Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California Agar Cepat Berbuah

Berikut langkah mudah cara menanam pepaya california supaya cepat berbuah serta tehnik budidaya pepaya california yg sebenarnya memang mudah. Hanya memerlukan perawatan yang benar supaya tingkat produktivitas tanaman meningkat.

Memang pepaya california atau pepaya calina merupakan salah satu jenis pepaya yang sangat digemari orang banyak tua maupun muda karena rasanya yang manis selain itu juga memiliki gizi yang tinggi. 

cara-menanam-pepaya

Pepaya calina ini merupakan hasil riset dari IPB yang sukses menjadi hasil buah pepaya unggul mengalahkan popularitas pepaya sebelumnya seperti pepaya bangkok, pepaya thailand, pepaya jingga.

Tinggi pohon yang hanya mencapai 1,5 – 2 m saja dengan batang beruas pendek dan berpelepah, tanaman ini termasuk memiliki buah yang lebat mencapai 25 – 30 buah per pohon. 

Bagaimana warna daging buah pepaya calina? Dengan daging buah yang berwarna merah cerah dan terlihat berlubang seperti bintang saat dipotong. Rasanya manis dan dapat disimpan hingga 5 hari.

Selain di rumah, pekarangan, sawah atau di kebun yang cukup luas, pepaya california dapat juga untuk dibudidayakan di lahan sempit, gambut atau di pot ( tabulampot ).

Banyak video tutorial cara bercocok tanam pepaya di pot secara organik sampai subur kemudian berbunga dan buahnya berukuran jumbo. Salah satu teknik nya yaitu dengan cara hidroponik. 

Cara menanam pepaya california yang baik dan benar

Adapun langkah langkah budidayanya yaitu :

a. Biji

Tanaman pepaya termasuk tanaman yang dapat diperbanyak secara generatif yaitu menggunakan biji yang berasal dari buah yang sehat dan sudah masak pohon.

Saat ini belum ditemukan hasil tanaman pepaya dengan menggunakan metode cangkok maupun stek

b. Mengolah lahan

Olah lahan terlebih dahulu sebelum ditanami supaya kondisi lahan sesuai untuk pertumbuhan pepaya. Yaitu dengan dilakukan pembersihan lahan dari gulma dan sisa tanaman lain. 

Selain itu juga memperbaiki sistem drainase agar lahan tidak tergenang air.

Kemudian cangkul tanah dan ratakan, campur dengan abu bakaran kayu sawmill. Kemudian buat lubang berukuran 60 x 60 x 50 cm. 

Letakkan di sebelah kanan tanah bagian atas dari lubang tanam. Dan pada bagian kiri tanaman untuk bagian bawah. 

Diamkan selama 1 -2 minggu sampai kadar Ph tanah dan kandungan air lubang tersebut berkurang.

Gunakan jarak tanam antar lubang 2,5 x 2,5 x m atau 2,5 x 2, 75 m apabila terdapat lebih dari 1 tanaman yang akan ditanam.

c. Cara tanam

Gimana untuk cara tanamnya? Tanaman ini dapat ditanam dengan 2 cara , yaitu dengan menggunakan benih yang langsung ditanam di lahan atau menggunakan bibit. 

Benih dapat ditanam di lubang tanam yang sudah disiapkan sebanyak 2 -3 biji perlubang tanam. Biarkan hingga mengeluarkan kecambah dan menjadi bibit siap tanam.

Biji tanaman ditanam pada bedengan dengan ukuran lebar 1 – 1,5 m ; tinggi 30 – 40 cm dan jarak antara bedengan sekitar 1 m. jarak antar lubang tanam pada bedengan sekitar 2,5 – 2,75 m.

Apabila menggunakan bibit yaitu pindahkan bibit dari polybag setelah mencapai umur 1 – 1,5 bulan kelubang tanam yang telah disiapkan. 

Satu lubang tanam dapat digunakan untuk menanam 2 bibit sebagai antisipasi jika 1 bibit mati. Sebaiknya penanaman dilakukan pada sore hari.

d. Memupuk tanaman

Tanaman california ini memerlukan pupuk dasar berupa abu bekas bakaran kayu sebanyak 20 kg per lubang tanam yang diberikan saat proses pengolahan tanah. 

Kemudian diberikan pupuk susulan berupa NPK 15-15-15 100 kg/hektar untuk satu musim tanam. Berikan 3 bulan sekali abu bekas bakaran kayu masing masing 20 kg per tanaman.

Pupuk ini berfungsi sebagai nutrisi bagi tanaman biar tanaman menjadi lebih cepat besar dan berbuah nantinya.

Karena tanpa melalui tambahan nutrisi pupuk, maka tanaman pepaya pertumbuhannya kecil, sedikit lebih lama dan hasilnya jauh dari yang diharapkan.

e. Pemeliharaan tanaman

Siangi secara rutin gulma yang mungkin tumbuh disekitar tanaman dengan tehnik manual menggunakan tangan. 

Lakukan pembumbunan saat menyiangi gulma supaya batang yang sudah tinggi tidak mudah roboh.

Pada saat musim kemarau lakukan penyiraman secara rutin, berbeda halnya jika pada musim hujan.

f. Waktu panen

Pepaya california bisa dipanen pertama kali saat berumur 8- 9 bulan. Dengan warna buah yang sudah matang semburat kuning kemerahan sebanyak 25 % pada kulit buah di bagian ujung.

Rasa buah pepaya california terasa segar dan terasa manis semanis madu jika dimakan. Jumlah isi biji didalam buah pepaya tidak terlalu banyak. 

Dalam menanam tanaman apapun seperti sayur, pohon delima, tanaman bonsai termasuk pepaya california ini diperlukan kesabaran, ketelatenan dan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah tidak semua tanaman pepaya dapat menghasilkan buah, karena ada pepaya jantan yang hanya menghasilkan bunga yang meng gantung.

Demikian artikel tentang langkah mudah cara menanam pepaya california , semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi pecinta tanaman buah pepaya california khususnya. Selamat praktek  

Posting Komentar untuk "Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California Agar Cepat Berbuah"