Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Terbaru 2021

Tempat wisata pantai gunung kidul sangat terkenal, hal ini karena lokasi ini mempunyai pemandangan alam yang memanjakan mata.

Yogyakarta yang mempunyai banyak destinasi wisata mulai dari wisata budaya, wisata perkotaan hingga wisata kuliner.

wisata-pantai-gunung-kidul

Gunungkidul juga merupakan salah satu wisata yang diandalkan masyarakat Yogja yang ingin wisata ke pantai.

Kawasan ini memiliki pantai yang berjajar, baik panyai tersebut yang sering dikunjungi hingga yang yang masih sepi pengunjung. 

Sebagian besar pantai di Yogja mempunyai air laut yang jernih dan pasir yang putih bersih

10 Objek wisata pantai gunung kidul paling hits

Berikut ini adalah beberapa wisata pantai di kawasan gunung kidul yang cukup hits yang kami rekomendasikan untuk anda, pantai tersebut antara lain adalah:

1. Pantai Indrayanti

pantai-indrayanti

Merupakan pantai yang terkenal dengan nama pantai Pulang sawal, dan mempunyai garis pantai yang lumayan panjang dimana terdapat bukit karang, airnya yang biru dan jernih serta pasir putih. 

Pemandangan di pantai ini sangat asri dan sudah dilengkapi beberapa prasarana yang sangat memadai antaranya terdapat penginapan, kafe hingga restoran. 

Ada juga gazebo yang disediakan untuk bersantai para wisatawan dengan menikmati keindahan dan kesejukan pantai Indrayanti.

2. Pantai Kukup

pantai-kukup

Karena berdekatan dengan pantai Krakal dan Baron maka tak heran bila wisatawan sering berkunjung ke 3 pantai ini sekaligus. 

Terletak di kecamatan Tanjungsari pantai ini mempunyai pasir yang juga putih dan lembut, batu karang yang yang mencolok karena keunikannya dan ukurannya yang seperti raksasa. 

Yang lebih unik lagi terdapat jembatan yang menghubungkan ke batu karang tersebut. 

Memiliki air yang dangkal sehingga pantai ini cocok dijadikan tempat untuk sekedar bermain air ditambah air nya yang jernih dan terdapat banyak ikan kecil yang berkeliaran. 

Jangan khawatir akan kepanasan karena disini juga disediakan tikar dan payung yang disewakan bagi para pengunjung untuk berteduh.

3. Pantai Krakal

pantai-krakal

Pantai krakal adalah salah satu wisata pantai gunung kidul yang cukup terkenal.

Termasuk pantai yang mempunyai ombak sangat ramah, sehingga cocok bila dijadikan tempat bersantai untuk sekedar menikmati sunset. 

Dilengkapi dengan pasirnya yang berwarna putih dan batu karang untuk tempat bersembunyi ikan ikan kecil. 

Sama seperti pantai Kukup pantai ini juga terletak di kecamatan Tanjungsari.

4. Pantai Ngobaran

pantai-ngobaran

Merupakan pantai yang mempunyai kebudayaan agama yang toleransi, karena terdapat 4 tempat ibadah dengan keyakinan yang berbeda dan letaknya yang berdekatan. 

Dengan pesona alam yang mempesona terdapat jelas bangunan mirip pura yang dilengkapi patung dewa berwarna putih. 

Menurut cerita bangunan itu memang dibuat untuk menyambut keturunan raja Majapahit yaitu Brawijaya V. Selain pura ada juga masjid yang menghadap ke selatan. 

Jangan risau, karena akses ke pantai ini sangat mudah karena jalannya yang sudah beraspal dan tidak terjal sehingga bisa dilewati bus juga mobil.

5. Pantai Drini

pantai-drini

Di pantai ini para pengunjung dapat menyeberangi pantai menuju bukit yang ada di tengah pantai, saat air sedang surut. 

Dari atas bukit akan bisa dinikmati indahnya gugusan pantai. Ada juga jasa penyewaan kano dan pelampung yang ingin beraktivitas di pantai. 

Selain itu ada juga gazebo yang mempunyai atap alang alang yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pmandangan pantai tentu saja.

6. Pantai Siung

pantai-siung

Pantai ini berjarak 70 km dari pusat kota Yogjakarta dan mempunyai batu batu karang yang besar. 

Siung dalam bahasa jawa berarti taring, karena terinspirasi dari batu karang yang berbentuk menyerupai gigi kera atau siung wanara. 

Pantai ini dijadikan lokasi panjat tebing, dikarenakan mempunyai 250 lebih jalur panjat tebing yang menantang untuk ditaklukan. 

Selain itu pantai ini juga menyediakan area camping bagi wisatawan yang ingin menginap disini. Lokasi pantai di dusun Wates desa Purwodadi kecamatan tepus.

7. Pantai Pok tunggal

pantai-pok-tunggal

Pantai ini populer sejak tahun 2012 karena dianggap mempunyai keunikan, yaitu terdapat sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah. 

Mempnyai pasir putih yang lembut dan dikelilingi tebing tebing karang. Saat air surut maka pantai akan menampakkan bebatuan karang dan ikan yang siap ditangkap. 

Ombaknya termasuk tenang. Seperti di pantai lain di pantai ini juga menyediakan persewaan payung bagi wisatawan yang ingin berteduh. 

Disebelah timur pantai terdapat bukit yang tinggi, yang bisa didaki oleh wisatawan dengan melawati jalan setapak sebelah timur pantai.

8. Pantai Sadranan

pantai-sadranan

Merupakan tempat kegiatan religi, juga merupakan area snorkeling karena ombaknya yang tenang, air yang jernih dan pasir putih yang indah. 

Bagi wisatawan yang tidak mempunyai peralatan snorkeling bisa menyewa di area sekitaran pantai dengan harga yang bersahabat. 

Ada juga gazebo gazebo bagi yang ingin beristirahat .

9. Pantai Sundak

pantai-sundak

Pantai yang berlokasi di Tepus ini memiliki nilai sejarah. Dahulu pantai ini bernama pantai Wedibelah. 

Konon tahun 1976 ada seekor anjing yang masuk ke gua dan bertemu landak. 

Si anjing yang kelaparan pun berusaha memakan landak tersebut, namun landak mampu menghindar. 

Hingga terjadilah perkelahian antara anjing dan landak tersebut yang dimenangkan oleh anjing. Dari peristiwa itulah nama sudak berasal yaitu asu (anjing ) dan landak.

10. Pantai Baron

pantai-baron

Wisata pantai gunung kidul terpopuler selanjutnya adalah pantai baron.

Pantai yang mempunyai keunikan berupa sungai air tawar yang berada di bawah tanah dan mengalir ke laut. 

Setiap tanggal 1 suro pantai ini akan dijadikan tempat upacara sedekah laut oleh nelayan. 

Dipantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan, perahu mesin dan wahana bermain anak. 

Juga ada mercusuar yang berdiri diatas bukit sebelah timur pantai dan menjadi ikon destinasi wisata pantai ini.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Terbaru 2021"