Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Menanam Tanaman Hias Pohon Uang Agar Tumbuh Subur

Cara menanam tanaman hias pohon uang sangat mudah untuk dilakukan, namun ada beberapa syarat yang wajib dilakukan agar tanaman tersebut tumbuh subur, simak artikel ini sampai akhir agar tidak gagal paham.

Tanaman pohon uang yang mempunyai nama ilmiah pachira aquatica, tanaman yang biasa tumbuh di rawa rawa ini memang merupakan tanaman hias tropis yang biasa tumbuh di daerah lembab, di dunia lebih tepatnya tempatnya adalah di Amerika Tengah dan Selatan.

tanaman hias pohon uang

Apabila dilihat dari bentuk fisik dari tanaman pohon uang ini mirip dengan tanaman singkong, yaitu dengan bentuk batang berbonggol dan dibentuk kepangan, sedangkan daunnya terdiri dari lima jari yang meruncing.

Untuk nama yang unik didapatkan dari keyakinan bahwa apabila menanam pohon uang ini di rumah, maka rezeki pemilik tanaman akan terus mengalir. 

Bentuk batang yang tinggi dianggap melambangkan panjang umur, sedangkan daunnya yang rimbun mampu memberikan kesan asri dan segar. 

Dengan berbagai keyakinan diatas maka tak mengherankan bila tanaman ini sering dijadikan sebagai hadiah bagi pengantin baru bahkan bagi yang baru memulai usaha / bisnis.

Umumnya tanaman ini diletakkan untuk hiasan indoor atau diletakkan di ruang kerja, selain karena perawatannya yang tidak merepotkan sama sekali, sehingga tak heran bila tanaman ini sangat disukai. 

Cara menanam tanaman hias pohon uang yang baik dan benar

Beberapa tips yang perlu diperhatikan tentang cara menanam tanaman hias pohon uang tumbuh subur, yaitu :

cara menanam tanaman hias pohon uang

1. Perhatikan pencahayaan

Perhatikan pencahayaan bagi tanaman ini, karena tanaman ini dapat mentolerir sinar matahari langsung apabila berada di luar ruangan.

Namun sebaliknya bila tanaman pohon uang diletakkan di dalam ruangan sebaiknya ditempatkan yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

2. Kondisi tanah

Seperti tanaman pada umumnya yang memerlukan media tanah yang gembur dan subur, pun demikian halnya dengan tanaman pohon uang ini.

Tanah yang terbaik untuk menanam pohon uang adalah yang kaya akan nutrisi dan mempunyai drainase yang baik, bisa didapatkan dari campuran lumut gambut, atau nisa juga menggunakan campuran tanah standar yang cepat kering, contohnya pada tanaman kaktus biasa atau tanah bunga.

Bahkan apabila tanah butuh lebih banyak drainase, maka bisa diubah campuran tanahnya dengan pasir dan kerikil.

Jangan lupa untuk pemupukan supaya tanah tetap gembur dilakukan di awal pembibitan saja.

3. Pengairan

Pohon uang merupakan jenis tanaman yang tidak perlu terlalu sering disiram.

Saat penyiraman pastikan bahwa air mengalir melalui lubang drainase.

Untuk menghindari kelebihan air pada tanaman hias, pastikan bahwa tanah sudah mengering sebelum menyiram kembali.

4. Perhatikan suhu dan kelembaban udara sekitar

Akan lebih baik apabila menanam pohon uang pada lokasi 18 - 23 dejarat celcius, karena tanaman ini menyukai tumbuh di suhu sedang dengan kelembaban tinggi. Selain itu jangan menanam atau meletakkan tanaman pada tempat yang dekat angin apalagi dingin. 

Namun bila menanam tanaman ini di rumah dengan lingkungan kering, maka bisa disiasati dengan meletakkan pot diatas tatakan piring yang diberi air dan kerikil, yang bertujuan agar tanah tetap lembab karena tetap terkena air.

5. Pemberian pupuk

Pada saat musim panas tanaman hias pohon uang biasanya lebih aktif dalam memproduksi daun baru, berikan nutrisi untuk tanaman tersebut dengan pemberian pupuk secara berkala.

Sangat disarankan untuk pemberian media tanah dengan pupuk yang ramah lingkungan, misalnya pupuk nabati cair yang diencerkan.

6. Proses pemangkasan

Tahapan penting lainnya yaitu pemangkasan daun dan ranting tanaman, ini berfungsi untuk menjaga keindahan tanaman itu sendiri selain itu untuk membuang bagian yang sudah rusak dan mati agar tidak menjalar ke seluruh bagian tanaman pohon uang.

7. Tahap perbanyakan

Waktu yang paling tepat untuk melakukan proses perbanyakan tanaman pohon uang dapat dilakukan saat musim panas, jenis perbanyakannya yaitu dengan menggunakan stek batang.

Caranya adalah dengan memotong batang tanaman sepanjang 10 – 15 cm, berikutnya masukkan ke air untuk proses penumbuhan akar.

Beberapa minggu setelah akar berkembang langkah berikutnya yaitu mencelupkan stek tadi dalam hormon akar kemudian lakukan perpindahan ke tanah.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi, namun metodenya cukup rumit yaitu perbanyakan dilakukan dengan proses pelapisan udara.

8. Tahap repotting

Apabila tanaman hias tadi sudah terlihat sangat rimbun di dalam pot maka segera lakukan repotting, cukup banyak tanaman hias yang mengalami pembesaran ketika ada di dalam ruangan, namun tidak perlu untuk merepotting tanaman hias tiap tahun.

Memang untuk melakukan repotting perlu untuk dilakukan, namun ada cara lain untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengganti tanah lama dengan tanah yang baru. Hal ini akan menyulitkan tanaman hias nantinya dalam menarik unsur hara yang diperlukan.

9. Memberantas Penyakit dan Hama

Tanaman hias pohon uang ini sangat rentan terhadap hama kutu putih, apabila tanaman hias ini ditempatkan di dalam ruangan.

Sebaiknya lakukan penyemprotan anti hama secara berkala pada tanaman hias tersebut, gunakan insektisida ringan atau bisa juga dengan minyak holtikultura seperti neem oil.

Apabila lokasi tanaman hias pohon uang berada di luar ruangan tidak diperlukan pembasmi hama.

Demikian cara menanam tanaman hias pohon uang semoga bermanfaat, silahkan share di media sosial kalian jika informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "9 Cara Menanam Tanaman Hias Pohon Uang Agar Tumbuh Subur"