Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Rumput Aquascape Dengan Pupuk yang Benar

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menanam rumput aquascape dengan pupuk yang benar. Rumput aquascape atau lebih dikenal dengan nama carpet seed aquascape saat ini sedang banyak diperbincangkan dan diminati banyak orang.

Di luar negri carpet seed disebut magic seed yang berarti biji ajaib. Mungkin dikarenakan tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh dengan cepat serta mempunyai adaptasi yang tinggi makanya mendapat julukan ajaib (bisa disebut juga magic seed). 

cara menanam rumput aquascape

Tanaman lain yang mendapat julukan yaang sama (magic seed) adalah magic bean si kacang ajaib.

Beberapa orang penghobi aquascape menyebut tanaman dari carpet seed ini dengan sebutan tanaman mini dwarf, sehingga memunculkan istilah mini dwarf seed. 

Tanaman dengan tingkat penanaman serta perawatan yang sangat mudah ini bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. 

Hanya perlu menyiapkan carpet seed, akuarium, lampu akuarium, substrat atau pasirnya, air dan pupuk dasar (pukdas). 

Cara menanam rumput aquascape yang benar :

  • Langkah awal yang tepat saat menanam carpet seed merupakan awal dari kemungkinan keberhasilan yang maksimal.
  • Pertama siapkan carpet seed atau mini dwarf seed yang unggul, bisa didapatkan dari membeli secara online
  • Kemudian siapkan akuarium kosong, lampu akuarium, substrat media tanam berupa pasir malang atau dapat juga dicampur batu bata yang telah dihancurkan kasar ( jangan sampai halus), dan pupuk dasar untuk meningkatkan kesuburan substrat yang disiapkan.
  • Sebagai lapisan dasar taburkan pupuk dasar, bisa juga pasir yang telah dicampur dengan pupuk dasar.
  • Sebagai lapisan berikutnya atau lapisan kedua masukkan pasir malang atau pasir malang yang telah dicampur dengan batu bata yang telah dihancurkan kasar.
  • Ketebalan media tanam yang disarankan sekitar 2 cm dan genangi air sekitar 1 – 1,5 cm di bawah permukaan media tanam, tujuannya untuk melembabkan media tanam yang akan ditaburi carpet seed, namun tidak membuat terlalu basah sehingga menyebabkan benih membusuk.
  • Buka tutup botol carpet seed, kemudian ganti dengan plastik bening atau kantong plastik biasa lalu ikat dengan erat menggunakan karet gelang supaya tertutup rapat. Lalu lubangi dengan tusuk gigi seanyak 3 – 4 lubang saja.
  • Kemudian taburkan secara merata carpet seed, jika sudah siapkan sprayer yang diset semprotannya menjadi paling halus, lalu spray benih dengan tujuan melembabkan saja, jangan sampai membuat biji tergenang.
  • Selama 6 – 8 jam perhari lakukan penyinaran dengan lampu akuarium, semprot setiap pagi dan sore hari dalam 7 hari pertama.
  • Hari 1 akuarium digenangi jangan lupa untuk memberi pupuk cair 
  • Setelah 3 hari disemai biasanya akan mulai keluar kecambah.
  • Setelah hari ke 7 tanaman yang tumbuh sudah boleh digenangi air secara penuh. 
  • Lakukan perawatan tanaman aquascape dengan baik baik pada tanaman lama maupun baru.

Beberapa tips merawat carpet seed :

Setelah di atas tadi membahas tentang cara menanam rumput aquascape atau carpet seed, sekarang bagaimana cara merawat rumput aquascape?

1. Pemenuhan karbondioksida

Tanaman carpet seed merupakan tanaman dengan kebutuhan CO2 rendah, sehingga tidak lagi memerlukan injeksi CO2. 

Banyak yang berpendapat apabila tanaman ini diberi injeksi CO2 maka tanaman akan tumbuh dengan baik. 

Namun dari beberapa sumber tertulis bahwa pemberian karbondioksisa tambahan pada carpet seed justru akan membuat bentuk daun berubah menjadi memanjang dan membesar. 

Karenanya disarankan untuk tidak memberi tambahan CO2 apabila ingin tanaman tetap berdaun kecil dan mengarpet.

2. Pemenuhan pupuk

Untuk pemupukan gunakan pupuk cair seminggu sekali setiap selesai ganti air, dan pupuk tancap setiap 2 bulan sekali. 

Hal ini bertujuan agar pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman carpet seed terjaga, sehingga daun dan batang tidak terlihat layu dan menguning. Pemupukan juga bertujuan membuat tanaman terlihat tetap hijau.

3. Waktu pemangkasan

Tanaman carpet seed harus dipangkas secara rutin agar tidak tumbuh lebat dan panjang, sehingga mengganggu penampilannya yang tidak lagi berbentuk karpet. 

Selain itu juga akan mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan tanaman itu sendiri karena cahaya yang masuk jadi terhalang daun yang menutupi. 

Sehingga menyebabkan sebagian tanaman tumbuh menjadi tidak sehat dan karpet menjadi tidak merata. Jadi setidaknya sebulan sekali penting dilakukan pemangkasan rutin.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Rumput Aquascape Dengan Pupuk yang Benar"