Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Benar

Ada saatnya seorang siswa mengalami halangan hadir masuk sekolah dikarenakan sebab-sebab tertentu. Misalnya dikarenakan sakit kegiatan lain diluar sekolah serta acara keluarga. 

Sebagai wali murid biasanya akan mengirim surat izin tidak masuk sekolah yang ditujukan untuk wali kelas ataupun guru yang mengajar. Lantas Bagaimanakah format dari contoh surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar? Supaya tidak gagal paham, simak baik-baik penjelasan di bawah ini. 

contoh-surat-izin-tidak-masuk-sekolah

Peruntukan surat izin tidak masuk sekolah biasanya dibuat secara pribadi. Tetapi jenis surat izin ini termasuk dalam kategori jenis surat resmi, jadi Untuk penulisan surat izin ini perlu ditulis menggunakan bahasa yang jelas dan baku. 

Contoh surat izin tidak masuk sekolah akan kami berikan contoh pada artikel ini.

Contoh surat izin tidak masuk sekolah

Sebenarnya cara membuat surat izin ini cukup mudah. Namun terdapat beberapa unsur yang wajib diperhatikan dalam surat izin tersebut sehingga nantinya permohonan izin yang dikirimkan ke pihak sekolah dapat diterima dengan baik oleh pihak sekolah. 

Berikut ini adalah format surat izin tidak masuk sekolah yang dapat anda jadikan referensi nantinya.

  • Tempat serta tanggal surat 
  • Yang menerima surat 
  • Terdapat salam pembuka 
  • Terdapat isi surat 
  • Terdapat salam penutup 
  • Pengirim surat atau penanggung jawab

Untuk surat izin tidak masuk sekolah sendiri terbagi menjadi 4 jenis antara lain adalah surat izin acara keluarga, surat sakit, surat izin mengikuti kegiatan di luar sekolah serta surat sakit dengan keterangan dokter.

Tidak hanya dengan memperhatikan unsur-unsur tidak masuk sekolah seperti contoh diatas, adapun pembuatan surat tersebut ada beberapa hal penting lainnya di mana juga wajib untuk diperhatikan. Hal penting tersebut biasanya terkait dengan tips pembuatan surat izin supaya terlihat lebih sopan dan formal, yaitu: 

  • Menggunakan kertas jenis HVS 
  • Coretan pada tulisan sebaiknya dihindari 
  • Lebih baik dengan ditulis tangan 
  • Sebaiknya menggunakan amplop

Contoh surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar

Apabila anda hendak membuat atau menulis surat izin tidak masuk sekolah, sebaiknya pastikan anda memahami cara-cara untuk membuat surat tersebut. Agar lebih mudah memahaminya sebaiknya simak contoh surat izin tidak masuk sekolah berikut ini:


Kepada1 Yth.Ibu/Bapak1 Guru1 Wali Kelas1 (kelas siswa) 1Dengan surat ini, 1saya selaku orang tua/wali 1murid dari: 

Nama1

Siswa1kelas1

Alamat1

Memberitahukan1 bahwa putra/i kami1 tidak dapat melaksanakan1 kegiatan belajar seperti biasa pada hari..... 1dikarenakan1 sakit..... dan 1mengharuskan1 anak1 kami1 dirawat 1di rumah 1sakit/beristirahat di 1rumah.1


Demikian surat ini1saya1buat1dengan1sebenar-benarnya.  Atas1izin1yang Bapak Ibu Guru berikan saya ucapkan1terima1kasih.


Hormat saya,


(Nama orang tua)


Demikianlah contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan format yang benar. Perhatikan dengan seksama penulisan surat izin di atas supaya terlihat lebih sopan serta dapat diterima oleh guru atau wali kelas.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Benar"