Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya Yang Eksotis & Mempesona

Tasikmalaya merupakan sebuah daerah yang kaya dengan keindahan alam, banyak terdapat objek wisata pantai di tasikmalaya yang mempesona dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi apabila anda berada di tasikmalaya.

Pantai tersebut merupakan salah satu destinasi wisata alam di tasikmalaya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika hari libur akhir pekan ataupun hari libur nasional.

Sangat cocok apabila anda hendak berlibur dengan keluarga atau teman, berwisata pantai dapat memberikan sensasi berlibur yang mengasikkan.

Pantai-Di-Tasikmalaya


Di pantai pengunjung dapat bermain air dan ombak atau dapat pula berenang dan sekedar berswafoto. Mengambil foto di kawasan ini dapat memberikan hasil foto yang keren dimana latar belakang pantai yang sangat mendukung.
Berbagai kuliner ala pantai yang kental dengan makanan seafood dapat mengguncang lidah anda dengan sensasi kenikmatan.

Masih banyak lagi aktifitas dan kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan di tempat wisata pantai ini, namun sebelum anda berangkat dari rumah maka sebaiknya persiapkan segala keperluan yang sekiranya nanti dibutuhkan dalam perjalanan ataupun ketika berada di lokasi tempat wisata.

Alamat

   

Tasikmalaya adalah sebuah kota yang berada di propinsi jawa barat, indonesia. kota yang mendapat julukan kota santri ini pada sisi sebelah utara berbatasan dengan kabupaten majalengka, pada sisi sebelah selatan berbatasan dengan samudra hindia.

Pada sisi sebelah barat berbatasan dengan kabupaten garut, sedangkan pada sisi timur berbatasan dengan kabupaten ciamis dan kabupaten pangandaran.
Luas wilayah kabupaten tasikmalaya adalah 2.713 km² dengan jumlah penduduk pada tahun 2015 sekitar 1,736 juta jiwa.

Akan kami ulas sedikit informasi mengenai destinasi wisata pantai di tasikmalaya, pantai yang sangat direkomendasikan dari segi keindahan, kenyamanan dan fasilitasnya. Pantai tersebut antara lain adalah:

1.   Pantai Cipatujah

Pantai-Cipatujah

Pantai di tasikmalaya ini adalah yang menjadi primadona wisatawan, lokasi tempat ini menjadi lokasi rekreasi yang menyenangkan. 

Area ini pada tahun 2006 pernah tersapu oleh ombak tsunami, namun daerah ini segera berbenah dan melakukan perbaikan maupun fasilitas disemua bidang.

Sehinga sekarang dapat dilihat lokasi ini menjadi sebuah kawasan wisata yang eksotis dengan berbagai layanan yang menarik pengunjung.
Garis pantai cipatujah ini sangat panjang dengan hamparan pasirnya yang bersih.

Pengunjung dapat bermain air dan berenang, namun sangat diharapkan jangan sampai melebihi garis pantai karena ombaknya cukup berbahaya.

Panorama alam yang sangat indah dan selalu ditunggu para pengunjung adalah matahari terbenam atau sunset.

Alamat : lokasi pantai ini berada di desa cipatujah kecamatan cipatujah jarak tempuh pusat kota tasikmalaya dengan lokasi ini sekitar 74 kilometer.

2.   Pantai Sindangkerta

Pantai-Sindangkerta

Pesona panti ini sangat memukau, dengan lanskap pantainya yang landai berpasir putih dan penuh dengan karang.

Keragaman inilah yang menjadi daya tarik lokasi ini, maka tak mengherankan perpaduan keragaman alam ini menjadikan kawasan ini menjadi lebih indah dan eksotis.

Tak cukup sampai disitu, terdapat sebuah taman laut yang popular bernama Taman Leungsar, taman laut ini memiliki beragam kekayaan alam bawah laut seperti ikan hias, bintang laut, kerang, siput, kepiting kecil dan terdapat pula sebuah penangkaran penyu hijau yang langka.

Apabila anda beruntung maka pada waktu tertentu anda dapat ikut melepaskan anakan penyu ke arah laut.

3.   Pantai Pamayangsari

Pantai-Pamayangsari

Pantai ini mempunyai lokasi dekat dengan pinggir jalan raya, pantai ini merupakan pantai para nelayan. Apabila anda baru pertama kali berkunjung ke tempat ini maka anda akan jumpai banyak perahu perahu nelayan yang berjajar rapi di pinggir pantai.

Dari arti namanya pantai pamayangsari yang memiliki kata dasar “pamayang” mempunyai arti nelayan.

Tersedia sebuah dermaga kecil tempat berlabuh para nelayan, terdapat pula sebuah menara yang berdiri cukup tinggi untuk memantau kondisi laut.

Pantai ini berwarna biru dengan pasirnya berwarna hitam, semilir angin yang berhembus sepoi sepoi menjadikan pengunjung enggan beranjak dari lokasi ini.

Banyak berdiri warung dan tempat makan yang menawarkan masakan laut dengan harga terjangkau.

4.   Pantai Karangtawulan

Pantai-Karangtawulan

Pantai yang membentang sangat indah ini merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan tasikmalaya.

Kelebihan berada di lokasi ini adalah wisatawan diperbolehkan melihat pemandangan air laut dari atas bukit, tempat ini dipenuhi dengan hamparan batu karang.

Berdiri dengan megah sebuah batu karang besar dengan bentuk bulat di tengah pantai.

Batu karang besar mempunyai bentuk bulat dengan keindahan pemandangan pantai . Pantai karangtrowulan berada di desa kalapagenep –cikalong – tasikmalaya – propinsi jawa barat.

5.   Pantai Bubujung

Pantai-Bubujung

Pantai bubujung merupakan sebuah destinasi wisata pantai yang berada di cipatujah, sebuah daerah di bagian selatan kabupaten tasikmalaya.
Persisnya ada di kampung alur - desa ciheras - kecamatan cipatujah.

Luas area ini sekitar 500 meter persegi berupa hamparan tanah lapang, terdapat bebatuan yang menjulang tinggi dengan sebagiannya tertutup pepohonan.

Pengunjung yang pernah datang ke lokasi ini pasti ketagihan untuk datang lagi.

Pemandangan alam yang indah berupa hamparan pantai selatan yang cukup panjang sepanjang perbatasan kabupaten garut sampai muara cipangkusan yang mempunyai hulu sungai dari sebuah desa bernama desa pameutingan.


6.   Pantai Cimanuk

Pantai-Cimanuk

Berbeda dengan kebanyakan daerah yang berada di pantai yang mempunyai suhu udara panas dan terik, sebuah pantai yang berada di selatan tasikmalaya tidak merasakan hal demikian.

Secara geografis lokasi ini adalah persawahan, bibir pantai dan perbukitan.

Di daerah ini hanya dipisahkan jalan raya hingga pantai cimanuk udaranya sangat sejuk.

Apabila anda beruntung anda akan mengunjungi area konservasi penyu resmi (sudah ada surat dari Kementrian Lingkungan Hidup).

Pantai lainnya yang berada di kawasan tak jauh dari tempat ini merupakan sebuah pantai yang asri dengan pesona alam yang menawan.

7.   Pantai Ciheras Tasik Selatan

Pantai-Ciheras

Pantai ciheras mempunyai rute jalan yang mudah untuk dilalui, terutama dari pusat kota tasikmalaya.


Bahkan untuk menuju lokasi pantai ciheras ini dapat menggunakan fasilitas kendaraan umum yang sudah tersedia, ada jurusan tasik – ciheras atau tasik – pameungpeuk.

Jarak tempuh dari tasikmalaya menuju desa ciheras memerlukan waktu 2,5 jam atau sekitar 85 kilometer.

Trafik pengunjung di pantai ciheras tergolong sepi, pasir pantai disini berwarna putih dengan ombak yang lumayan besar.

8.   Pantai Cikawung Gading

Pantai-Cikawung-Gading

Pantai cikawung gading mempunyai ciri khas tersendiri yang mana pantainya berdekatan dengan muara sungai leuwi.

Panjang sungai ini diperkirakan cukup panjang, dan terdapat sebuah jembatan yang cukup terkenal, yaitu jembatan ponton.

Apabila anda hendak melakukan perjalan liburan di tempat wisata pantai di tasikmalaya, ada baiknya menjadikan referensi di atas ketika hendak memilih lokasi berlibur.

Posting Komentar untuk "8 Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya Yang Eksotis & Mempesona"