Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunikan Pantai Pulau Merah Bwi (Gambar + Tiket Masuk)

Pantai pulau merah bwi - Banyuwangi  merupakan salah satu destinasi wisata favorit di pulau jawa, yang terkenal dengan keindahan alamnya. 

Mulai dari perbukitan, taman nasional hingga jajaran pantai yan indah di ujung timur pulau jawa sangat menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam.

pantai-pulau-merah-bwi

Dari puluhan pantai yang menglilingi kabupaten banyuwangi, satu yg terkenal dan menjadi primadona wisata adalah pantai pulau merah.

Deskripsi pantai pulau merah banyuwangi

pantai-pulau-merah-banyuwangi

Lokasi : alamat pantai pulau merah bwi berada di dusun pancer, desa sumber agung, kecamatan pesanggaran, kabupaten banyuwangi, propinsi jawa timur indonesia atau dalam bahasa inggris regency east java.

Pantai pulau merah yang terletak di bagian selatan kabupaten banyuwangi ini memiliki keunikan, dapat dikunjungi saat air laut surut dan ketika air laut pasang, bukit ini akan menjadi pulau yang terpisahkan oleh air laut dari pantai.

Sejarah nama pantai pulau merah tidak muncul begitu saja, nama ini berasal dari sebuah bukit setinggi 200 meter dan tersusun dari tanah berwarna merah yang berlokasi di dekat pantai.

Di pantai pulau merah juga terdapat sebuah pura yang sering digunakan umat hindu daerah setempat untuk melakukan upacara keagamaan mekiyis. 

Pantai di banyuwangi ini berupa hamparan pasir putih yang memanjang hingga 3 km.

Pantai pulau merah menghadap langsung ke samudra hindia ke arah selatan. Dengan pasirnya yang berwarna putih dan terkadang terlihat agak pink atau kemerahan.

Harga tiket masuk

Apakah pantai pulau merah buka apa tutup? Saat ini pantai pulau merah sudah dibuka, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk tiket masuk cukup membayar 8000 rupiah saja, kita sudah dapat menikmati keindahan pantai ini.

Ditambah biaya parkir 5000 rupiah untuk mobil, atau 2000 rupiah saja untuk parkir motor. Termasuk sangat murah untuk parkir di area wisata.

Fasilitas homestay juga tersedia di pantai ini, yang memang disediakan bagi wisatawan yang ingin menginap. Tarif rata rata homestay hanya 100 ribu rupiah / malamnya.

Rute menuju lokasi

Dari kabupaten banyuwangi ke pantai pulau merah kita harus menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer. 

Karena dari pusat kota kita harus berkendara ke arah srono kemudian menuju kesilir lanjut hingga ke pulau merah.

Perjalanan menuju pantai terbilang cukup mudah, walaupun melalui banyak jalan desa dan kelokan. Namun karena pantai ini sangat terkenal sehingga banyak papan petunjuk jalan ke arah pantai.

Bila pergi ke pantai menggunakan kendaraan umum dari terminal banyuwangi. Naiklah bis jurusan pesanggaran, bila sudah sampai naiklah ojek karena letaknya sudah tidak terlalu jauh. 

Bila naik kendaraan umum atau travel dari arah jember, turunlah di terminal jajag untuk ganti bis menuju pesanggaran.

Obyek wisata pantai

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai pulau merah bwi ini. Berikut diantaranya :

1. Menikmati pemandangan pantai

Pantai yang terbentang  sepanjang 3 kilometer ini, tidak akan membuat kita merasa bosan untuk mengelilinginya. 

Kita juga bisa menyewa kursi pantai seharga 25 ribu rupiah saja untuk bisa bersantai menikmati pemandangan hamparan laut selama 60 menit.

2. Mengelilingi bukit pasir merah

Untuk dapat sampai ke bukit pasir merah ini, kita harus bersabar menunggu air laut surut supaya terbentuk daratan sebagai jalan menuju bukit. Yaitu sekitar jam 3 sore air laut sudah mulai surut.

Dari atas bukit kita dapat menyaksikan indahnya cahaya langit senja bertemu pantulan matahari terbenam di permukaan laut serta kita juga bisa menyaksikan hamparan laut biru secara jelas.

Akan banyak ditemui biota laut yang tertingal di laut yang surut saat dalam perjalanan dari pantai ke bukit.

Gunakan alas kaki saat berjalan jalan supaya tidak terluka karena menginjak kerang kerang kecil dengan cangkang yang tajam.

3. Snorkeling

Mungkin memang pantai ini tidak seperti pantai snorkeling lainnya, namun pantai pulau merah memberikan wisata bawah laut yang cukup indah. 

Kita dapat melihat terumbu karang dan ikan laut pada kedalaman yang dangkal.

Untuk melakukan kegiatan snorkeling kita harus menyewa peralatannya namun jangan khawatir karenan harganya cukup murah.

4. Berselancar

Memang pantai pulau merah ini merupakan salah satu destinasi wisata bagi para peselancar apalagi saat berada di banyuwangi. 

Bahkan pantai pulau ini pernah dijadikan sebagai tuan rumah kompetisi selancar internasional.

Walaupun dengan ketinggian ombak yang hanya mencapai 2 – 4 meter saja, pantai ini dapat menjadi solusi bagi wisatawan yang belajar surfing karena ombaknya yang lebih bersahabat.

Bagi yang belum mempunyai papan selancar jangan khawatir karena bisa menyewanya dengan harga 50 ribu rupiah.

5. Menyewa hotel untuk menginap

Sesuai gambar di peta, kota banyuwangi berada di ujung pulau jawa yang berbatasan langsung dengan pulau bali.

Wisatawan yang merencanakan liburan untuk beberapa hari tidak usah kuatir karena tersedia tempat menginap seperti hotel, villa dan guest house sebagai sarana menginap.

6. Berkunjung ke pura

Di dekat pantai pulau merah bwi terdapat pura tawang alun yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat hindu daerah setempat. Menurut informasi masyarakat sekitar, pura tersebut sudah dibangun sejak 1980.

7. Wisata kuliner

Kita dapat menemukan berbagai makanan khas banyuwangi di pantai pulau merah ini, seperti rujak soto, rawon, rujak bakso dan lainnya.

Posting Komentar untuk "Keunikan Pantai Pulau Merah Bwi (Gambar + Tiket Masuk)"