Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan, Kita Wajib Tahu!

Setelah mengetahui cara budidaya pohon saga, ada baiknya kita mengetahui pula apa saja manfaat daun saga untuk kesehatan.

Setidaknya dapat menambah wawasan kita mengenai khasiat tanaman herbal ini.

Daun saga memiliki rasa sedikit manis dengan bentuk daunnya mirip tamarindus indica serta mempunyai jumlah sirip ganjil serta menyirip ganda. Sedangkan untuk bentuk biji saga adalah kecil, berwarna merah dan seperti polong / petai.

manfaat-daun-saga

Bentuk bunga saga seperti kupu kupu dengan warna ungu muda.

Pohon saga banyak dijumpai di pantai indonesia yang biasanya difungsikan sebagai peneduh jalan besar.

Kandungan biji saga terdapat asam lemak, yang mana kandungan ini dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif atau biodiesel.

Adapun yang paling banyak manfaatnya ada pada bagian daun. Tak hanya untuk dikonsumsi, ternyata daun saga terdapat kandungan alkaloid yang berguna untuk mengatasi penyakit rematik.

Kandungan lainnya yg terdapat dalam tanaman saga yaitu methyl abrusgenate, vitamin c, abrucelactone A dan abrusgenic acid.

Banyak yang memanfaatkan daun saga sebagai tanaman obat herbal karena sudah banyak yang membuktikannya.

Daun saga yang memiliki sifat anti batuk,  anti parasit, dan dapat melancarkan peredaran darah.

Khasiat biji dan daun saga untuk mengatasi penyakit berikut ini :

1. Panas dalam

Untuk mengobati panas dalam, campurkan daun saga dengan sirih. Dengan penambahan daun sirih maka daya pengobatan makin menjadi lebih kuat.

2. Menyehatkan rambut

Kandungan biji saga seperti afrodisiak, penenang, anti mikroba serta peluruh kencing banyak digunakan untuk mengatasi penyakit batuk, sakit kepala, radang pencernaan dan demam.

Bahkan masyarakat tradisional banyak yg menggunakan tanaman saga untuk mengatasi luka gigitan binatang, rabies, tetanus, bercak putih di kulit serta untuk mengatasi jerawat.

Akar saga dipercaya juga dapat mengobati sakit perut, batuk bahkan tumor.

BACA JUGA : CARA BUDIDAYA TANAMAN HERBAL DAUN SAGA

Adapun untuk daun saga sendiri dapat digunakan untuk menyehatkan rambut. Caranya yaitu biji saga dibuat pasta kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian rambut kepala. Tunggu kurang lebih selama sejam lalu bilas rambut hingga bersih.

3. Amandel

Untuk mengobati amandel dapat digunakan akar saga kemudian campurkan potongan kayu manis serta gula batu secukupnya. Rebus  hingga mendidih bahan tersebut secara bersamaan dalam 5 gelas air.

Apabila air sudah tinggal separo maka saring air rebusan tersebut, kemudian minum sehari 2 kali.

4. Radang mata

Manfaat daun saga untuk mengatasi radang mata adalah dengan menggiling halus daun saga kemudian rebus dengan 2 gelas air untuk diambil uapnya. Uap daun saga inilah yang digunakan sebagai tetes mata.

5. Sariawan

Untuk mengatasi sariawan dengan daun saga adalah mudah. Hanya dengan memetik daun saga kemudian jemur beberapa menit hingga daun layu. Selanjutnya kunyah kunyah daun saga sampai halus sambil berkumur.

Cara lainnya yaitu dengan memetik 10 gram daun saga segar kemudian cuci hingga bersih. Berikutnya rebus dengan setengah liter air hingga mendidih. Air rebusan daun saga inilah yang digunakan untuk berkumur atau langsung ditelan. Air rebusan daun saga terasa pahit awalnya namun lambat laun akan berubah manis.

Ramuan ini dapat juga ditambahkan daun sirih ataupun kayu manis secukupnya, dapat pula ditambahkan madu ataupun gula.

6. Radang tenggorokan

Jika radang tenggorokan menyerang maka tenggorokan terasa serak. Maka langkah untuk mengatasinya yaitu ambil 7 gram daun saga segar kemudian cuci bersih selanjutnya rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih.

Selanjutnya tunggu air rebusan hingga dingin kemudian lakukan penyaringan. Minum air rebusan secara langsung, dapat juga dengan menambahkan madu atau jeruk nipis.

7. Batuk kering

Ambil daun saga segar kemudian cuci bersih. Tambahkan kayu manis dan daun asam. Jika bahan ini sudah tercampur maka rebus hingga mendidih dengan 3 gelas air.

Tunggu hingga air menjadi dingin kemudian saring. Ramuan sudah siap untuk diminum.

8. Batuk berdahak pada anak

Manfaat daun saga untuk mengatasi batuk berdahak pada anak yaitu ambil beberapa daun saga serta 1 rimpang jahe kemudian cuci sampai bersih. Campurkan gula batu secukupnya serta 2 gelas air, rebus hingga mendidih. Apabila sudah dingin saring ramuan ini kemudian minumkan pada anak. Ramuan ini juga dapat berfungsi untuk megeluarkan dahak.

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan, Kita Wajib Tahu!"