Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Wisata Alam Bandung Yang Terpopuler


Propinsi jawa barat mempunyai sebuah kota yang sangat menarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Kota tersebut adalah bandung, di mana terdapat beragam wisata belanja, wisata kuliner dan wisata alam bandung.

Saking banyaknya tempat berlibur di daerah ini maka menjadikan lokasi wisata di bandung menjadi beragam dan tidak akan habis untuk dikunjungi dalam waktu sehari.

Oleh sebab itu maka bandung menjadi tujuan wisata utama di provinsi jawa barat.



Wisata-Alam-Bandung


Bandung menjadi lokasi wisata favorit bagi warga jakarta, hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dengan kota jakarta.

Tidak hanya itu, dikarenakan jarak tempuh antara jakarta - bandung sekarang kurang lebih antara 2 hingga 3 jam saja.

Hal ini dikarenakan telah berdiri jalan tol cipularang yang membantu mempersingkat jarak tempuh kedua kota ini.

Berbagai sarana transportasi untuk menuju ke kota bandung ini cukup banyak.
Anda dapat menggunakan sarana kereta api, bus antar kota atau bisa juga menggunakan jasa travel untuk dapat berkunjung ke kota bandung.

Kami telah mengumpulkan berbagai tempat wisata alam bandung yang bisa anda jadikan rekomendasi tempat berlibur anda ketika berada di provinsi jawa barat ini.

Silakan lihat ulasan singkat kami untuk tiap tempat spot wisata di kota bandung, sebagai daftar liburan anda di provinsi jawa barat ini.

Perlu untuk diketahui juga bahwa lokasi wisata di kota bandung ini letaknya cukup tersebar, antara lain ada di bandung selatan bandung timur dan bandung utara.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata alam bandung terpopuler :


1.   Kebun Teh Sukawana


Kebun-Teh-Sukawana


Dilihat dari jumlah pengunjung wisata alam Bandung maka dapat dikatakan kota bandung ini mempunyai pengunjung yang ramai.

Bagi anda yang menyukai lokasi wisata alam yang cukup tenang maka kebun teh sukawana dapat menjadi pilihan berlibur anda sekaligus untuk tempat ngadem di kebun teh lembang bandung.

Pemandangan alam di lokasi ini cukup bagus lho… anda dapat melihat kebun teh yang menghijau dan tertata rapi serta tempatnya yang masih alami.

Lokasi kebun teh sukawana ini berada tidak jauh dari dusun bambu atau curug cimahi.

Kebun teh sukawana merupakan kebun bukit unggul yang berada di wilayah sukawana dan berada di bawah PTPN VIII.

Menurut sejarah dahulu kota ini mempunyai nama seorang meneer belanda yang memiliki perkebunan di sini yaitu yang bernama van houten sehingga dulunya perkebunan ini sering dijuluki "pangheotan".

Kini di bawah kepemilikan PTPN VIII kebun teh ini diberi nama sukawana, tidak hanya kebun teh saja yang ada di sini akan tetapi terdapat juga pabrik pengolahan teh yang memiliki standar kualitas export.

Perkebunan teh sukawana memiliki lokasi yang terpelihara dengan Asri dan masih produktif dan berproduksi hingga saat ini.

Namun luas perkebunan teh sukawana ini tidak seluas perkebunan teh yang berada di area bandung seperti ciwalini, rancabali dan lainnya.

Lokasi kebun teh ini sangat cocok menjadi alternatif tempat wisata berlibur anda di kota bandung.

Dimana anda dapat melihat kemegahan gunung burangrang dan gunung tangkuban perahu dari tempat ini.

Lokasi Kebun Teh Sukawana?


Lokasi kebun teh sukawana berada tidak jauh dari pusat kota bandung yaitu berada di karyawangi parongpong. Berada sekitar 15 km dari universitas pendidikan indonesia di ledeng.

Rute untuk menuju lokasi kebun teh ini sangat jelas, anda dapat menggunakan jalan utama maupun jalan alternatif menuju parongpong.

Apabila anda berada dari arah lembang maka anda dapat mengarahkan kendaraan anda menuju parongpong.

Kemudian 3 km dari pertigaan lembang parongpong terdapat masjid di sisi sebelah kanan dari situ ada pertigaan jalan, pilih jalan sebelah kanan apabila anda hendak menuju arah sukawana.

Transportasi


Angkutan umum hanya tersedia di jam-jam tertentu saja di daerah ini, anda dapat menyewa jasa ojek yang terdapat di pertigaan parongpong.

Kondisi jalan menuju lokasi tempat ini lumayan sulit, sangat disarankan untuk menggunakan motor ataupun mobil yang agak tinggi.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana


Anda dapat masuk ke lokasi kebun teh sukawana hanya dengan membeli tiket kurang lebih rp5.000, namun apabila anda ingin melakukan kegiatan kemping maka harga tiket masuk yang dikenakan adalah Rp10.000 per kepala. 

Anda dapat mengitari lokasi perkebunan sepuasnya setelah membayar harga tiket masuk tersebut.

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan?


Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung di perkebunan teh sukawana.

Berkunjung di pabrik pengolahan teh dan tea walk, anda dapat mengunjungi pabrik pengolahan teh untuk melihat proses pembuatan teh dari awal hingga menjadi teh kemasan.

Untuk lebih jelasnya anda dapat bertanya ke penjaga gerbang atau satpam untuk teknis pembuatannya.

Anda dapat pula berjalan-jalan di sekitar area perkebunan teh yang mudah dilalui, anda pastinya akan terkejut melihat jalan ke jalan kecil ini yang membentuk sebuah pola yang cukup indah yang menandakan bahwa kebun teh ini terpelihara dengan baik.

Lokasi perkebunan ini tidak luas, sehingga anda tidak perlu risau tersesat di lokasi ini. Karena beberapa tempat terdapat patokan-patokan yang cukup jelas, harap perhatikan saat kabut turun di kebun teh ini.

Camping


Lokasi kebun teh ini menyediakan fasilitas untuk kemping, anda dapat mendirikan tenda di mana saja di lokasi khusus untuk kemping ini.

Apabila anda melakukan kemping ini bersama rombongan yang cukup banyak, maka terdapat lapangan kecil yang disediakan oleh pengelola kebun teh ini. Atau kalau untuk lebih jelasnya anda dapat menghubungi ke satpam.

Bersepeda


Apabila Anda suka dengan kegiatan bersepeda maka lokasi ini juga menyediakan track khusus yang menantang.

Anda dapat melakukan kegiatan bersepeda dengan latar belakang hamparan kebun teh yang hijau dengan medan yang naik turun yang siap memacu adrenalin anda.

Apabila anda penghobi kegiatan bersepeda gunung maka kegiatan ini cocok untuk anda.

Fasilitas Pendukung


Kebun teh ini tidak menyediakan sarana khusus untuk pendukung wisata di daerah ini hanya sarana umum saja yang disediakan oleh pengelola.

Beberapa fasilitas umum itu antara lain adalah masjid untuk tempat ibadah, beberapa warung yang menyediakan minuman maupun jajanan sebagai pengisi perut.

Terdapat juga toilet, dan terdapat villa merah sukawana yang memang sengaja disewakan untuk umum villa ini dikelola oleh PTPN

2. Curug Cinulang Cicalengka


Curug-Cinulang-Cicalengka


Wisata alam Bandung berikutnya adalah curug cinulang cicalengka lokasi tempat ini berada di perbatasan sumedang dengan kabupaten bandung lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota bandung.

Lokasi

Secara administratif letak curug cinulang ini berada di wilayah sumedang lebih tepatnya berada di desa sindulang kecamatan cimanggung sumedang.

Akan tetapi lokasi tempat ini lebih mudah dan lebih dekat ditempuh dari kota bandung.

Sebenarnya nama asli curug ini adalah curug sindulang akan tetapi masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan curug cinulang karena lebih mudah untuk disebutkan namanya.

Curug cinulang merupakan curug yang terkenal di wilayah bandung timur jalan menuju ke area curug cinulang ini satu jalur dengan jalan menuju ke hutan wisata kareumbi masigit, jadi anda dapat berkunjung ke dua tempat wisata ini sekaligus.

Rute Menuju Curug Cinulang

Cukup hanya dengan mengikuti arah jalan raya bandung - garut di cileunyi kemudian menuju jalan by pass cicalengka setelah anda menemukan jembatan dengan petunjuk ke arah villa aki enin di sebelah kiri.

Maka anda dapat mengikuti jalan tersebut tepat pada perempatan bawah jembatan, ambil jalur kiri dan ikuti saja jalur itu terus. Maka anda dapat sampai di curug cinulang ini kurang lebih sekitar 8 km.

Apabila anda menggunakan fasilitas kendaraan umum maka anda dapat naik dari bandung menuju ke arah cicalengka, kemudian naik angkutan pedesaan di terminal cicalengka menuju jurusan sindulang - sindangwangi.

Rute menuju curug ini tergolong mudah untuk ditemukan dengan jalannya yang cukup bagus, di sepanjang jalan menuju ke area ini anda dapat melihat pemandangan pegunungan yang indah.

Tidak jauh dari rute yang anda lalui terdapat lembah yang membentang hijau dengan sawah yang dibentuk terasering, terdapat juga sungai yang mengalir jernih dengan latar belakang gunung di belakangnya.

Fasilitas di Curug Cinulang

Pengelola menyediakan fasilitas di curug ini lumayan lengkap terdapat beberapa warung makan, mushola dan toilet.

Jadi anda tidak perlu kuatir apabila lapar ataupun haus atau apabila hendak melakukan kegiatan ibadah di area ini.

Namun kekurangan tempat ini adalah penataan tempatnya yang kurang teratur sehingga terkesan begitu kumuh.

Di lokasi air terjun ini terdapat beberapa warung yang memadati wilayah ini sehingga menjadikan pemandangan di tempat ini menjadi kurang nyaman untuk dilihat apalagi banyak sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Harga Tiket Masuk Curug Cinulang?

Pada hari biasa pengunjung untuk masuk ke lokasi curug cinulang ini dikenakan biaya kurang lebih Rp10.000.

Namun apabila anda berkunjung pada waktu liburan atau weekend tentu harga tiket yang dikenakan juga berbeda, untuk lebih tepatnya anda dapat menanyakan ke pengelola yang bersangkutan.

Hotel atau Penginapan

Terdapat beberapa hotel yang cukup terkenal di area ini namun yang cukup dekat dengan curug cinulang salah satunya adalah villa aki enin.

Apabila anda hendak menyewa villa yang agak jauh maka terdapat hotel di sekitaran jatinangor, cibiru-cileunyi, atau di sekitaran soekarno hatta bandung.

Suasana di sekitar area curug ini masih begitu asri dan hijau, cukup untuk melepaskan stress setelah seminggu bekerja keras.

Jadi untuk anda yang hendak berkunjung di wilayah bandung timur maka curug sindulang ini dapat menjadi salah satu alternatif pilihan wisata alam bandung timur.

3. Floating Market Lembang


Floating-Market-Lembang

Wisata alam bandung floating market lembang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur atau di akhir pekan.

Lokasi tempat ini sangat bagus sangat cocok bagi anda yang suka berswafoto karena banyak spot - spot cantik dan indah di lokasi ini.

Sejak pertama kali dibuka, tempat wisata floating market ini langsung diserbu oleh wisatawan karena lokasi wisata ini memberi kesegaran baru di tempat wisata lembang yang sebelumnya hanya begitu begitu saja.

Perlu untuk diketahui jika wisata di floating market bandung ini ditujukan untuk wisata keluarga mirip dengan dago dream park the ranch dan jendela alam.

Di tempat ini anda dapat menikmati kawasan yang tertata rapi dan masih alami selain itu banyak sekali objek-objek yang pastinya membuat si kecil betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Selain itu berbagai macam sajian masakan kuliner dapat anda pilih yang sesuai selera anda.

Sekilas Tentang Floating Market Bandung

Pada awal berdirinya wisata alam bandung floating market ini tidaklah begitu terkenal, namun sekarang sudah berekspansi sehingga sekarang ini banyak objek-objek menarik lainnya yang terdapat di lokasi ini.

Pemberian nama floating market ini didasarkan pada awal mulanya ini adalah lokasi tempat tempat membeli makanan di atas perahu.

Namun jangan disamakan dengan pasar terapung muara kuin di kalimantan ataupun dengan pasar terapung lok baintan, karena floating market disini hanya menjual aneka makanan saja di atas perahu.

Untuk mencicipi masakan kuliner di sini anda dapat melakukannya di darat tepatnya di deretan tempat makan yang tersedia

Tak hanya itu pasar floating market ini juga memiliki beberapa cafe maupun tempat makan mainnya dengan suasana yang cukup indah.

Tempat ini menjadi lokasi favorit karena tempatnya yang masih asri, hijau dan tertata dengan baik. Selain itu udara disini sangat segar sehingga anda lebih betah berlama-lama di lokasi ini.

Hal yang perlu dicatat adalah untuk transaksi pembayaran di lokasi ini diwajibkan menggunakan koin khusus.

Jadi apabila hendak melakukan transaksi, anda dapat menukarkan uang anda dengan beberapa koin yang memiliki nilai tertentu. Koin inilah yang nantinya digunakan untuk transaksi pembayaran makanan di tempat ini.

 kami sarankan untuk tukar koin nya secukupnya saja apabila habis maka anda tinggal menukarkan uang anda lagi sebagai koin tambahan

Jam Operasional

Wisata alam bandung floating market  ini dibuka pada jam tertentu yaitu hari senin sampai dengan Jumat dibuka pada pukul 9 pagi hingga jam 5 sore. 

Sedangkan untuk hari libur sabtu Minggu jam pelayanan di buka pada jam 9 pagi Hingga jam 8 malam

Lokasi Floating Market Lembang?

Floating market lembang beralamatkan di jalan Grand Hotel Nomor 33 e -kota lembang - kabupaten bandung barat - dengan nomor telepon 022 278 7766.

Lokasi floating market ini sangat mudah dijangkau karena terletak tak jauh dari pusat kota lembang jadi tidak perlu bersusah payah untuk sampai ke lokasi ini.

Rute Ke Floating Market Lembang

Rute menuju ke floating market ini cukup mudah untuk ditemukan, anda tinggal menuju ke pusat kota lembang karena disinilah tempat floating market lembang ini berada.

Apabila anda naik kendaraan pribadi maka anda tinggal mengarahkan kendaraan anda menuju ke arah lembang, lalu putar balik menuju bandung.

Setelah melewati masjid agung lembang dan pasar ikuti terus jalan itu, tempat floating market bandung berada tidak jauh dari pertigaan ke arah kota bandung. Jalan menuju arah ini memang memutar karena berupa jalan satu arah.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum maka anda dapat naik kendaraan angkot jurusan ST hall bandung – lembang.

Tak jauh dari lokasi ini anda dapat menemukan tempat wisata alam bandung lainnya ya itu De Ranch Lembang.

Fasilitas di Floating Market Bandung

Berbagai spot-spot menarik lainnya juga disediakan di dalam lokasi wisata floating market bandung ini.

Anda dapat menikmati spot menarik tersebut bersama dengan keluarga anda.
konsep tempat wisata menarik ini hampir mirip dengan konsep yang dimiliki dago dream park. Tidak hanya itu, anda juga dapat menikmati wisata kuliner di lokasi ini.

Kota Mini dan Sewa Kostum Jepang ataupun Korea

Banyak sekali kota mini floating market lembang yang telah dibangun di area ini, anda dapat menjumpai miniatur kota berikut sarana prasarananya.
Tidak hanya itu anda juga dapat mengikuti beragam aktivitas yang diadakan di area kota mini ini.

Anda juga diperbolehkan untuk sewa kostum kimono jepang dan juga kostum tradisional negara korea, sewa ini juga termasuk aksesoris maupun sepatunya juga.

Namun apabila anda hendak berfoto di dalam studio maka anda akan dikenakan biaya tambahan anda juga dapat berfoto di luar studio di mana spot lokasinya tidak kalah cantik.

Rainbow Garden dan Wahana Permainan Air

Wisata alam bandung rainbow garden ini merupakan sebuah tempat wisata yang berbentuk hamparan bunga-bunga cantik yang ditata dengan rapi, rainbow garden sudah termasuk spot baru di kawasan floating market ini.

Berbagai wahana permainan air juga tersedia di lokasi ini, anda dapat menikmati bersama keluarga, wahana permainan air tersebut antara lain adalah sepeda air, kereta air, sampan untuk keluarga dan paddle boat anak.

Taman Kelinci, Miniatur Kereta Api, Becak & Mobil Mini

Di lokasi taman kelinci anda dapat mengajak putra-putri ke saya untuk mengenal kelinci secara lebih dekat dan langsung.

Terdapat juga miniatur track kereta api beserta bangunan lengkap dengan landscape nya. Hal ini sangat unik, anda dapat melihat miniatur kereta api yang berjalan mengitari rel di dalam landscape yang nampak terlihat nyata.

Anda diperkenankan untuk menyewa mobil mini ataupun becak mini di tempat ini, dan kendaraan ini diperbolehkan untuk dikendarai mengelilingi wilayah kawasan ini.

Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang

Biaya tiket masuk wisata alam bandung floating market ini bervariasi, tergantung hari anda berkunjung di tempat ini.

Pada hari biasa anda akan dikenakan tarif sekitar Rp15.000 sedangkan di hari libur atau di akhir pekan Anda akan dikenakan tarif Rp20.000 per kepala.

Biaya parkir motor Rp5.000 dan biaya parkir mobil Rp10.000. Anda dapat menukarkan tiket masuk itu dengan berbagai minuman hangat seperti lemon, coffee cocolatte dan Milo.

Tidak hanya itu, anda juga akan dikenai biaya tambahan apabila hendak mencoba beberapa wahana permainan yang berada di lokasi ini berikut ini beberapa daftar harga wahana tersebut:

·        Kereta air 20.000 rupiah
·        Kampung Kandang 20.000 rupiah
·        Outbound anak Rp25.000 rupiah
·        Becak dan mobil mini 20.000 rupiah
·        Mancing magnet 20.000 rupiah
·        Lokomotif Mini 20.000 rupiah
·        Taman Kelinci 20.000 rupiah
·        Kano untuk 2 orang 50.000 rupiah selama 30 menit
·        Taman miniatur kereta api 20.000 rupiah
·        Sampan keluarga maksimal untuk 4 orang 70.000 rupiah selama ma30 menit
·        Sepeda air untuk 2 orang 50.000 rupiah selama 30 menit
·        Paddle boat maksimal 2 orang 20.000 rupiah selama 20 menit (khusus untuk anak)

Terdapat spot-spot baru di lokasi ini, maka anda juga akan membayar biaya tiket yang tidak sama. Berikut ini adalah wahana tersebut:

·        Sepeda listrik untuk mengelilingi kota Mini 35.000 rupiah
·        rainbow Garden floating market 10.000 rupiah
·        Persewaan kostum Jepang dan Korea beserta pernak-pernik sepatu dan aksesorisnya  75.000 rupiah
·        Kota Mini Floating Market Lembang 25.000 dan apabila anda hendak mengikuti kegiatan di dalamnya maka akan dikenakan biaya tambahan 25.000 rupiah untuk satu kali kegiatan saja.

Harga tiket masuk kawasan ini memang terbilang murah akan tetapi kalau ditambahkan dengan berbagai wahana yang hendak diikuti maka biayanya jatuhnya cukup mahal.

Agar pengeluaran tidak terlalu membengkak maka sesuaikan kegiatan di wahana ini dengan budget yang anda miliki.

Penginapan di Floating Market Lembang

Apabila anda hendak mencari penginapan di sekitaran floating market lembang, baik itu hotel ataupun villa.

Maka anda tak perlu risau karena cukup banyak penginapan yang berada di lokasi ini karena memang lokasi ini berada di pusat kota lembang.

Pilihlah yang mempunyai lokasi yang cukup dekat dengan tempat wisata alam bandung yang anda tuju atau setidaknya pilihlah yang nyaman bagi anda.

Demikianlah ulasan singkat kami tentang wisata alam Bandung yang sangat kami rekomendasikan bagi anda.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi apabila anda hendak melakukan perjalanan wisata di kota bandung

Posting Komentar untuk "3 Wisata Alam Bandung Yang Terpopuler"