Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Angkung Dari Biji Yang Baik Dan Benar

Cara menanam angkung - Pohon angkung atau ada juga yang mengenal sebagai pohon gendola.

Yang lain menamai bayam jepang adalah termasuk tanaman yang merambat dan berbatang lunak yang terkenal memiliki efek khasiat penyembuhan terhadap berbagai jenis penyakit.

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah basella alba ini termasuk tanaman yang belum begitu populer di tanah air, namun dalam beberapa tahun belakangan sudah mulai dilirik dan diminati untuk ditanam.

cara menanam angkung

Hal ini dikarenakan angkung dipercaya mempunyai efek khasiat obat, selain itu juga karena tanaman ini juga sangat cantik. Sehingga banyak diminati juga sebagai tanaman hias, dengan wujud daun yang bulat dan tebal .

Selain itu banyak juga yang sudah menjadikannya sebagai makanan yaitu dijadikan sebagai lalapan atau sayuran.

Selain untuk lalapan, ternyata tanaman angkung mempunyai berjuta manfaat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Simak informasinya dibawah ini :

Baca juga : Penasaran.. Apa Saja Manfaat Biji Angkung, Simak Disini!!

Tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara dan Afrika ini sekarang sudah banyak menyebar ke berbagai negara diantaranya Australia, Eropa, Amerika dan negara-negara lain di penjuru dunia.

Di dalam bahasa inggris angkung dikenal juga memiliki nama Malabar Spinach, Buffalo Spinach, Vine Spinach, Creeping Spinach, Ceylon Spinach dan Climbing Spinach.

Mengenal manfaat dari biji angkung

Ternyata di dalam dunia kesehatan tanaman angkung memiliki fungsi dan manfaat yang luar biasa. Beberapa fungsi yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Tanaman angkung dapat dimanfaatkan sebagai pencegah asam urat, dengan cara menjadikannya minuman herbal.
  • Tanaman ini juga dapat membantu mengobati penyakit demam berdarah.
  • Dikarenakan semua bagian dari tanaman angkung ini mengandung zat untuk melarutkan gumpalan yang ada di pembuluh darah, maka tak heran bila akhirnya dikenal sebagi tanaman “anti stroke”
  • Khasiat lain yaitu membantu menyembuhkan radang selaut otak, dan di China hal ini sudah terkenal sejak lama.
  • Manfaat lain adalah dapat diolah menjadi minuman herbal berkhasiat bagi kesehatan, pil, serbuk dan lain lain.

Gizi yang terkandung dalam pohon angkung

Tanaman yang dikenal sebagai bayam Jepang ini ternyata memiliki kandungan gizi yang luar biasa diantaranya zat besi dan kalsium, vitamin A dan C.

Selain itu juga mengandung senyawa phenolic phytochemicals serta kandungan antioksidan yang tinggi. 

Secara volume tanaman bayam malabar ini justru memiliki kalori yang rendah, namun tinggi protein per kalori. 

Maka tak heran bila tanaman ini diluar negri menjadi sayuran favorit yang sering disajikan sebagai salad.

Namun sayang sekali karena tanaman ini yang termasuk sebagai tanaman yang mudah tumbuh subur apalagi di negara ini, maka orang-orang justru menjadikannya sebagai tanaman hias saja.

Hal ini dikarenakan cara menanam angkung ini sangat mudah bahkan banyak yang membiarkannya tumbuh liar dan dilupakan, beberapa hanya menanam karena hobi semata.

Faktor yang memicu hal-hal tersebut terjadi mungkin juga karena banyak yang belum faham jika tanaman ini bisa sangat bermanfaat. 

Baik sebagai makanan, obat berbagai jenis penyakit, juga minuman herbal yang menyehatkan.

Baca juga : Cara Budidaya Vanili yang Baik dan Benar Supaya Cepat Berbuah

Macam varietas bayam malabar

cara menanam angkung yang baik dan benar

Bayam malabar ini memiliki dua macam varietas yaitu angkung hijau dan angkung merah, dilihat dari bentuk dan sifat kedua varietas adalah sama persis, hanya pada warna saja sebagai pembedanya.

Angkung merah memiliki nama ilmiah basella Rubra atau sering juga disebut sebagai gendola merah, warna dari batang pohonnya adalah merah kejinggaan. 

Sungguh cantik apabila dijadikan sebagai tanaman hias yang merambat yang bisa juga mempercantik pagar baik dihalaman maupur di pagar.

Untuk khasiat sudah disebutkan adalah sama, yaitu sama-sama mengandung zat dan senyawa aktif yang hampir identik. 

Sedangkan untuk kandungan iron, kalsium serta vitamin A dan C adalah sama tinggi.

Baca Juga : Cara Budidaya Pohon Pisang Agar Cepat Besar dan Berbuah Lebat

Pembudidayaan pohon angkung

Perbanyakan dan pembudidayaan pohon angkung ada dua cara yaitu dengan stek batang dan juga biji. 

Untuk penanamannya bisa langsung ditanam di tanah maupun di dalam pot, dikebun juga di halaman.

Tehnik dan cara penanaman pohon angkung

  • Langkah pertama sebelum penanaman, terlebih dahulu harus disiapkan media penanaman yaitu berupa tanah gembur, atau bisa juga campuran antara tanah, kompos dan air
  • Untuk tehnik dan cara penanaman dengan biji sebaiknya biji direndam dulu selama kurang lebih setengah sampai satu hari, dimaksudkan agar mempercepat tumbuhnya perkecambahan, akan lebih baik lagi apabila dipecahkan terlebih dahulu kulit bijinya, atau jika memungkinkan diretakkan kulit bijinya namun harus tetap dijaga agar jangan sampai merusak inti bijinya.
  • Selanjutnya adalah tanam biji yang telah direndam dalam air hangat tadi sedalam ¼ inch kedalam tanah gembur. Akan lebih baik bila tidak langsung ditanam di tanah, tetapi gunakan terlebih dahulu media tanam untuk pembenihan, yaitu dengan menggunakan bekas aqua gelas, bekas botol aqua atau bisa juga wadah yang lain.
  • Untuk menjaga agar kondisi tanah tidak sampai kering lakukan penyiraman setiap hari, sehingga dalam waktu 2 - 3 minggu biasanya tunas akan mulai tumbuh.
  • Setelah  berusia 3 - 4 minggu pohon sudah bisa dipindah baik ke dalam pot atau bisa juga langsung ditanam di halaman atau dikebun.
  • Untuk Tehnik tanam metode stek, caranya lebih mudah lagi yaitu potong batangnya dengan menggunakan baik pisau atau gunting taman sekitar satu jengkal tangan, kemudian buang daunnya, lalu tanam.
  • Penanaman bisa langsung di dalam tanah atau bisa juga di dalam pot. Usahakan selama 2-3 minggu setelah tanam stek batang jangan langsung terkena sinar matahari. Untuk menjaga kelembapan tanah lakukan penyiraman secara rutin.
  • Bila hal ini dilakukan maka dalam waktu kurang lebih 3 minggu tunas baru akan mulai tumbuh.
  • Tancapkan kayu di dekat tanaman supaya bisa merambat, namun bila menanamnya di dekat pagar maka tidak perlu lagi menggunakan kayu tancapan.

Berbagai cara mengkonsumsi bayam jepang

Cara mengkonsumsi daun bayam jepang atau pohon angkung ini bisa dengan berbagai cara, baik melalui proses pemasakan, seperti tumis sayur; sayur bening atau secara langsung yaitu sebagai bahan lalapan.

Bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai bahan campuran masakan lain seperti udang, kepiting, ikan atau bahan lain yang sesuai dengan selera masing - masing.

Untuk konsumsi di bidang pengobatan, saat ini sudah banyak pohon angkung yang diekstrak dalam bentuk kapsul.

Cara minum biasanya dengan dibuka terlebih dahulu cangkang kapsulnya, kemudian dilarutkan dalam segelas air (biasanya air hangat), kemudian minum. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah kapsul ekstrak pohon angkung setiap menjelang tidur malam, lakukan rutin setiap hari sampai keluhan yang anda derita dan rasakan telah menghilang.

Demikian tadi info seputar cara menanam angkung, apabila artikel ini bermanfaat silahkan kalian share di media sosial kalian!

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Angkung Dari Biji Yang Baik Dan Benar"