat yang terkandung didalamnya anatar lain flavonoid, alkaloid, pektin, asam formiat, glikosida, steroid, saponin, dan tannin. 

Sejak dulu di negara kita tanaman ini dipercaya ampuh untuk membantu mengatasi wasir, sakit pinggang dan amandel, bisul serta rematik, selain itu juga diandalkan mampu mengatasi :

1. Penghambat tumbuhnya plak gigi

Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal di gigi atau glukosa yang bereaksi dengan bakteri streptococcus mutans, sedangkan menurut jurnal Unair.ac.id menyatakan bahwa pertumbuhan bakteri tersebut mampu ditekan oleh daun ungu.

Berdasarkan penelitian pada acrylic resin yang dibagi menjadi 4 kelompok, dimana masing-masing kelompok direndam dalam cairan yang mengandung ekstrak daun ungu dengan konsentrat berbeda 5%, 10%, 20%, dan 50% selama 15 menit.

Dan hasilnya sungguh luar biasa, dimana acrylic resin dengan konsentrat daun ungu tertinggi mampu menghambat pertumbuhan bakteri streptococcus mutan penyebab plak gigi.

2. Dipercaya sebagai antidiabetes

Seperti dikutip dari journal ipb.ac.id bahwa daun ungu mampu menurunkan kadar gula darah,

 dikarenakan dalam daun ungu mengandung flavonoid yang berfungsi menghambat aktivitas enzim glukosidase penyebab diabetes.

3. Membantu menurunkan kolesterol dalam darah

Menurut penelitian Departeman Biologi Fakultas Sain dan Tehnologi, Universitas Airlangga bahwa sebagian besar senyawa steroid dalam daun ungu adalah fitsterol yang efektif membantu menurunkan kadar kolesterol secara total dan LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Percobaan pun telah dilakukan terhadap tikus.

4. Mempunyai efek Nephroprotective

Dari laman US Library of medicine National Instirutees of Health menyatakan bahwa tanaman daun ungu mempunyai efek Nephroprotective, yaitu kemampuan suatu zat untuk melindungi fungsi ginjal. 

Cara kerjanya yaitu dengan cara mengurangi tingkat kreatinin dan urea yang dapat menjaga kerja ginjal.

Cara penyiapan daun ungu untuk dikonsumsi

Secara tradisional penyajian daun ungu untuk konsumsi adalah dengan direbus sebagai the herbal, sedangkan cara penyiapannya adalah sebagai berikut :

Pertama, ambil daun ungu sebanyak 6 lembar,cuci bersih dan giling, tambahkan ½ cangkir air masak kemudian seduh daun ungu tersebut.lalu saring dan peras air seduhan daun ungu tersebut ke cangkir.

Terakhir tambahkan 1 sendok makan madu yang berfungsi untuk menghilangkan rasa getir. Minum teratur sehari 2-3 kali, sebanyak ¾ gelas.

Kedua,  ambil ¼ genggam daun ungu, ¾ genggam bunga srigading, 1/3 genggam daun kaki kuda, ¼ genggam daun sembung, 2 jari akar siramuba, 1 jari klembak, dan gula enau 3 jari, seluruh bahan dicuci lalu dipotong seperlunya. 

Kemudian jerang air 4 gelas dalam panci sampai mendidih, masukkan bahan-bahan tadi, rebus hingga ¾ gelas. Saring dan dinginkan baru diminum. Minum secara rutin 3 kali sehari sebanyak ¾ gelas.

Efek samping 

Efek samping yang mungkin timbul akibat mengkonsumsi daun ungu adalah sulit tidur, menurunnya nafsu makan, sakit kepala, sakit perut dan gatal kulit.

Seperti pengobatan herbal pada umumnya, bahwa selama mengkonsumsinya harus banyak diimbangi dengan minum air putih dan makan makanan berserat , dimaksudkan agar lancar buang air besarnya.

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, belum diketahui secara pasti efek lain yang mungkin ditimbulkan apabila mengkonsumsi daun ungu bersamaan dengan obat lain. 

Untuk lebih amannya konsultasikan dengan dokter keluarga terkait penggunaan obat herbal daun ungu sebagai pendukung dari obat herbal.

Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan cara menanam daun ungu dan manfaatnya bagi kesehatan.

Posting Komentar untuk "Cara menanam daun ungu dan manfaatnya bagi kesehatan"