Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penginapan di Indonesia dan Luar Negeri, Wajib kamu Ketahui Sebelum Sewa Penginapan!

Pengertian penginapan adalah sebuah akomodasi atau sarana tempat menginap pada saat bepergian atau kegiatan berlibur atau sejenis tempat tinggal ketika dalam perjalanan, yang mana seseorang harus tinggal jauh dari rumah lebih dari sehari untuk keperluan, istirahat, tempat tidur, keselamatan, penyimpanan barang, akses fungsi umum pada rumah tangga, sebagai sarana berteduh dari hujan dan suhu dingin.

Penyedia akomodasi penginapan serta penunjang kebutuhan tamu lainnya merupakan pengertian dari sebuah penginapan atau arti penginapan.

pengertian-penginapan

Pada umumnya penginapan dapat dilakukan pada apartemen, resort, hotel, villa, guesthouse, dan lain sebagainya. 

Kegiatan yang dilakukan di penginapan biasanya beristirahat dan berbaring di tempat tidur atau pada sebuah kasur. Ada pula kasur udara yang disediakan oleh beberapa jenis kereta api yang menyediakan tempat tidur berbaring.

Terkadang penginapan juga dapat dilakukan dengan tidur sambil duduk ini dikarenakan tidak memungkinkan untuk berbaring contohnya adalah sebuah kereta api, mobil, bus atau ketika duduk di ruang tunggu,di taman di jalan atau kursi dengan pengaturan recline yang mana membolehkan sesuatu antara duduk ataupun berbaring dimana kenyamanannya tergantung dari tata letak.

Arti penginapan atau akomodasi 

Arti penginapan secara umum merupakan sebuah bangunan atau sebagian bangunan yang mana disediakan secara khusus, yang mana bisa digunakan sebagai sarana tempat tinggal sementara waktu dengan membayar uang sewa. 

Pada umumnya penginapan adalah salah satu bentuk akomodasi seseorang yang melakukan aktivitas ataupun kegiatan yang dilakukan diluar rumah atau bukan pada tempat tinggal sehari-hari seperti di luar kota, ketika berwisata, melakukan perjalanan bisnis serta pertemuan lainnya.

Berikut ini adalah jenis-jenis penginapan 

Terdapat beberapa jenis penginapan atau akomodasi yang pada umumnya biasa disewakan atau digunakan sebagai sarana menginap atau tinggal sementara berdasarkan pelayanan, fasilitas serta harga sewa.

 terkait dengan penginapan, terdapat pengertian okupansi yang merupakan sejumlah unit kamar yang sudah di sewa atau sudah di huni di dalam sebuah tempat penginapan. 

Berikut ini adalah contoh beberapa jenis penginapan di indonesia :

Hotel 

Hotel merupakan sebuah usaha yang biasanya menggunakan suatu bangunan atau sebagian dari bangunan yang disediakan secara khusus, setiap orang dapat pelayanan, fasilitas, makan serta diperbolehkan menginap dengan melakukan pembayaran. 

Hotel terdiri dari dua jenis kategori yaitu hotel berbintang serta hotel non bintang, perbedaannya adalah fasilitas dan layanan yang diberikan. 

Boutique hotel 

Boutique hotel merupakan sebuah hotel dengan jumlah kamar yang tidaklah terlalu banyak dan fungsinya dikhususkan untuk memanjakan tamu yang menginap.

Boutique hotel ini merupakan sebuah sarana penginapan yang di desain seperti hotel dengan bangunan sangat mewah dan modern, biasanya jumlah kamar hanya tersedia 10 sampai 50 kamar sehingga menjadikan harga sewa di boutique hotel mahal. 

Resort 

Resort merupakan sebuah penginapan yang yang biasanya dibangun di daerah dengan pemandangan alam yang sangat indah, tempat tersebut biasanya berada di daerah pegunungan ataupun pantai. 

Resort biasanya mempunyai fasilitas yang mengedepankan beberapa unsur rekreasi seperti sarana hiburan, tempat olahraga, tempat berbelanja serta lokasi taman bermain anak.

Bungalow atau cottage 

Bungalow atau biasanya sering disebut dengan cottage mirip dengan resort yaitu adalah penginapan yang yang biasanya berada di daerah ah pegunungan, danau dan pantai dengan desain bangunan biasanya terpisah seperti pondok. 

Cottage biasanya disewakan untuk keluarga atau rombongan serta dilengkapi dengan beragam pelayanan dan fasilitas rekreasi.

Villa 

Pengertian penginapan villa merupakan sebuah tempat menginap berbentuk rumah hunian dan biasanya disewakan sebagai sarana tempat tinggal sekaligus lokasi berlibur. 

Pada umumnya bila lokasinya berada di daerah yang cukup jauh dari keramaian seperti didaerah pantai dan didaerah pegunungan yang mana mempunyai pemandangan alam nan indah serta berhawa sejuk segar. 

Losmen 

Pengertian penginapan losmen adalah sebuah sarana menginap yang mana menggunakan seluruh atau sebagian bangunan dan yang disewakan untuk orang yang datang beristirahat sementara waktu dengan atau pun tanpa fasilitas makan dan minum.

Inn 

Inn merupakan sebuah tempat penginapan yang yang mirip dengan losmen yang mana menyediakan penginapan, minum dan makan serta pelayanan umum lainnya. 

Inn biasanya disewakan untuk orang-orang yang singgah sementara waktu dalam tempo yang terbatas.

Motel 

Sebenarnya motel adalah singkatan dari motor hotel yang merupakan sebuah sarana menginap yang berada diluar kota serta berada di pinggir jalan raya. 

Biasanya jenis penginapan seperti ini ini dikhususkan untuk mereka yang berada dalam perjalanan antar kota serta butuh menginap. 

Motel biasanya mirip dengan hotel, namun memiliki lokasi tempat parkir mobil yang cukup dekat dengan kamar.

Guesthouse 

Guesthouse adalah sebuah sarana menginap yang biasanya berupa rumah dengan beberapa kamar yang disewakan untuk umum. 

Pada umumnya harga sewa penginapan di guesthouse ini cukup murah sehingga sangat tepat di sewa apabila anda bersama dengan rombongan. 

Homestay 

Biasanya homestay adalah tempat menginap yang mirip dengan ghost house, sebuah sarana menginap yang yang bermula dari rumah masyarakat umum namun telah ditingkatkan fasilitas dan prasarananya, sehingga memenuhi beberapa syarat kesehatan dan dapat disewakan kepada wisatawan.

Dormitory atau hostel 

Hostel merupakan sebuah penginapan yang mana mirip dengan asrama, sebuah kamar bisa dipergunakan untuk beberapa orang sekaligus lengkap dengan beberapa tempat tidur. 

Tempat penginapan hostel ini sangat tepat untuk rombongan ataupun para backpacker yang ingin menghemat biaya pengeluaran ketika berlibur atau berada di luar kota.

Apartemen 

Biasanya apartemen juga menyewakan sarana tempat tinggal sementara di dalam sebuah unit tersendiri untuk sejumlah orang, lengkap dengan kelengkapan rumah tinggal pada umumnya seperti contoh ruang makan, tidur dan dapur.

Penginapan remaja 

Penginapan jenis ini adalah sebuah jasa pelayanan tempat menginap dikhususkan untuk remaja, sebagai sarana akomodasi dalam kegiatan pariwisata seperti rekreasi sehingga dapat memperluas pengalaman dan dan pengetahuan.

Pondok wisata 

Pondok wisata adalah sebuah jasa pelayanan tempat menginap untuk umum umum yang biasanya dilakukan oleh perorangan dengan menggunakan sebagian ataupun terkadang menggunakan seluruh tempat tinggalnya. Biasanya biaya sewa di pondok wisata dilakukan secara harian. 

Perkemahan 

Perkemahan merupakan sebuah sarana menginap di alam terbuka yang mana menggunakan tenda ataupun kereta gandengan yang dibawa sendiri sebagai lokasi menginap.

Berikut ini adalah contoh beberapa jenis penginapan di luar negeri: 

Ryokan 

Ryoken merupakan sebuah sarana menginap yang ada di jepang lengkap dengan fasilitas pelayanannya yang masih sesuai dengan tata cara kehidupan jepang seperti duduk bersimpuh atau bersila di lantai, minum teh, menggunakan baju kimono dan lain sebagainya.

Minshuku 

Minshuku adalah sebuah tempat menginap mirip losmen yang berada di pesisir, biasanya berada di wilayah pedesaan para nelayan di negara jepang. 

Schutzhutte 

Schutzhutte merupakan sebuah sarana menginap yang berada di pegunungan alpen, pada umumnya wisatawan yang berkunjung kesana melindungi diri dari serangan angin ribut, salju dan topan terutama para olahragawan ski dan para pekerja yang berada di daerah pegunungan tersebut.

Hospiz 

Hospiz adalah sebuah sarana menginap yang berada di pegunungan eropa, biasanya ada di wilayah pegunungan alpen. 

Rooming house 

Merupakan sebuah bangunan ataupun bagian dari suatu bangunan namun tanpa perlengkapan ataupun peralatan yang disewakan. 

Biasanya rooming house disewakan untuk waktu yang cukup pendek kepada lebih dari 2 orang penyewa dan biasanya bukan anggota keluarga pemilik dari bangunan itu. 

Kurhotel atau kurpension

Kurhotel atau kurpension merupakan tempat menginap yang biasanya terletak di daerah wisata kesehatan. 

Terdapat fasilitas pemandian air yang mengandung mineral serta pengobatan khusus yang sesuai dengan petunjuk dokter atau ahli. 

Foresteire 

Foresteire merupakan sebuah tempat menginap dengan bangunan yang biasanya berada di pinggir hutan ataupun lereng lereng pegunungan dengan perabotan sederhana. 

Fasilitas penginapan di sini menyediakan makanan dan biasanya disewakan untuk beberapa hari ketika berlibur melintasi hutan, perbatasan dan gunung.

Pension 

Pension merupakan sebuah tempat penginapan berupa rumah yang diperuntukkan wisatawan di eropa dengan harga sewa yang murah namun tetap menyediakan sarapan pagi untuk tamu dengan biaya terjangkau. 

Holiday center 

Holiday center atau pusat peristirahatan merupakan sebuah penginapan berupa sekelompok bangunan yang menjadi di satu kesatuan unit.

Adapun fasilitas yang diberikan adalah tempat makan, fasilitas olahraga, fasilitas rekreasi dan hiburan.

Holiday homes 

Holiday homes merupakan sebuah tempat penginapan yang berupa perumahan di daerah pedesaan, lereng gunung ataupun tepi pantai di eropa. 

Penginapan ini biasanya disediakan oleh organisasi bantuan untuk keperluan keluarga yang memerlukan sebuah rumah peristirahatan ketika musim libur. Harga sewa penginapan ini ini cukup murah namun sesuai dengan kesepakatan.


Posting Komentar untuk "Pengertian Penginapan di Indonesia dan Luar Negeri, Wajib kamu Ketahui Sebelum Sewa Penginapan!"