Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hal di Pulau Merah Bwi, Banyuwangi Yang Menyenangkan

Pantai Pulau Merah Bwi, Banyuwangi

Pulau merah bwi banyuwangi memiliki nama lain pulo merah, biasa disebut juga red island. Merupakan salah satu dari objek wisata yang berada di daerah pesanggaran, banyuwangi, jawa timur.

Sedangkan banyuwangi menurut peta adalah sebuah kota yang terletak di ujung timur dari pulau jawa.

pulau-merah-bwi

Pulau merah yang ada di banyuwangi menjadi salah satu objek wisata yang terkenal serta banyak diminati para wisatawan.

Hal ini dikarenakan lokasi yang dimiliki mempunyai bukit kecil berwarna hijau yang bertanah merah di dekat bibir pantai dan dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut mulai surut.

Di pulau merah juga terdapat pura yang digunakan umat hindu untuk melaksanakan upacara mekiyis.

Deskripsi pulau merah atau red island

Pulau merah bwi terdiri dari bukit kecil yang menjulang sekitar 200 meter dan tanah yang berwarna merah tertutupi vegetasi berwarna hijau sehingga tidak terlihat jelas warna merah pada tekstur tanahnya.  

Bagi para pecinta wisata laut yang ingin menuju bukit bisa dilakukan dengan berjalan kaki saat air laut surut. 

Pantai ini juga mempunyai pasir yang putih dan aman untuk keluarga, namun karena ombaknya yang tinggi maka tidak sesuai jika digunakan untuk berenang terutama anak anak. 

Ketinggian ombak yang mencapai 3 – 5 meter sangat cocok apabila digunakan untuk berselancar / surfing, baik bagi pemula, amatir maupun profesional.

Rute menuju red island

Mempunyai jarak tempuh hingga 60 kilometer dari pusat kota banyuwangi.  Dimana dari pusat kota menuju ke arah srono kemudian ke kesilir dan diteruskan ke pulau merah.  

Meskipun akan banyak melalui jalan desa yang berkelok kelok, namun perjalanan ke pantai ini terbilang cukup mudah. 

Karena akan banyak dijumpai papan petunjuk jalan ke arah pantai pulau merah. 

Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, gunakan bis dari terminal banyuwangi jurusan pesanggaran, dan dilanjutkan menggunakan jasa ojek karena memang sudah tidak terlalu jauh. 

Bila menggunakan kendaraan umum dari arah jember, turunlah di terminal jajag dan gantilah bis ke arah pesanggaran.

6 hal yang menyenangkan berada di pulau merah banyuwangi :

pantai-pulau-merah-bwi

1. Selancar

Pantai pulau merah bwi merupakan destinasi wisata bagi para peselancar di banyuwangi. Bahkan pernah menjadi tuan rumah kompetisi selancar internasional.

Dengan tinggi ombak yang hanya mencapai 2 – 4 meter menjadi solusi bagi wisatawan yang baru belajar surfing karena ombaknya lebih bersahabat. 

Bila tidak mempunyai papan selancar sendiri bisa menyewa dengan harga 50 ribu rupiah.

2. Snorkeling

Pantai pulau merah menyuguhkan wisata bawah laut yang cukup indah. Pemandangan yang sangat cantik dan menarik di bawah laut dapat ditemukan disini.

Dengan menyewa peralatan snorkeling dengan harga yang terjangkau kita bisa melihat kehidupan bawah laut seperti ikan laut dan terumbu karang di kedalaman yang dangkal.

3. View pantai

Terhampar sepanjang 3 kilometer, membuat kita tak bosan mengelilingi pantai ini. 

Kita juga bisa menikmati pemandangan hamparan laut luas dengan menyewa kursi pantai seharga 25 ribu rupiah dengan waktu sewa 60 menit.

4. Wisata ke pura

Di dekat pantai terdapat pura tawang alun yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat hindu di daerah itu. Yang dibangun sejak 1980 an

5. Kuliner unggulan

Banyak macam wisata kuliner yang bisa kita jumpai di pantai ini antara lain : rujak soto, rawo, rujak bakso dan sajian khas lainnya.

6. Mengelilingi bukit pasir merah 

Agar bisa sampai ke bukit pasir merah haruslah menunggu air laut surut sekita jam 3 sore,  supaya terbentuk daratan yang menjadi jalan ke arah bukit. 

Dari atas bukit terlihat hamparan laut biru secara jelas dan juga bisa menyaksikan indahnya cahaya langit senja yang bertemu dengan pantulan matahari erbenam di permukaan laut. 

Dalam perjalanan menuju bukit akan banyak ditemukan berbagai biota laut yang tertinggal saat air laut surut. 

Karenanya jika berkunjung ke pulau merah bwi banyuwangi sangat disarankan untuk memakai alas, supaya kaki tidak terluka saat menginjak kerang kerang kecil dengan cangkang yang tajam.

Posting Komentar untuk "6 Hal di Pulau Merah Bwi, Banyuwangi Yang Menyenangkan"