Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tempat Wisata di Klaten Yang Indah & Populer



Klaten adalah sebuah kota kabupaten yang berada di propinsi jawa tengah, beragam destinasi wisata di klaten sangat menarik dan eksotis berada di kota ini.

Namun banyak yang masih belum mengetahui keindahan alam di kota klaten ini, terutama wisata umbul-nya.

tempat-wisata-di-klaten


Umbul sendiri adalah sebuah kolam alami yang digarap dan diolah menjadi sebuah tempat wisata air yang diperuntukkan untuk kegiatan berenang, snorkeling dan kegiatan di air lainnya.

Lokasi

   

Secara geografis klaten berada di dalam propinsi jawa tengah, pemerintahan berada di kota klaten.

Luas wilayah klaten adalah 655,6 kilometer persegi dengan jumlah penduduk pada tahun 2010 adalah 1,13 juta jiwa.

Berikut ini akan kami paparkan sedikit informasi yang bertema wisata umbul di klaten yang bisa menjadi referensi anda nanti ketika hendak menuju ke lokasi ini.

1.   Umbul Ponggok

Umbul-Ponggok

Lokasi umbul ponggok ini termasuk unik dan beda dari yang lain, tempat ini mempunyai air yang begitu jernih sehingga dapat digunakan untuk bercermin.

Namun kegiatan berenang dan bersnokling juga dapat dilakukan disini.
Menurut sejarah umbul ponggok ini dahulunya adalah sebuah sumber mata air alami yang mempunyai bentuk seperti kolam.


Pada awal mula berdirinya lokasi ini masih sepi namun kini semenjak dikelola tempat ini kini menjadi semakin indah dan nyaman untuk dikunjungi dan jumlah wisatawan yang berkunjung tak pernah sepi sampai hari ini.


Wisata air ponggok di klaten ini bukanlah kolam renang biasa, dimana pengunjung dapat merasakan sensasi berenang bersama dengan ikan air tawar yang beragam bentuk corak dan warnanya.


Lokasi ini juga sering digunakan sebagai latihan diving dan juga untuk bersnokling, umbul yang sudah ada sejak jaman belanda ini memiliki air yang jernih dan segar dengan tanpa ombak.


Luas area umbul ini sekitar 50x25 meter dan memiliki kedalaman 1,5 sampai 2 meter, banyak yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi fotografi dalam air atau biasa disebut underwater photography.


Bagaimana?? Penasaran bukan… apabila anda tertarik berkunjung disini maka alamat umbul ini berada di pongok – polanharjo – kabupaten klaten


2.   Umbul Manten

Umbul-Manten

Umbul manten mempunyai ukuran kolam yang kecil dan kedalaman kolam yang tak terlalu dalam.

Sehingga dari segi keamanan lokasi ini lebih aman terutama untuk anak anak apabila hendak bermain air disini, meskipun terlihat aman tapi anak wajib diawasi apabila bermain air.


Kondisi air di tempat ini sangat jernih sehingga bebatuan yang ada di dasar kolam pun dapat terlihat, berbeda dengan umbul ponggok di umbul manten ini ikan air tawar jarang terlihat.


Hiasan pepohonan terlihat mengelilingi umbul manten ini, apabila berenang dalam air maka terlihat akar pepohonan sehingga terasa nuansa di daerah pedalaman hutan kalimantan.


Air yang mengalir di lokasi umbul ini sangat sejuk dan jernih sangat menyenangkan untuk berlama lama di tempat ini.


 Adapun lokasi umbul manten ini beralamat di jalan janti – wunut – tulung – kabupaten klaten.


3.   Umbul Sigedang

Umbul-Sigedang

Apakah anda pernah tahu air mineral Aqua?? Yup… air mineral aqua salah satu sumbernya diambil dari mata air sigedang klaten, bisa dibaca di kemasan botolnya.


Lokasi umbul sigedang berdekatan dengan umbul ponggok, Beralamatkan di dusun umbulsari kelurahan ponggok – kecamatan polanharjo – kabupaten klaten jawa tengah.


Dengan biaya tiket masuk yang murah, pengunjung dapat mandi air di umbul sigedang serasa seperti mandi air mineral aqua.


4.   Umbul Nilo

Umbul-Nilo

Kejernihan air di umbul nilo menjadikan tempat ini dapat melihat berbagai macam bebatuan yang ada di dasar kolam, kesegaran airnya sangat menggoda dimana airnya yang jernih menarik minat untuk bermain air.


Lokasi tempat ini sangat aman untuk anak anak karena kedalaman kola mini tidak sampai 1 meter.


Berbagai macam jajanan kuliner ataupun minuman dapat ditemukan di sekitar umbul nilo.


Pengunjung di tempat ini semakin meningkat dan apabila anda tertarik maka dapat menuju ke umbul nilo.

Alamat : lokasi umbul nilo berada di dusun margosuko desa daleman – kecamatan  tulung – kabupaten klaten jawa tengah


5.   Umbul Gedaren

Umbul-Gedaren

Nama umbul gedaren mempunyai makna “dar” yang berasal dari nama penunggu umbul yaitu Ny dewi siti sundari, namun oleh sesepuh di daerah ini kemudian diberi tambahan awalan “ge” dan akhiran “ren” maka jadilah gedaren.

Umbuk gedaren ini mempunyai 2 sumber mata air yaitu umbul lanang dan umbul wadon.

Alamat : tempat ini berlokasi di jalan klaten – jatinom nomer 7 – gedaren – kabupaten klaten.


6.   Umbul Kapilaler

Umbul-Kapilaler

Lokasi umbul kapiler selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota ataupun luar kota, pemandangan disekitar umbul kapiler sangat indah dan menawan.


Alamat : jika anda teratrik hendak berkunjung ke umbul kapiler maka lokasinya berada di dukuh umbulsari – desa ponggok – kabupaten klaten.

7.   Umbul Cokro Tulung

Umbul-Cokrotulung

Tempat wisata air di klaten ini mempunyai perbedaan dengan yang lainnya dimana karena menggabungkan tempat wisata alam dengan wisata modern.


Tempat ini juga digunakan sebagai padusan ketika bulan puasa, padusan merupakan tempat mandi dan untuk membersihkan diri.


Area cokro tulung ini mempunyai luas 15.000 meter persegi dengan sebuah mata air area mata air dengan sungai.


Berbagai wahana wisata juga dilayani disini, seperti berenang tempat bermain anak, flying fox dan juga water slide.

Alamat : lokasi tempat ini berada di alamat desa cokro kecamatan tulung kabupaten klaten

8.   Umbul Jolotundo

Umbul-Jolotundo

Wisata air jolotundo ini memiliki air yang jernih dan segar, menurut sejarahnya umbul jolotundo ini berasal dari seorang demang yang tinggal di jolotundo dan mempunyai putri bernama roro amis.


Dinamakan demikian karena sang putri memiliki penyakit kulit yang mengeluarkan aroma amis, suatu ketika sang puti bermain di umbul ini dan jatuh kemudian kakinya tertusuk keong kecil, namun sejak itu penyakitnya sembuh seketika.


Kedalaman kolam renang ini berfariasi, terdapat 3 kedalaman antara lain kedalaman 1 meter, kedalaman 1,5 meter dan kedalaman 2 meter.

Kurang lebih 10 km ke arah utara kota klaten, memiliki luas area 500 m persegi dan luas kolam 220 meter persegi.

Alamat : lokasi umbul jolotundo berada di desa jambeyan kecamatan karanganom - kabupaten klaten.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk umbul ponggok adalah 5,000 rupiah dan untuk sewa snorkel Rp 12.000, sewa kaki katak Rp 7.000, sewa pelampung Rp 7.000 dan biaya sewa ban Rp 5.000

1.      Tarif tiket masuk umbul manten pada awalnya dalah Rp 6.000 namun sekarang menjadi Rp 100.000

2.    Harga tiket masuk umbul sigedang adalah Rp 3.000

3.    Harga tiket masuk umbul nilo dipatok Rp 5.000

4.    Harga tiket masuk umbul gedaren adalah Rp 5.000

5.     Tiket masuk umbul kapilaler adalah Rp 3.000 dengan waktu kunjungan jam 07.00 sampai jam 17.00
  
6.    Biaya tiket masuk umbul cokro tulung untuk sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Dengan biaya parkir kendaraan pada hari libur 11.500 dan hari biasa Rp 15.000

7.     Biaya tiket masuk umbul jolotundo dipatok Rp 4.000 per orang

Demikianlah tempat wisata di klaten yang sangat menarik untuk dikunjungi apabila anda memutuskan untuk berlibur ke daerah klaten.

Posting Komentar untuk "8 Tempat Wisata di Klaten Yang Indah & Populer"