Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Cabe di Polybag Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat

Artikel kali ini akan membahas tentang cara menanam cabe di polybag agar cepat tumbuh dan berbuah lebat, karena cara ini sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah atau di kebun

Seperti kita ketahui bersama bahwa hampir setiap masakan di Indonesia pasti menggunakan bahan utama yaitu cabe.

cara-menanam-cabe-di-polybag

Cabe memang sudah bukan menjadi bahan tambahan ataupun pelengkap namun bahan utama, karena mayoritas masyarakatnya yang memang menyukai makanan pedas.

Ada baiknya kita mengetahui jenis jenis cabe yang biasa ada di pasaran yaitu : cabe rawit, cabe kecil, cabe keriting, cabe hijau, cabe domba, cabe jalapeno, cabe artur, cabe gendot, dan paprika.

Langkah Langkah menanam di polybag yang baik dan benar :

Setelah mengetahui  beberapa jenis cabe sekarang adalah menentukan jenis cabe apa yang akan ditanam.

Menanam cabe dalam polybag memang sangat efektif apalagi untuk masyarakat daerah perkotaan.

Secara umum biasanya cabe ditanam di ketinggian 0 – 2000 meter diatas permukaan laut dengan suhu 24 – 27 derajat celsius. 

Untuk cabe rawit sendiri termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan bisa tumbuh dimana saja. 

Namun akan lebih optimal pertumbuhan cabe rawit apabila ditanam di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0 – 500 mdpl. 

Tanaman ini juga memerlukan sinar matahari yang cukup, idealnya 8 jam perhari.

a. Persiapan bahan bahan 

Sebelum memulai penanaman siapkan dahulu bahan bahan yang dibutuhkan antara lain :                                   

Bibit cabe, media tanam, polybag, semprotan, sarung tanam, sekop kecil, pupuk.

b. Tahap menanam cabe di polybag

Untuk melakukan penanaman tanaman cabe di polybag agar mendapatkan hasil yang optimal, maka ikuti langkah langkah berikut ini  :

1. Penyemaian

Lakukan penyemaian benih cabe agar tanaman cepat tumbuh, caranya siapkan polybag sebagai tempat penyemaian, kemudian masukkan tanah dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1.

Langkah selanjtnya adalah selama satu minggu lindungi polybag dari hujan dan sinar matahari yaitu dapat dengan cara memberi perlindungan dengan jaring paranet.

Selanjutnya selama 3 jam rendam bibit cabe menggunakan air hangat, setelahnya letakkan dalam polybag dan ditutup kembali dengan tanah sedalam 1 cm . 

Tunggu hingga benih mulai berkecambah dalam waktu sekitar 4 minggu.

2. Siapkan polybag

Setelah benih tumbuh pindahkan ke polybag yang sudah tersedia. Pastikan polybag mempunyai lubang drainase untuk mencegah pembusukan. 

Selanjutnya isi pot dengan media tanam, komposisi apa saja media tanam untuk tanaman cabe? untuk komposisi media tanam sendiri ada beberapa pilihan diantaranya : campuran tanah dan kompos (2 : 1) , campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam (1 : 1 : 1), campuran tanah dan pupuk kandang (2 : 1). 

Pilih ukuran polybag diatas 30 cm agar media tanam cukup kuat menopang pertumbuhan cabe yang lebat. 

Batasnya 5 – 10 cm dari bibir pot kemudian sebarkan bibit cabe yang sudah dipilih ke media tanam.

3. Penyiraman

Lakukan penyiraman rutin pada pagi dan sore hari dengan cara disemprot agar bibit tidak berubah posisi. 

Penyiraman cukup dilakukan dua hari sekali untuk menjaga kelembapan tanah, bila matahari bersinar terlalu terik penyiraman dapat dilakukan setiap hari.

4. Pemindahan

Setelah kari keempat daun daun pada tanaman cabe biasanya mulai tumbuh. Saat akan memindahkan ke dalam pot lain lakukan secara hati hati jangan sampai merusak akarnya.

5. Pengajiran

Pengajiran adalah alat penegak dari batang bambu sebagai tempat merambat tanaman. Lakukan pengajiran pada tanaman cabe setelah mencapai tinggi 20 cm.

6. Perompesan

Perompesan dilakukan agar tanaman tumbuh subur selain itu perompesan juga berguna supaya tanaman tidak tumbuh ke samping ketika batang belum kuat menopang. 

Biasanya perompesan dilakukan mulai hari ke 20 setelah penanaman, dengan cara menghilangkan tunas tunas muda yang tumbuh di ketiak daun sampai tiga kali hingga berbentuk cabang.

7. Pemberian pestisida

Segera semprotkan pestisida alami pada daun cabe yang terlihat ada hama putih, bahan untuk membuat pestisida alami pun bermacam macam seperti tomat, daun pepaya dan sebagainya.

Demikian ringkasan tentang cara menanam cabe di polybag yang baik dan benar agar tumbuh cepat dan berbuah lebat, semoga bermanfaat dalam mempraktekkan sendiri di rumah.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Cabe di Polybag Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat"