Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Manfaat Biji Angkung Untuk Kesehatan, Ampuh Mengatasi Ini !

Mungkin bagi sebagian besar orang tanaman angkung masih terdengar asing, atau bahkan banyak yang belum tahu tentang tanaman satu ini. Sedangkan manfaat biji angkung untuk kesehatan cukup banyak.

Tanaman angkung adalah tanaman yang tumbuh secara merambat dengan warna batang hijau, buah berbentuk bulat kecil dan menempel pada batang.

biji-angkung

Apabila masak buahnya akan berwarna ungu kehitaman, tanaman ini dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Banyak bagian dari pohon angkung yang sudah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dalam.

Selain sebagai tanaman merambat yang indah, angkung juga dikenal kaya akan manfaat karena kandungan senyawa aktifnya. 

Angkung juga dikenal sebagai tanaman anti stroke, karena khasiatnya yang mampu melarutkan gumpalan darah serta membantu menjaga kesehatan juga kebugaran tubuh.

Tanaman ini juga cukup terkenal dalam ilmu pengobatan herbal di negeri tiongkok. Di Indonesia sendiri tanaman ini mulai banyak dicari karena ingin merasakan manfaatnya. 

Beberapa perusahaan bahkan telah mengolah angkung menjadi bentuk pil supaya lebih praktis. Dan karena itu pula banyak yang mulai mencari bibitnya utk dibudidayakan. 

Kandungan gizi buah angkung

Adapun kandungan gizi pada buah angkung dengan porsi 88 gram adalah menyediakan 20 kalori. Selain itu kandungan buah ini juga menyediakan 100 g Vitamin B9, 1,3 mg Besi, 110 mg Kalsium, 0,098 mg Tembaga.

Lalu kandungan lainnya yaitu 42 mg Magnesium. Buah angkung juga kaya akan Vitamin B9, protein dan mineral lainnya.

Buah angkung dapat dimakan, dan rasanya enak. Bisa dimakan buah beri ini mentah atau secara langsung dari tanamannya, dapat juga dimasak atau dipanggang.

Manfaat biji angkung untuk kesehatan tubuh

manfaat-biji-angkung-untuk-kesehatan

Berbagai macam zat yang terkandung dalam tanaman angkung dipercaya mampu mengatasi gangguan kesehatan. Banyak manfaat biji angkung serta fungsi tanaman angkung yang beragam bagi kesehatan.

Berikut khasiat biji angkung yang perlu diketahui :

1. Sebagai pengobatan stroke

Manfaat biji angkung untuk kesehatan yang pertama adalah tanaman angkung dapat dijadikan sebagai alternatif obat dalam pengobatan stroke alami. 

Dalam pengobatan stroke memang membutuhkan waktu yang lama dalam pengobatannya, sehingga justru berdampak negatif bagi kesehatan. 

Karenanya mulailah mengkonsumsi angkung supaya bisa sembuh dari stroke tanpa khawatir dampak negatif dari pengobatannya.

2. Dapat meredakan penyumbatan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat fatal untuk kesehatan tubuh misalnya sebagai pemicu tekanan darah tingi hingga penyakit jantung. 

Kandungan zat dalam tanaman ini dipercaya mampu mengatasi penyumbatan pembuluh darah, sehingga menjadi lancar dan dapat terhindar dari serangan stroke.

BACA JUGA : 8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan, Kita Wajib Tahu!

3. Untuk memperlancar peredaran darah

Sebagaimana diketahui fungsi angkung dapat meredakan penyumbatan darah sehingga peredaran darah pun menjadi lancar. 

Apabila peredaran dapat terjaga kelancarannya maka tekanan darah akan menjadi normal sehingga dapat terbebas dari serangan tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

4. Sebagai pengobatan radang selaput otak

manfaat-biji-angkung

Sebagai salah satu tanaman yang digunakan dari zaman dahulu di negeri tiongkok, salah satu khasiatnya besarnya adalah dipercaya mampu mengatasi penyakit radang selaput otak.

5. Memperbaiki fungsi hati

Manfaat biji angkung untuk kesehatan berikutnya adalah tanaman angkung dipercaya mampu membantu menyembuhkan penyakit organ hati serta memberi nutrisi yang tepat bagi organ tersebut.

Sehingga mampu meningkatkan fungsi organ hati itu sendiri. Apabila fungsi hati optimal maka tubuh akan terjaga kesehatannya dan terbebas dari ancaman penyakit.

6. Mengatasi kekurangan cairan tubuh

Apabila anda seorang pekerja berat , pasti sering mengalami masalah yang satu ini. Jadi sebelum beraktifitas maupun bekerja manfaatkan tanaman angkung sebagai nutrisi untuk mencegah kekurangan cairan.

7. Mengobati asam urat

Bagi penderita asam urat tidak ada salahnya mencoba pengobatan menggunakan tanaman angkung ini. Sebagai pencegahan asam urat pun dapat mengkonsumsi  tanaman angkung agar terhindar dari gejalanya.

8. Menghindarkan kejang saat suhu tinggi

Manfaat biji angkung untuk kesehatan yang terakhir adalah kejang, biasanya terjadi saat suhu tubuh tinggi dan ketahanan tubuh orang tersebut rendah. 

Untuk mencegah hal ini gunakan tanaman angkung sebagai konsumsi alami untuk pencegahan.

Bila tidak ingin bersusah payah dalam proses pengolahannya maka kita bisa membeli produk olahan yang sudah berupa pil. 

Namun perlu diingat dan hati hati supaya kita tidak membeli yang palsu. Untuk harga pil angkung yang asli memang masih mahal harganya.

9. Memperbaiki pencernaan

Serat makanan merupakan salah satu hal penting untuk proses pencernaan yang lebih baik, dan buah angkung  merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. 

Dikarenakan betapa pentingnya serat untuk proses pencernaan maka manfaat buah angkung juga berfungsi dalam proses melancarkan pergerakan usus serta dalam membantu mencegah permasalahan usus. 

10. Adanya sifat anti kanker 

Kandungan antioksidan dalam buah angkung sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, serta untuk mencegah berbagai penyakit salah satunya adalah kanker. 

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam tanaman ini juga sangat bermanfaat dalam menghambat kanker rongga mulut serta paru-paru. 

11. Membantu berat badan turun 

Kandungan kalori dalam buah angkung sangat rendah apabila dibandingkan dengan volumenya, bahkan ada 19 kalori dalam hasil laut (100 gram). 

Kandungan serat dalam tanaman kangkung juga merupakan pilihan tepat untuk proses menurunkan berat badan 

Apabila dikonsumsi dengan jumlah yang tepat maka serat dapat memberikan efek rasa kenyang. 

Jadi tidak hanya asupan kalorinya yang lebih rendah namun juga rasa kenyang yang cukup bertahan lama. 

Selain itu rendahnya kandungan karbohidrat dalam tanaman kangkung keto friendly untuk mereka yang melakukan diet ketogenik. 

12. Dapat meningkatkan kualitas tidur 

Dari sekian banyak khasiat dari buah angkung salah satunya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur 

Kandungan magnesium serta seng merupakan 2 mineral yang sangat penting peranannya dalam proses menjaga tubuh manusia dan kandungan buah mineral ini juga terdapat dalam tanaman angkung.

Efek relaksasi pada bagian otot-otot manusia merupakan salah satu khasiat dari magnesium 

Seng maupun magnesium memiliki tingkat penyerapan yang sama. Artinya yaitu mengambil kedua mineral ini adalah sangat efektif.

13. Membantu pencegahan penyakit 

Tanaman angkung memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit yang berbahaya. 

14. Dapat mengontrol kadar gula 

Manfaat lainnya yang terdapat dalam tanaman angkung yaitu dapat memperlambat naiknya kadar gula darah. 

Kandungan serat yang tinggi dalam tanaman angkung dapat memperlambat penyerapan glukosa 

Jadi dengan mengkonsumsi angkung yang memiliki kandungan serat tinggi, maka dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah serta membantu mereka yang mengalami diabetes.

15. Mampu meningkatkan kesehatan tulang 

Kandungan kalsium dan magnesium dalam buah angkung juga tinggi. Kedua mineral ini mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. 

Selain itu magnesium lebih baik diserap dengan kalsium yang ada. Fakta jika buah Agung memiliki kedua mineral ini berarti keduanya mampu diserap tubuh dengan lebih baik. 

16. Membantu menurunkan kolesterol 

Tanaman kangkung dapat menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan serat. Di mana kerja dari serat mampu mengikat secara efektif serta menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Memang manfaat tanaman angkung sangat besar dan memberikan dampak positif  bagi pengobatan berbagai penyakit. 

Tanaman yang banyak digunakan daun, batang, dan bunganya ini sangat disayangkan karena masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal karena budidaya yang masih sangat terbatas. 

Posting Komentar untuk "16 Manfaat Biji Angkung Untuk Kesehatan, Ampuh Mengatasi Ini !"