Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambang Crypto Untuk Pemula, Dengan Mining Rig GPU, PC, atau Gratis?

Villakan.com – Akhir akhir ini banyak yang melakukan investasi dengan mata uang crypto. Tidak sedikit pula yang mendulang untung dari crypto. Cara menambang crypto untuk pemula yang pasti untung juga penting dipelajari jika hendak mendapatkan untung berlipat. 

Berdasarkan coinmarketcap.com bulan oktober 2021, untuk harga koin dengan harga tertinggi masih dipegang oleh bitcoin dengan harga $ 58.784,52 atau setara dengan 824 jutaan.

cara-menambang-crypto

Disusul kemudian oleh ethereum dengan nilai $ 3.994,20 berikutnya binance coin yang memiliki nilai $ 451,24 kemudian theter dengan nilai $1 dan disusul juga oleh cardano dengan nilai $ 1.95.

Bagaimana cara menambang kripto ? menurut bitdegree.org orang yang hendak berinvestasi pada mata uang crypto hendaknya bersusah payah terlebih dahulu untuk menambang crypto.

Untuk mendapatkan sedikit mata uang crypto diperlukan mesin untuk melakukan tugas untuk proses penambangan secara digital. Berbeda ya.. dengan cara menambang mineral atau emas.

Anda juga dapat melakukan kegiatan atau aktifitas penambangan mata uang kripto dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau komputer pribadi.

Cara kerja penambangan kripto di PC ini yaitu dengan memecahkan persamaan matematika. Semakin banyak orang yang menambang, maka persamaan matematika yang harus diselesaikan semakin lebih rumit.

Dengan adanya hal ini maka keseimbangan ekosistem penambangan kripto menjadi lebih kondusif, selain itu hal ini dapat memacu pendayagunaan mesin yang lebih kuat dan besar tentunya.

Cara menambang coin crypto

Terdapat beberapa cara menambang crypto yang dapat dilakukan seorang pemula ketika hendak menambang koin kripto.

1. Cloud Mining

Cara nambang crypto yang pertama adalah dengan metode cloud mining, yaitu menambang koin kripto tanpa harus melakukannya sendiri.

Pengerjaan penambangan coin crypto dilakukan dengan cara membayar seseorang atau bisa juga perusahaan yang menyewakan sebuah mesin penambang kripto yang disebut “RIG”. Untuk menyewa mesin penambang ini biasanya terdapat waktu kerjasaman yang disepakati.

Apabila koin sudah terkumpul maka dapat dilakukan pentrasferan pada dompet cryptocurrency yang anda miliki, pada umumnya untuk penghasilan bersih didapatkan dari penghasilan dari RIG dikurangi biaya listrik serta biaya pemeliharaan.

Tetapi saat ini banyak juga cloud mining yang tersedia secara gratis. Namun pastinya ada kekurangan, yaitu kecepatan untuk melakukan penambangan menjadi lebih lambat.

2. CPU Mining

Untuk melakukan penambangan selanjutnya dapat mengguanakan processor, dahulu banyak yang melakukan cara menambang crypto seperti ini sehingga sempat viral pada waktu itu. Namun teknik seperti ini pada saat ini tidak banyak yang menggunakannnya.

Hal ini dikarenakan untuk menambang dengan metode ini terbilang lambat sedangkan hasil yang diharapkan tidak sesuai ekspektasi.

Bahkan metode ini terkadang tidak sepadan dengan biaya yang dikeluarkan seperti biaya listrik, biaya pendingin dan lain sebagainya.

Untuk menambang dengan CPU sebaiknya jangan menggunakan laptop  dikarenakan laptop pasti akan cepat menjadi panas karena bekerja lebih keras.

3. GPU Mining

Salah satu metode menambang mata uang kripto yang cukup terkenal adalah dengan menggunakan GPU. Biaya untuk menambang GPU tergolong relatif murah dan efisien.

Menambang crypto dengn GPU banyak diminati pelanggan selain karena lebih efisien biayanyapun cukup murah. Namun demikian untuk konstruksi RIG cukup mahal karena RIG GPU.

Pada RIG GPU dapat melakukan order pada salesman, meskipun begitu RIG GPU saat ini sudah lakukan praktek selama satu bulan. Selain itu terdapat kartu grafis yang sering digunakan untuk melakukan penambangan cryptocurrency.

Biasanya untuk mendapatkan 1 rig dibutuhkan omset dari Motherboard, processor, rangka rig, pendingin, serta beberapa kartu grafis.

Demikian tadi investasi cara menabung crypto yang kuat dan besar, serta pembayaran akan dibayarkan secara lebih cepat untuk penambang CPU.

4. ASIC Mining

ASICadalah singkatan nama dari application - specific integrated circuits adalah sebuah perangkat khusus yang mana dirancang secara eksplisit untuk melakukan sebuah tugas, yang dalam hal ini adalah penambangan crypto. 

Asic adalah salah satu cara menambang yang sangat berharga yang dapat menghasilkan sejumlah  cryptocurrency yang cukup berani namun pesaingnya.

Metode terbaik untuk menambang cryptocurrency

Setelah anda mengetahui beberapa teknik yang cukup signifikan menambah koin digital ini serta cara melakukannya, tentu anda tahu mana cara yang terbaik ? Dengan memperhatikan detail utama maka anda akan mendapatkan metode yang paling sesuai.

Seperti berapa dana awal yang dikeluarkan? Kemudian berapa banyak? Kemudian apa anda ingin mempunyai RIG ? Apa anda ingin cara menambang crypto dengan rig?

Cloud minig serta GPU terbagi menjadi 2 opsi besar yang diminati banyak orang, dimana menambang dengan CPU cukup lambat serta membosankan. Sedangkan menambang dengan ASIC bisa menjadi tidak dapat diduga.

Tetapi apabila anda memilih cara menambang crypto dengan CPU maka tak akan mengeluarkan uang serupiahpun untuk mengawalinya, sedangkan pilihan ASIC jika anda tidak takut resiko serta kontroversi.

Posting Komentar untuk "Cara Menambang Crypto Untuk Pemula, Dengan Mining Rig GPU, PC, atau Gratis?"