Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Mudah, Serta Perawatannya

Villakan.com - Sebagaimana semua orang ketahui bahwa anggrek merupakan tanaman hias yang sangat indah. 

Banyak pecinta tanaman anggrek yang belajar cara menanam bunga anggrek baik itu dilakukan di rumah ataupun di kebun.

Tanaman anggrek tidak hanya mempunyai bunga yang cantik namun juga memiliki bermacam warna yang menawan. 

cara-menanam-bunga-anggrek

Namun untuk menanam dan merawat tanaman bunga anggrek bisa dikatakan rumit karena berbeda dari kebanyakan tanaman hias yang lain.

Akan tetapi dengan kesabaran dan ketekunan, tidak memungkinkan kita untuk dapat memiliki dan melihat bunga bunganya yang cantik bermekaran. Tanaman anggrek selain ditanam di tanah juga dapat ditanam dipot.

Cara budidaya bunga anggrek agar cepat tumbuh

cara-menanam-bunga-anggrek-agar-cepat-tumbuh

Berikut cara menanam bunga anggrek supaya cepat tumbuh di pot dan perawatannya :

1. Memilih varietas

Yang dimaksud yaitu memilih varietas anggrek (yg mempunyai nama ilmiah orchidaceae). 

Karena memang anggrek mempunyai banyak varietas, tetapi bagi pemula sebaiknya memilih anggrek moth, anggrek bulan, anggrek vanda, anggrek macan, anggrek cattleya ataupun venus slipper.

Keenam varietas tersebut direkomendasikan sebab relatif mudah untuk penanaman dan perawatannya. Karena memang anggrek terkenal sebagai tanaman yang sulit bertahan hidup.

Menanam apapun terutama anggrek diperlukan biji, benih atau bibit terbaik agar menghasilkan tanaman terbaik yang dapat tumbuh dengan cepat, singkat dan subur.

Diperlukan sedikit pengetahuan tentang cara menanam bunga anggrek agar dapat tumbuh subur dan berbunga lebat.

2. Memilih ukuran pot

Bagaimana tips memilih pot untuk tanaman anggrek?? Untuk pemilihan pot sebaiknya pilih yang bahan plastik atau tanah liat dan berukuran kecil. Pot dapat yang berwarna hitam ataupun putih.

Jangan lupa untuk melihat apakah terdapat lubang pada bagian bawah pot tersebut, karena lubang tersebut berfungsi pada media tanam yang akan dikeringkan dengan baik. 

Pastikan akar jangan sampai ditekuk atau juga menyisakan terlalu banyak ruang bagi akar. Hal ini dikarenakan anggrek mendapatkan sebagian besar strukturnya dari akar. 

Sehingga bahkan anggrek mampu tumbuh lebih baik dalam pot yang berukuran lebih kecil, supaya sistem akarnya menjadi lebih padat.

3. Memilih media tanam

Ada lebih dari 30 jenis anggrek serta bebagai jenis media tanam. Beberapa jenis yang umum yaitu pakis pohon, lumut sphagnum, sabut buah kelapa, perlit serta kulit pohon cemara.

Untuk jenis anggrek moth paling baik bila menggunakan media tanam kulit kayu cemara, kulit kayu atau lumut halus lebih cocok untuk anggrek venus slipper.

Sedangkan kulit kayu cemara yang kasar lebih disukai anggrek cattleya.

4. Mengisi bagian bawah pot

Aspek penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja yaitu memastikan drainase yang baik, karenanya isilah bagian bawah pot menggunakan busa.

Hal ini dilakukan dengan tujuan membantu mengalirkan kelebihan air dari akar dan media tanam. Yang juga dapat membantu pencegahan membusuknya akar anggrek. 

5. Cara mengeluarkan anggrek dari wadah asli

Cara untuk megeluarkan anggrek dari wadah yang asli yaitu dengan memegang kuat batang anggrek dan goyangkan wadah dengan lembut untuk melonggarkannya. 

Tarik anggrek saat terasa wadah sudah longgar ingat harus ditarik dengan hati hati supaya tidak merusak akarnya.

Jika memang diperlukan gunakan gunting untuk memotong wadah dari tanaman dengan hati hati, karena bila terasa sulit dan dipaksakan justru akan membahayakan tanaman anggrek sendiri. 

6. Cara memegang anggrek

Memegang anggrek harus dengan lembut  pada daerah sekitar batang dan letakkan di pot gantung. Pastikan tidak ada akar yang patah maupun bengkok supaya muat dalam pot.

7. Mengisi pot dengan media tanam

Saat mengisi pot dengan media tanam lakukan dengan perlahan dan hati hati, jangan sampai merusak baik tanaman maupun akarnya. Dan hentikan mengisi pot saat mahkota anggrek tepat di bawah media tanam.

8. Cahaya

Kenakan sinar matahari yang tidak langsung  pada anggrek, juga tempat yang cerah misalnya ambang jendela yang menghadap selatan maupun timur. 

Upayakan juga supaya tanaman ini mendapat cahaya selama kurang lebih 12 – 14 jam / hari. 

Pada tanaman anggrek liar yang tumbuh di hutan cahaya matahari tidak langsung mengenai tanaman anggrek karena tertutup kanopi hutan.

9. Penyiraman

Tanaman anggrek merupakan tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Karenanya penyiraman cukup dilakukan kira kira seminggu sekali. 

Karena air secukupnya juga mampu mencegah mudah membusuknya akar anggrek. Dikarenakan akar butuh aliran udara yang baik supaya berfungsi secara baik pula.  

Cukup pegang pot dibawah air mengalir beberapa detik saja cukup media tanam terbasahi. Dan pastikan media tanam benar benar kerng saat dilakukan penyiraman kembali.

10. Meletakkan di tempat lembab

Agar anggrek tropis tidak stres dan tetap merasa bahagia maka jaga kelembapan di angka 60 hingga 80 persen.  

Jauhkan juga tanaman dari angin dingin dan ventilasi pemanas. Karena anggrek butuh udara yang hangat dan lembab untuk bertahan hidup. 

Tanaman anggrek justru cenderung tumbuh dengan sangat baik di tempat yang kelembapannya tinggi seperti kamar mandi maupun di dekat perangkat pelembab udara.

11. Pemberian nutrisi pupuk cair

Saat musim panas berikan pupuk cair pada tanaman anggrek. Pemberian pupuk cair setiap 2 – minggu selama musim tanam dapat membuat anggrek mekar dengan sangat baik. 

Upayakan untuk memberikan pupuk cair yang khusus untuk tanaman anggrek. Jika tidak ada dan hanya ada pupuk umum maka gunakan hanya setengah saja dari jumlah yang disarankan.

Setiap minggu sirami anggrek secara teratur apabila tidak menggunakan pupuk cair.

Cara menanam bunga anggrek agar menghasilkan tanaman yang subur dan berbunga indah cukup mudah dilakukan jika sesuai langkah langkah diatas.

Perbanyak referensi anda mengenai cara budidaya bunga anggrek baik itu melalui buku, pdf, makalah, gambar, foto serta video yang dapat anda cari, lihat dan dapatkan referensi disekitar anda.


Posting Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Mudah, Serta Perawatannya"