Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Yang Menciptakan Permainan Bola Basket Adalah ? Berikut Ini Ulasan Lengkapnya

Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah naismith. Tahukah kalian siapa james naismith? beliau adalah seorang yang menjabat direktur pendidikan jasmani dari kanada amerika pada tahun 1891 bulan desember.

orang-yang-menciptakan-permainan-bola-basket-adalah

Sejarah pendiri lahirnya permainan bola basket

Naismith dilahirkan di almonte, ontario, kanada pada tahun 1861 tanggal 6 november. Meninggal tahun 1939 tanggal 28 november di lawrence kansas amerika serikat.

Pada usia yang masih belia naishmith belajar teologi, namun dalam bidang olahraga beliau selalu lebih unggul. 

Naismith mulai memperkenalkan sebuah olahraga indoor yang hingga saat ini masih populer di kalangan anak muda, beliau memeperkenalkan olahraga ini pada waktu masih di international young men's christian association training school.

Penyebab naismith menciptakan permainan bola basket

Luther Halsey Gulick Jr, seorang kepala dari departemen pendidikan jasmani yang berada di kota springfield di tahun 1891 pada musim gugur menunjuk naismith sebagai instruktur.

Permintaan gulick pada waktu itu kepada naismith dan beberapa instruktur lainnya adalah untuk membuat sebuah permainan di dalam ruangan yang nantinya dapat menggantikan kegiatan berolahraga pada luar ruangan khususnya pada waktu musim dingin.

Dari sinilah kemudian naismith mulai membuat sebuah permainan bola basket yang pada dasarnya menggabungkan beberapa konsep olahraga seperti sepak bola, permainan hoki namun dengan menghilangkan unsur kontak fisik sesama pemain basket.

Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah naismith dan pada saat awal permainan ini dibuat, dulu permainan basket terdiri dari 9 orang untuk tiap tim dikarenakan jumlah pelajar dalam kelas jasmani pada waktu itu berjumlah 18 orang. Namunlambat laun jumlah pemain dikurangi menjadi 5 pemain pada tiap tim.

Yang unik pada permainan basket ini pada awal dibuat adalah menggunakan keranjang buah persik yang mana mempunyai bobot 1,5 kilogram, sehingga apabila terjadi gol maka dibutuhkan tangga jika hendak mengambil bola.

Peraturan asli dari naismith masih menjadi fundamen untuk permainan basket yang kini terkenal hingga seluruh dunia, peraturan tersebut yaitu adalah pemain basket berlari atau berjalan dengan bola namun dengan membatasi kontak fisik dengan pemain lawan.

Pada tahun 1898 seorang naismith menerima gelar M.D dari Gross Medical College, Denver, Colorado dan Universitas Colorado School of Medicine atas prestasi dan kerja kerasnya itu.

Selain memiliki profesi pelatih olahraga bola basket sampai pada tahun 1908, pernah pula menjabat ketua departemen pendidikan jasmani di universitas kansas di lawrence dari tahun 1898 sampai 1937.

Naismith yang dikenal luas sebagai penemu bola basket serta pencetus permainan basket ternyata juga telah membuat helm pelindung untuk pemain di olahraga sepak bola amerika.

The Naismith Memorial Basketball Hall of Fame di Springfield, Massachussetts didirikan pada tahun 1959 atas jasa jasa naismith selama ini.

Demikian tadi ulasan singkat tentang orang yang menciptakan permainan bola basket adalah naismith, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan silahkan share jika bermanfaat.

FAQ

Siapa yang menciptakan permainan bola basket dan kapan?

Olahraga bola basket diciptakan oleh naismith pada tahun 1891

Berapa jumlah pemain bola basket?

Jumlah pemain bola basket ada 5 orang dalam satu tim










Posting Komentar untuk "Orang Yang Menciptakan Permainan Bola Basket Adalah ? Berikut Ini Ulasan Lengkapnya"