Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Tanaman Aquascape Dengan Pasir Malang

Artikel berikut ini akan membahas cara menanam tanaman aquascape dengan menggunakan media tanam pasir malang, karena menanam tanaman air di aquascape tentu saja berbeda dengan cara menanam tanaman darat seperti biasa yang dilakukan di kebun atau pekarangan. 

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman aquascape supaya tanaman tumbuh dengan baik. 

cara-menanam-tanaman-aquascape

Seperti penggunaan hardcape, penggunaan jenis kayu yang cocok, penggunaan jenis batu yang cocok. 

Bila semua hal ini dipenuhi maka bisa dipastikan tanaman aquascape akan tumbuh dengan indah.

Ada beberapa jenis tanaman air yang bisa digunakan di aquascape. Dari beberapa jenis tersebut mempunyai proses yang berbeda beda untuk bisa tumbuh dengan baik. 

Karenanya terlebih dahulu harus mengetahui cara menanam tanaman aquascape yang benar.

Jenis jenis tanaman aquascape

Penanaman untuk tiap jenis tanaman aquascpe kebanyakan hampir sama, berikut ini jenis tanaman aquascape beserta perawatannya :

Stem plant

Stem plant atau biasa disebut tanaman stem  termasuk tanaman yang mudah didapat juga dengan harga yang cukup murah. 

Biasanya dijual batangnya saja dan diletakkan dalam pot kecil, walaupun ada juga yang menjual utuh bersama akarnya. 

Karena tanaman ini akan tumbuh secara memanjang maka harus diletakkan di bagian belakang. 

Cara penanamannya pun mudah cukup ambil batangnya tancapkan ke substrat sedalam 2 – 3 cm dan beri jarak antar batang supaya tumbuh baik dan rapi.

Pengikatan

Cara selanjutnya yaitu dengan diikat di kayu atau di batu. Jenis tanamannya seperti anubis, buce, java fern. 

Caranya kita hanya perlu mengikat tanaman pada hardscape agar tanaman tidak mengambang. Biasanya diikat menggunakan benang.

Bulp plant

Bulp plant atau tanaman umbi ini biasanya dijual dengan diletakkan dalam pot kecil dan umbinya dibungkus dengan kapas halus. 

Karena umbi merupakan inti dari tanaman ini. Karenanya ketika kita akan menanam bersihkan umbi dengan hati hati supaya struktur umbinya tidak rusak.

Cara menanam tanaman aquascape sebenarnya mirip dengan tanaman stem. Hanya pada tanaman umbi kita harus membuat lubang untuk umbinya kurang lebih sedalam 2cm. 

Lalu tutupi dengan substrat di setiap sisi agar tidak mengambang.

Moss

Moss atau lebih dikenal dengan lumut hanya digunakan sebagai pemanis dalam aquascape, biasanya ditempatkan di hardscape seperti kayu dan batu. 

Sangat cocok bila ditempatkan di tempat gelap karena akan terlihat indah dan mencolok dengan warna hijaunya saat nanti tumbuh.

Jenis moss yang populer antara lain java moss, peacock moss, christmas moss. Cara menanamnya mirip anubias yaitu dengan diikat di hardscape. 

Perhatikan saat pengikatan harus benar benar kencang, karena tanaman ini sangat ringan dikhawatirkan bila pengikatan tidak kencang maka tanaman akan lepas dan mengapung sehingga menyebabkan tanaman menyumbat filter.

Cara lain menanam moss bisa juga dengan cara dilem, namun hanya pada satu titik saja jangan semua bagian. 

Karena bagian yang dilem itu lama lama akan membusuk. Akan lebih baik lagi bila pengikatan dan pengeleman dilakukan di luar aquascape agar lebih leluasa bila sudah selesai baru dimasukkan aquascape.

Tanaman rumput atau hairgrass diletakkan di bawah yang nantinya akan tumbuh seperti rumput pada lapangan. Bisanya dijual dengan diletakkan dalam pot. 

Cara menanamnya dengan membersihkan akarnya terlebih dahulu lalu beri sedikit air pada substrat hingga lembab. Kemudian tanam dengan kedalaman 2 cm.dan diberi jarak supaya bisa rata.

Tanaman rumput termasuk yang mudah sekali tumbuh karena itu   harus rajin melakukan pemotongan supaya tanaman tidak gondrong.

Cara menanam tanaman aquascape di pasir malang

1. Persiapkan pasir malang, serta tanaman aquascape yang hendak ditanam

2. Ratakan tanaman dengan menggunakan pecahan genting, ranting atau dengan batu. Pastikan pada saat menata tanaman aquascape, tanaman tidak saling tumpang tindih karena dapat menyebabkan tanaman mati kekurangan cahaya matahari.

3. Ikat tanaman dengan benang atau senar dengan arah zig zag supaya tampilan lebih baik dan tidak mudah mengambang

4. Terakhir masukkan ke dalam aquarium pasir malang tadi, kemudian rapikan tampilan agar lebih cantik

Demikian uraian tentang cara menanam tanaman aquascape yang baik dan benar. Usahakan untuk membeli tanaman dengan tanda tanda kehidupan misalnya ada tunas baru, jangan membeli tanaman layu dan ada alganya.

Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan pupuk, co2, lampu dan suhu agar tanaman aquascape tumbuh dengan baik.

Terakhir saran bagi pemula yang akan menanam aquascape agar menanam jenis yang mudah hidup dan berkembang supaya tidak bingung dengan perlakuan khusus yang harus diberikan kepada tanaman.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Aquascape Dengan Pasir Malang"