Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Sengon Dari Biji Supaya Cepat Besar

Cara menanam sengon dari biji agar cepat besar tentunya tentunya dapat dilakukan dengan mudah, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah modal serta tekad dan niat yang kuat kemudian selalu mengontrol semua proses dari penanaman sampai dengan perawatan pohon sengon.

Sengon atau yang mempunyai nama lain albasia merupakan salah satu jenis tanaman pohon yang oleh masyarakat banyak digunakan kayunya untuk dimanfaatkan sebagai pembuatan furniture.

cara menanam sengon

Harga jual yang sangat tinggi dari jenis kayu pohon sengon ini tentunya  merupakan peluang yang sangat menguntungkan untuk petani sengon.

Kayu dari pohon sengon apabila dirawat dengan benar maka dapat tumbuh hingga mencapai 31 sampai 46 meter, sedangkan untuk diameter batang pohonnya dapat mencapai 71 hingga 81 cm.

Kebanyakan masyarakat sudah mengetahui jika kayu pohon sengon dapat diolah menjadi beragam perabotan rumah tangga,furniture serta bahan baku kertas yang yang banyak beredar di sekitar kita.

Kebutuhan kayu pohon sengon tiap tahun mencapai 500.000 m3, tentu ini jumlah yang cukup besar. Jadi apabila anda memutuskan untuk melakukan budidaya sengon maka prospek dan keuntungan yang didapat tentu sangat menggiurkan.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan apabila menanam sengon agar mendapatkan kualitas pohon yang besar adalah sebagai berikut:

Siapkan biji sengon berkualitas untuk pembibitan

cara menanam sengon dari biji

Dibutuhkan sebuah kesabaran, ketelatenan serta kesungguhan dalam menanam pohon sengon ini.

Teknik budidaya pohon sengon yang dimulai dari biji dibutuhkan biji sengon yang berkualitas tentunya yang didapatkan dari indukan yang yang berkualitas, serta yang perlu diperhatikan adalah jumlah biji disesuaikan dengan luas lahan dan yang akan ditanami pohon sengon.

Teknik untuk mempercepat berkecambahnya biji sengon adalah dengan melakukan perendaman biji sengon tersebut dalam air mendidih selama kurang lebih 16 sampai 30 menit. Apabila sudah maka lakukan perendaman biji sengon tersebut selama 1 hari dalam air dingin.

Lahan yang memadai

Berikutnya hal yang wajib diperhatikan adalah lahan yang memadai dimana tentunya harus berada di lokasi yang dapat menunjang pertumbuhan bibit sengon secara signifikan.

Kondisi lahan yang bagus adalah lokasinya dapat dijangkau dengan mudah serta dekat dengan sumber air, tanah yang subur biasanya bebas dari kandungan tanah liat.

Sangat diupayakan untuk pemilihan lahan yang berada ada dekat dengan jalan angkut, dikarenakan nantinya dapat mempermudah dan mempercepat proses pengangkutan hasil tebangan pohon pinus pada saat panen.

Persiapan lahan sengon dengan baik

cara menanam sengon supaya cepat besar

Dengan mempersiapkan lahan tanam pohon sengon lebih dahulu sebelum proses penanaman pohon sengon tentu hal ini ini jauh lebih baik.

Langkah pertama yaitu dengan membersihkan lahan tanam yang dapat mengganggu serta dapat menghambat perkembangan pohon sengon seperti membersihkan gulma rumput serta hama-hama lainnya.

Lakukan penggemburan tanah dengan mencangkul atau membajak tanah tersebut, supaya kondisi tanah menjadi jauh lebih baik ketika ditanami nanti.

Tahapan menanam pohon sengon

Buatlah ajir tanam dengan cara menggunakan kayu ataupun bambu yang telah disiapkan, anjir ini mempunyai manfaat dalam mempermudah proses penanaman bibit sengon karena sudah  ada tanda ajir sebagai tempat menanam bibit sengon nanti.

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah pembuatan lubang pada tanah dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm, kemudian anda dapat memindahkan biji pohon sengon dari persemaian ke tempat penampungan bibit dan kemudian ditanam di lahan tempat tanam sengon.

Proses pemindahan bibit sengon ini haruslah wah hati-hati untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada bibit pohon sengon.

Berapa jarak tanam sengon yang di anjurkan?

Dengan luas lahan sekitar 1 hektar maka anda dapat menanam kurang lebih 1.700 bibit sengon dengan jarak tanam yang disarankan adalah 3 x 2 meter.

Dengan memperhatikan jarak tanam ini ini maka bibit sengon dapat tumbuh secara lebih sehat dan cepat besar.

Tahapan perawatan pohon sengon

Dengan melakukan perawatan secara benar dan baik tentunya pertumbuhan bibit sengon dapat tumbuh dengan lancar.

Tahapan dari perawatan bibit pohon sengon adalah mulai dari melakukan penyulaman, proses penyiangan, proses pemangkasan, proses pendangiran serta proses penjarangan.

Penyulaman merupakan sebuah proses mengganti bibit tanaman sengon yang kurang baik kondisinya atau kau sudah mati dan diganti dengan bibit pohon sengon yang lebih sehat dan lebih baik.

Penyiangan merupakan sebuah proses membersihkan tanaman pengganggu yang ada di di sekitar bibit pohon sengon supaya tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bibit sengon.

Pemangkasan merupakan sebuah proses yang dilakukan dengan memotong bagian cabang pohon sengon yang tidak berfungsi lagi.

Pendangiran merupakan tahapan untuk menggemburkan tanah pada lahan supaya struktur tanah tersebut menjadi lebih baik.

Sedangkan penjarangan adalah proses menebang pohon sengon agar jarak pohon tidak terlalu rapat atau untuk menambah ruang tumbuh pohon sengon.

Tahapan pemanenan pohon sengon

cara menanam albasia agar cepat besar

Untuk memanen pohon sengon dari mulai tanam bibit diperlukan waktu sekitar 5 sampai dengan 7 tahun. Untuk usia pohon sengon yang sudah sampai pada 7 tahun, kayu sengon dapat dimanfaatkan dan menjadi bahan baku kertas atau alat pertukangan.

Terdapat tiga teknik dalam proses penebangan tanaman pohon sengon yaitu teknik takik rebah, teknik arah rebah serta teknik taktik balik.

Penyebab kegagalan menanam pohon sengon

Pohon sengon dapat gagal tumbuh dan berkembang dengan baik apabila terserang penyakit karat yaitu itu sebuah penyakit pada pohon sengon yang sangat berbahaya yang pada umumnya merupakan pemicu kegagalan utama pertumbuhan pohon sengon.

Penyakit karat ini sangatlah berbahaya karena dapat menyerang mulai dari biji, cabang, pucuk tanaman, ranting batang, bunga bahkan hingga daun.

Pohon sengon yang terkena penyakit karat dapat dilihat secara langsung yaitu dengan adanya bengkak di semua bagian pohon sengon.

Namun hal ini dapat segera dicegah sedini mungkin pada tahap penyemaian dengan melakukan pemangkasan pada bagian pohon yang terkena serangan jamur penyebab karat tersebut.

Info harga bibit sengon serta harga jual pohon sengon

Langkah terakhir yang sangat penting dilakukan adalah penentuan harga jual bibit sengon serta harga jual pohon sengon sesudah masa panen.

Permintaan untuk bibit sengon maupun pohon sengon meningkat apabila permintaan pada saluran pemasaran dan sektor industri berjalan dengan baik, tentu kualitas produk sangat berpengaruh terhadap saluran pemasaran.

Seabiknya lakukan penjualan bibit maupun pohon sengon ketika harga pasar sedang baik agar keuntungan yang di dapat juga menjadi lebih baik.

Bila anda memiliki modal yang memadai serta lahan yang kosong, maka alangkah baiknya membudidayakan tanaman sengon.

Cara menanam sengon dari biji agar cepat besar dapat anda terapkan agar keuntungan yang didapatkan nantinya jauh lebih menguntungkan.

Jauh lebih baik lagi apabila anda melakukan ikatan kerja dengan perusahaan dengan perusahaan yang membuat alat dan perabot rumah tangga. Silahkan anda share artikel ini apabila bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Sengon Dari Biji Supaya Cepat Besar"