Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Wisata Alam di Bandung yang Eksotis dan Romantis


Dari zaman kolonial belanda kota bandung ini sudah menjadi tempat pelesir favorit sehingga sering disebut sebagai paris van java di jawa. Karena keindahan lokasi wisata alam di bandung yang sangat menarik.

Bandung memiliki beberapa karakter yang unik dan tidak dapat ditemukan di daerah lainnya di Indonesia, meskipun itu di jakarta yang lokasinya berjarak tidak terlalu jauh.

Perkembangan pesat juga dialami kota bandung pada desain arsitektural yang bergaya eropa hingga industri fashionnya.



wisata-alam-di-bandung


Dikarenakan jarak tempuh kota bandung dengan jakarta ini hanya 2 jam saja, sehingga bandung menjadi tempat favorit bagi warga jakarta.

Bukan hanya tempat ini saja yang banyak dipuji wisatawan, bandung sangat lihai dalam memadukan gaya vintage dengan sentuhan art deco. Selain itu keindahan alam di kota bandung tidak mudah untuk dilupakan.

Apabila anda mencari ketenangan dan ingin menjauhi dari hiruk pikuk ibukota maka anda dapat berkunjung ke bandung, sekaligus untuk menikmati keindahan alam di kota bandung.

Apabila anda ragu berkunjung ke kota bandung dikarenakan padatnya wisatawan yang berkunjung, maka anda dapat mengubah cara pandang anda dalam menikmati liburan di bandung tersebut.

Lokasi




Bandung merupakan salah satu kota metropolitan terbesar yang ada di provinsi jawa barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi jawa barat.

Secara geografis kota bandung berada pada 140 km sebelah tenggara kota jakarta, selain itu kota bandung merupakan kota terbesar yang berada di wilayah pulau jawa bagian selatan.

Berikut ini adalah 6 wisata alam di bandung dan sekitarnya untuk bersantai dan meredakan stres:

1. Leuwi Jurig atau Grand Canyon Mininya Garut

Leuwi-Jurig

Leuwi jurig secara arti dalam bahasa sunda adalah “kolam setan”, menurut informasi masyarakat sekitar apabila anda mandi di kolam ini maka anda akan terbebas dari jeratan semua ilmu hitam.

 Akan tetapi karena namanya yang menyeramkan, juga latar belakang tempat ini yang begitu mistis.

Hal ini jangan menjadikan anda enggan untuk berkunjung ke leuwi jurig ini, untuk diketahui leuwi jurig ini mempunyai keindahan yang tak kalah dengan grand canyon yang ada di amerika lho.

Pengunjung akan terbius dengan keindahan pemandangan air sungai yang begitu jernih dan diapit oleh dinding dinding batu raksasa.

Leuwi jurig apabila diamati dengan seksama maka akan tampak bagaikan sungai dari belahan bumi lain, hal ini dikarenakan terdapat perpaduan dari warna air.

Dimana air tersebut memancar dengan warna kehijauan bak mutiara zamrud, sedangkan mempunyai warna kelabu pada daerah dinding batu.

Jalan menuju ke area sungai ini termasuk cukup mudah, namun belum banyak orang yang mengetahui keberadaan tempat ini. pengunjung dapat melakukan kegiatan swafoto ataupun berenang dengan lebih leluasa karena tempatnya yang masih sepi.

Lokasi leuwi jurig ini berada di kecamatan bungbulang desa bojong kabupaten garut.

Rute menuju leuwi jurig apabila anda berada dari arah bungbulang maka lokasi tempat ini berada tidak jauh dari jembatan rumpit atau sasak rumpit setelah PLTMH maka jembatan pertama yang bisa anda lewati adalah cirompang bungbulang.

2. Tebing Gunung Hawu


Tebing-Gunung-Hawu

Daya tarik tersendiri dapat anda jumpai di gunung ini, adalah di mana pengunjung dapat bergelantungan dengan bebas.

Pada saat matahari terbit atau sunrise maka cahaya matahari yang kemilauan dapat anda lihat dengan lebih sempurna di tebing gunung hawu.

Bahkan pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam sambil rebahan di hammock yang tergantung pada dua tebing.

Warga setempat lah yang telah memperkenalkan kegiatan hammock ini untuk para wisatawan, hal ini dilakukan untuk menarik minat para wisatawan.

Selain itu untuk melindungi gunung hawu dari penambang batu kapur yang hendak menjamah tempat ini.

Pemandangan yang menakjubkan di mana pengunjung dapat melihat lubang besar yang berada di tengah gunung, hal inilah yang menjadikan gunung ini diberi nama oleh penduduk sekitar dengan nama dalam bahasa sunda "hawu"yang mempunyai arti adalah "tungku" alat untuk memasak.

Momen terbaik saat pemotretan adalah di mana sinar matahari menyelinap lewat lubang besar di lokasi ini sehingga menciptakan sebuah pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket masuk gunung Hawu adalah gratis namun untuk masuk ke wilayah wahana hemog pengunjung dikenakan tarif 150.000 rupiah per orang, sedangkan untuk panjat tebing adalah Rp100.000 per orang.

Rute ke gunung hawu diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk berjalan kaki ke lokasi ini, namun pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan bermotor menuju tempat ini.

Tempat gunung hawu ini berada di belakang tebing citatah yang berada di gunung batu kapur singgalang. Jam operasional di gunung hawu dimulai jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

3 Sanghyang Heuleut Cipatat

Sanghyang-Heuleut-Cipatat

Lokasi tempat ini adalah sebuah kolam atau lagunya kecil dimana sekeliling tempat ini dikelilingi oleh tebing-tebing, air terjun maupun hutan dengan pepohonan yang rimbun. Berada di kawasan cipatat di bandung sebelah barat.

Air dari sanghyang heulang ini mengalir ke arah sungai citarum yang digunakan juga sebagai pembangkit listrik tenaga air di daerah ini.

Menurut penelitian para ahli sanghyang heulang merupakan kolam yang didirikan pada zaman prasejarah hal hal ini berdasarkan penulusuran geografis para ahli.

Sanghyang heulang  menurut cerita masyarakat setempat merupakan wisata alam di bandung yang dahulu kala merupakan sebuah kolam tersembunyi, yang digunakan sebagai pemandian bidadari dari kayangan.

Tidak salah rasanya apabila tempat ini diberi nama sanghang yang mempunyai arti “suci” dan yang mempunyai arti selang diantara dua waktu atau dunia, di mana menggambarkan kesakralan tempat pemandian ini.

Sanghyang heulang  merupakan lokasi yang mempunyai aura mistis serta keindahan alam yang sulit digambarkan oleh kata-kata, keindahan yang sangat direkomendasikan untuk dilihat secara langsung.

Rute ke sanghyang heuleut cipatat : termudah adalah dari PLTA saguling, lokasi sanghyang heulang terletak kurang lebih 5 km dari PLTA Saguling.

Anda dapat menuju ke arah hutan yang mana mempunyai arah berlawanan dengan aliran sungai dengan jarak tempuh 1 km. kemudian anda dapat melewati gua sanghyang poek dari lokasi tersebut anda hanya perlu berjalan sekitar 2 KM untuk sampai di sanghyang heuleut.

Harga tiket masuk ke sanghyang heuleut cipatat ini adalah gratis tetapi pengunjung akan dikenai biaya parkir rp8.000 per orang.

4. Gunung Batu Lembang Yang Dramatis

Gunung-Batu-Lembang

Apabila anda ingin menguji adrenalin, maka gunung batu merupakan lokasi yang tepat untuk anda. berada di dataran tinggi bandung menjadikan lembang sebagai lokasi yang sempurna bagi anda pecinta wisata gunung.

Perlu untuk diketahui jika struktur gunung batu ini terdiri dari batu-batu mulai dari dasar hingga sampai ke puncaknya.

Pemandangan lain yang dapat anda jumpai ketika berada di puncak tertinggi gunung ini adalah pemandangan gunung lainnya seperti gunung putri, palasari dan gunung tangkuban perahu.

Gunung batu ini sering menjadi lokasi untuk camping terbaik sembari melihat matahari terbit, inilah yang menjadi salah satu kelebihan gunung Batu.

Rute menuju ke gunung batu lembang : apabila anda berada di pasar lembang maka anda dapat menggunakan angkutan umum atau bis yang berjarak kurang lebih 3 km.

Kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan umum lagi seperti delman ataupun ojek yang biasanya lewat tiap 15 menit sekali.

Biaya naik delman atau gojek ini berkisar antara 10.000 rupiah. Ketika tiba di kawasan gunung batu maka kendaraan tidak dapat masuk, untuk mencapai puncak anda hanya perlu mendaki gunung selama kurang lebih 20 menit saja.

5. Gua Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek : Si Duo Maut Dari Cipatat


Gua-Sanghyang-Tikoro

Tidak hanya sanghyang dewi saja destinasi wisata alam di bandung yang ada di kawasan ini, selain itu ada juga sanghyang tikoro juga sanghyang poek yang memiliki pemandangan indah di kawasan cipatat di kawasan PLTA saguling.

Gua yang mempunyai lokasi yang dalam satu kawasan ini mempunyai aliran air yang sangat jernih juga pemandangan sekitar yang mempesona.

Arti nama dari sanghyang tikoro adalah “Rongga suci”, yang merupakan sebuah gua yang memiliki sungai mengalir di dasarnya.

Tempat ini terbentuk dari lava yang membeku ketika terjadi letusan gunung berapi sehingga membentuk gua yang memiliki stalaktit ini.

Adapun jarak sanghyang poek dari tikoro dapat ditempuh dalam 15 menit lokasi tempat ini, berbeda dengan tempat lainnya karena mempunyai lenscape diagonal atau miring.

Dalam bahasa sunda poek mempunyai arti gelap, hal ini bisa dimaklumi karena ketika anda masuk dalam gua hingga keujung gua, maka keadaan gelap gulita akan anda jumpai.

Apabila anda menyukai tantangan maka tak ada salahnya berkunjung ke gua ini.

Rute menuju ke sanghyang poek dan gua sanghyang tikoro : Apabila anda berada di kota bandung maka anda dapat menuju ke arah padalarang sampai di kawasan rajamandala.

kemudian anda dapat menuju ke PLTA saguling dari situ kemudian anda dapat berjalan kaki menuju lokasi ini.

6. The Lodge Maribaya Tempat Petualangan Seru di Tengah Alam Bandung


The-Lodge-Maribaya

Anda akan dapat merasakan kepuasan tersendiri bila bertualang di alam terbuka, juga ketika berada di bumi perkemahan yang berada di dataran tinggi ini.

Kawasan ini merupakan kawasan untuk kemping biasa, berbagai fasilitas berkemah maupun tracking sudah disediakan oleh pengelola tempat ini.
Tempat ini didesain untuk menambah pengalaman anda ketika berada di alam terbuka.

Selain itu tempat ini berada di sekeliling hutan pinus, yang dekat dengan air terjun Maribaya dengan pemandangan gunung yang menakjubkan.

Wisata alam di bandung seperti the lodge maribaya ini menyediakan tempat yang sejuk dan segar.

Selain anda dapat bersantai tempat ini menyediakan berbagai fasilitas menginap, tempat untuk pesta dan tempat makan.

Lokasi tempat the lodge maribaya berada di jalan maribaya timur nomor 149/252, kabupaten bandung barat provinsi jawa barat.

Harga tiket masuk ke lokasi ini Rp20.000 di hari biasa sedangkan di akhir pekan adalah Rp25.000.

Wahana bermain skytree rp15.000, wahana bermain baik 20.000, wahana bermain skipping 20.000 per orang. Dengan jam operasional dibuka mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Demikianlah rekomendasi wisata alam di bandung yang dapat kami sajikan untuk anda, silakan share ke rekan atau teman Anda apabila artikel ini bermanfaat titik

Posting Komentar untuk "6 Wisata Alam di Bandung yang Eksotis dan Romantis"