Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Saham Di Bank BRI - Mudah Untuk Pemula

Cara menanam saham di bank BRI saat ini termasuk mudah untuk dilakukan bahkan untuk para pemula sekalipun.

Tahukah kamu dengan modal dana yang kita miliki, kita mampu menjadi pengusaha sekaligus pemilik perusahaan. 

Yaitu dengan cara menanam investasi saham di perusahaan yang kita inginkan. Maka dari itu pelajari cara berinvestasi saham di bank, baik bank BRI maupun bank lainnya.

cara menanam saham di bank bri

Memiliki saham sama juga memiliki bagian perusahaan, yang dikembangkan dengan meningkatkan jumlah saham yang dibeli.

Namun sebelum kamu mendirikan sendiri perusahaan ada baiknya mulai berinvestasi saham.

Cara investasi saham di BRI

BBRI adalah nama saham BRI yang menjadi favorit di bursa efek  Jakarta, sebagaimana diketahui bahwa BRI merupakan salah satu bank milik negara dengan aset besar mencapai  1.416,76 triliun pada 2019.

Walaupun akibat pandemi BBRI mengalami perlambatan ekonomi, namun diperkirakan akan mampu pulih dengan cepat. 

Berikut adalah cara-cara menanam investasi di BBRI :

1. Langsung mendatangi perusahaan sekuritas

Jual beli saham hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang mendapat izin melakukan transaksi jual beli saham, jadi kita tidak bisa datang langsung ke Bursa Efek (BE) dan membeli saham.

Cara investasi saham melalui perusahaan sekuritas di bank BRI yaitu sebagai berikut :

  1. Karena setiap perusahaan sekuritas mempunyai minimal deposit yang berbeda, maka siapkan dana yang akan diinvestasi.
  2. Siapkan data diri untuk mendaftar sebagai investor.
  3. Cari informasi tentang perusahaan sekuritas yang sesuai kriteria kamu, cek legalitasnya dan pastikan perusahaan apakah tergabung dalam anggota OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ).setelah memastikan semua kemudian datangi perusahaannya dengan membawa serta data kelengkapan 
  4. Isi formulir pendaftaran diri yang diperlukan untuk membuka rekening data investor (RDI) serta tak lupa untuk menandatangani dokumen yang disepakati calon investor.
  5. Setelah selesai proses pendaftaran maka kamu akan mendapat RDI yang digunakan untuk menyetorkan deposit atau dana awal investasi
  6. Apabila deposit pada RDI telah diisi maka kamu sudah bisa mulai membeli saham di Bank BRI, dengan pembelian minimal 1 slot( 100 lembar).
  7. Pembelian saham Bank BRI bisa juga dilakukan dengan pembelian saham kepada broker.dana yang diinvestasikan bisa pada satu emiten atau beberapa emiten sekaligus.

2. Membeli saham di Bank BRI secara online

Berinvestasi secara online dilakukan melalui aplikasi ajaib sehingga bisa menghemat waktu karena semua proses pembuatan RDN sudah dilakukan secara online, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu download aplikasi Ajaib dari playstore atau app store
  2. Kemudian buat akun saham (rekening saham)online seperti pada panduan aplikasi
  3. Setelah selesai langkah 2 diatas,transfer deposit ke RDN (Rekening Dana Nasabah) milikmu,tidak ada minimal deposit di Ajaib. 
  4. Untuk membeli saham BRI cek dahulu harga saham perlembarnya dan sesuikan dana deposit yang diperlukan. Kamu sudah bisa melakukan transaksi jual beli saham setelah melakukan deposit. Dari daftar saham pilihlah saham yang akan dibeli. Hendaknya lebih baik bila mengetahui kode saham perusahaan yang akan dibeli. seperti saat akan membeli saham BRI ketikkan kode BBRI pada kolom pencarian maka akan mumcul seluruh informasi mengenai saham terkait.
  5. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, jual beli saham secara langsung dapat dilakukan pada aplikasi tanpa memberi perintah pada broker saham.

Langkah-langkah melakukan jual beli saham secara online :

  • Investor baru dapat melakukan jual beli saham pada bank BRI setelah memiliki rekening dan mengisi deposit pada RDN (Rekening Dana Deposit). Sebelum melakukan jual beli saham, kamu harus memiliki rekening saham. Karena rekening saham ini merupakan tempat penyimpanan saham-saham yang telah dibeli,berbeda fungsi dengan RDN yang hanya untuk menyimpan deposit.
  • Masukkan sahan BBRI ke dalam watchlist untuk memudahkan memantau harga saham, dan menentukan ingin membeli saham pada harga berapa.
  • Geser atau swipe ke kiri pada BUY( beli) bila ingin membeli saham BBRI pada watchlist kamu.
  • Kamu bisa langsung membeli dan memiliki saham BBRI bila menawar sesuai harga saham yang berlaku saat itu, namun kamu harus menunggu hingga harga saham turun dan sesuai harga yang kamu ajukan bila kamu menawar harga lebih rendah dari harga yang berlaku, bahkan kamu juga harus menunggu sampai pemilik saham menjual sahamnya di angka yang kamu ajukan.

Reksa Dana Saham

Reksadana saham adalah cara menanam saham di bank bri lainnya selain cara menanam saham di bank bri yang juga sudah tersedia di aplikasi Ajaib, biasanya reksa dana saham digunakan oleh pemula yang belum memahami tentang cara bermain di dunia investasi.

Reksa Dana juga memungkinkan sistem dana patungan dari para investor yang dikelola oleh perusahaan Reksa dana untuk diinvestasikan pada perusahaan saham.

Nominal minimal deposit yang lebih rendah merupakan kelebihan yang ditawarkan oleh Reksa Dana, yaitu mulai 10.000 ; 100.000 ; atau 1.000.000 saja. Sehingga memang sangat cocok untuk investor pemula, karena bersifat lebih praktis dan efisien.

Selain itu dana akan dikelola oleh manager investasi yang lebih berpengalaman dalam jual beli saham , sehingga investor tidak harus mempelajari strategi investasi .

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Saham Di Bank BRI - Mudah Untuk Pemula"