Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata



Tempat wisata adalah semua yang ada di daerah tujuan wisata yang menjadi magnet dan daya tarik sehingga orang-orang dengan senang hati berkunjung ke lokasi tersebut.

Tempat wisata terbagi menjadi 2 yaitu tempat wisata alam dan tempat wisata buatan manusia.

tempat-wisata

Semua tempat wisata mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebagai tempat untuk refreshing dan melepas segala kepenatan selama beraktifitas di pekerjaan ataupun sementara waktu menjauhkan diri dari kebisingan kota.

Contoh Tempat Wisata

Berikut ini adalah tempat wisata alam dan tempat wisata buatan manusia yang dapat menjadi tujuan berwisata anda bersama teman dan keluarga:

1.   Gunung

gunung

Gunung merupakan sebuah tanah yang berbentuk lebih menonjol dibandingkan dengan tanah yang berada di wilayah sekitarnya.

Atau dapat pula diartikan sebagai bagian dari permukaan bumi dengan bentuk yang lebih menjulang tinggi dibandingkan dengan daerah di sekitarnya.

Bila dibandingkan dengan bukit, biasanya gunung mempunyai ketinggian maupun curam yang lebih tinggi dan dalam.

2.   Laut

laut

Laut adalah tempat berkumpulnya air asin dengan jumlah yang sangat banyak dan luas muka bumi ini, biasanya laut masih terhubung dengan samudra.

Laut juga biasanya terpisah ataupun terhubung antara satu benua dengan benua lainnya dan atau suatu  pulau dengan pulau lainnya.

Air laut terdiri dari air murni 96,5% dan material lainnya 3,5% (seperti gas terlarut, partikel tak larut dan bahan organik).

Kadar garam setiap laut di dunia tidaklah sama, ada air laut yang mempunyai rasa tawar seperti yang ada di daerah timur teluk finlandia, di daerah laut baltik dan utara teluk botania. 

Adapula air laut yang mempunyai rasa paling asin seperti yang ada di daerah laut merah.

3.   Danau

danau

Danau adalah cekungan yang ada di permukaan bumi dan dikelilingi oleh daratan, danau biasanya dipenuhi oleh genangan air baik itu air tawar ataupun air asin.

Pada umumnya danau sering dijadikan sebagai lokasi tempat wisata dikarenakan keindahan panorama alamnya yang menawan.

Di Indonesia terdapat cukup banyak danau, danau ini terbagi menjadi danau besar dan danau kecil. Untuk jumlah danau besar di Indonesia sekitar 840 sedangkan danau kecil berjumlah 735.

Danau toba yang ada di provinsi sumatera utara merupakan danau terbesar yang ada di Indonesia.

4.   Gua

goa
@ diims__'s

Gua adalah lubang alami yang cukup besar dan dalam yang berada di tanah.

Bentuk gua bisa sederhana, bisa bercabang, dapat pula vertikal ataupun horizontal, dapat memiliki sebuah tingkat atau lebih, terdapat aliran sungai didalamnya atau pun tidak.

Saat ini gua terbesar yang ada di dunia adalah gua mammoth yang ada di kentucky amerika serikat yaitu dengan panjang 579 km, berikutnya adalah pahera optymistychna yang ada di ukraina dengan panjang kurang lebih 214 km.

Akan tetapi rekor ini terus diperbaharui, karena tiap hari selalu saja ada gua baru yang dijelajahi.

5.   Sungai

sungai

Sungai adalah sebuah aliran air dengan aliran yang cukup besar dan panjang dengan kondisi air yang mengalir secara terus-menerus mulai dari hulu / sumber  sampai hilir / muara.

Sungai tidak hanya berada diatas tanah namun ada juga sungai yang berada di bawah tanah, biasanya disebut underground river. Seperti sungai bawah tanah yang ada di gua soon dong vietnam, yukatan meksiko dan di gua pindul indonesia.

Manfaat sungai sangat besar, biasanya digunakan sebagai irigasi pertanian, untuk tempat pembuangan air hujan maupun limbah, sebagai tempat bahan baku air minum dan saat ini sungai juga diberdayakan untuk lokasi wisata, seperti lomba dayung dan arung jeram.

6.   Pantai

pantai


Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang ada di pesisir laut yang terdiri dari pasir, biasanya pantai menjadi tempat batas antara laut dan daratan.

Pada tahun 2008 silam PBB menyatakan bahwa Indonesia mempunyai panjang pantai terbesar ke-4 (dengan garis pantai 95.181 km) setelah amerika serikat, kanada dan rusia.

Pantai seringkali dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi (sebagai tempat untuk mencari ketenangan) serta terkadang digunakan sebagai lokasi berfoto, pantai juga merupakan tempat tinggal para nelayan dan juga sebagai tempat untuk pengolahan garam.

Indonesia sebagai negara kepulauan dianugerahi Sang Pencipta dengan jutaan pantai yang sangat mempesona, sudah selayaknya kita sebagai generasi bangsa untuk menjaga, merawat dan mengelolanya dengan baik.

7.   Candi

candi
@ majagronholdt

Pada awalnya candi seringkali merujuk pada sebuah bangunan keagamaan peninggalan purbakala pada masa hindu budha dan biasanya sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun budha.

Namun ternyata tidak hanya itu, banyak sekali situs purbakala non-religius yang disebut dengan istilah candi seperti istana, pemandian dan gapura dari masa hindu-budha.

Di Indonesia terdapat candi yang amat megah mempunyai hiasan yang mewah dan digarap dengan cukup detil dengan cita rasa dan estetika yang luhur.

Bangunan ini menjadi bukti tingginya peradaban nenek moyang dan kebudayaan bangsa indonesia pada masa lampau, candi itu adalah candi borobudur dan prambanan.

Sekarang lokasi candi juga diberdayakan sebagai tempat wisata, baik itu untuk wisatawan dari dalam negeri maupun dari mancanegara.

8.   Museum

Museum

Museum adalah sebuah institusi atau lembaga yang digunakan sebagai tempat penyimpanan pengamanan perawatan serta benda-benda material hasil budaya manusia, alam serta lingkungannya.

Museum juga tidak mencari keuntungan dia dibangun untuk melayani masyarakat serta perkembangannya, terbuka untuk umum, merawat, memperoleh menghubungkan, serta memamerkan artefak-artefak tentang jati diri manusia serta lingkungannya untuk tujuan pendidikan studi dan rekreasi.

Museum dibagi menjadi 2 yaitu museum berdasarkan koleksi yang dimilikinya seperti museum umum dan museum khusus, dan museum yang didasarkan atas kedudukannya seperti museum nasional, museum provinsi, dan museum lokal.

9.   Benteng

benteng
@wisatasemarang

Benteng adalah sebuah bangunan yang dibangun untuk keperluan militer atau untuk keperluan pertahanan ketika masa peperangan.

Benteng sudah dibangun oleh umat manusia sejak dari ribuan tahun silam, benteng mempunyai berbagai bentuk dan sekarang genteng sudah berkembang menjadi bentuk yang sangat kompleks.

Benteng yang masih berdiri di indonesia saat ini pada umumnya adalah peninggalan dari zaman kolonialisme eropa terutama dari belanda.

Benteng pada masa saat ini sering dijadikan sebagai lokasi tempat wisata sejarah, kita dapat menggali sejarah nenek moyang kita ketika berkunjung ke ke benteng.

10.         Wahana Bermain

Fying-fox
@ nonayohanna's

Tujuan utama wahana bermain dibangun adalah untuk tempat bersenang-senang dan bermain secara beramai-ramai.

Wahana bermain dapat dibedakan menjadi dua yaitu wahana bermain untuk usia dewasa dan untuk usia anak-anak.

Untuk usia anak-anak taman bermain biasanya menyediakan rumah permainan, labirin,bak pasir, besi panjat, mangkok putar, jungkat-jungkit, perosotan, dan ayunan.

Sedangkan untuk usia dewasa tempat permainannya seperti flying fox, outbound, shotgun, paralayang, memancing.

Persiapkanlah segala keperluan anda ketika hendak pergi menuju ke tempat wisata tujuan, tetap jaga kebersihan lingkungan tempat wisata dan selalu jaga keselamatan anda.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata"