Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Destinasi Wisata di Yogya Terbaru Dan Terhits

Hampir semua orang tentu ingin berlibur ke jogja, karena memang destinasi wisata di yogya yang  terbilang lengkap. Tentu saja semuanya sangat menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. 

Kota pelajar ini memang dianggap memiliki segalanya mulai dari tempat wisata budaya, wisata alam, wisata instagramable hingga wisata kuliner pun tersedia.

destinasi-wisata-di-yogya

Banyak pengunjung yang ingin kembali lagi setelah melakukan perjalanan wisata di kota yogya, hal itu dikarenakan pengalaman berkesan indah yang menancap kuat di benak pengunjung.

14 Tempat wisata yogyakarta paling terkenal yang wajib dikunjungi

Berikut destinasi wisata terbaik di jogja yang wajib kamu kunjungi, terutama bagi yang baru pertama berkunjung ke kota gudeg ini :

1. Jalan malioboro

jalan-malioboro

Jalan malioboro adalah destinasi yogyakarta yang sangat terkenal. Wisatawan yang berkunjung ke jogja akan dianggap belum benar benar ke jogja bila belum mampir ke jalan malioboro. Atau setidaknya pernah melewati jalan ini.

Di malioboro selain biasanya untuk membeli oleh oleh khas jogja, juga bisa untuk wisata kuliner. Apalagi bila malam hari banyak terdapat tenda makanan yang didirikan.

Bila kebetulan pergi ke jogja dengan mengendarai kereta api, maka bisa langsung jalan kaki dari stasiun tugu ke jalan malioboro karena letakknya yang hanya berseberangan. Terlebih lagi bila sampai ke jogja pada waktu sore hari, semakin cocok untuk langsung berwisata kuliner ke area malioboro.

2. Kraton yogyakarta

kraton-yogyakarta

Sebagaimana semua orang ketahui bahwa jogja merupakan daerah istimewa yang dipimpin oleh raja yaitu sultan hamengkubuwono x. 

Sedangkan kraton yogyakarta adalah istananya, didalam kraton kita bisa belajar sejarah panjang kesultanan yogyakarta.

Komplek utama kraton dibuka untuk umum mulai pukul 08.30 – 13.00 wib, keculai untuk hari jumat hanya sampai pukul 11.00. 

Di dalam kraton juga telah disediakan pemandu untuk menjelajahi area kraton. Namun bila ingin berjalan jalan sendirian pun diizinkan.

Untuk harga tiket masuk kraton termasuk sangat murah, yaitu hanya 5 ribu rupiah saja untuk wisatawan domestik dengan tambahan biaya  seribu rupiah bagi yang ingin berfoto.

3. Alun alun selatan

alun-alun-selatan-yogyakarta

Sesuai namanya alun alun ini terletak di sebelah selatan kraton yogyakarta, namun masih termasuk dalam area benteng kraton yogyakarta. 

Berbeda dengan alun alun sebelah utara yang hanya ramai bila ada event besar saja, alun alun selatan ini selalu ramai di setiap harinya.

Disini warga lokal maupun para wisatawan refreshing duduk duduk santai maupun bermain badminton, ada juga yang ngemil di warung tenda, atau berkeliling alun alun dengan naik kereta hias. 

Semakin sore biasanya suasana justru semakin ramai dan semarak karena semakin banyak juga orang yang akan datang. 

4. Taman sari

taman-sari-yogyakarta

Hampir sama dengan alun alun selatan yang berlokasi di area benteng kraton yogyakarta, taman sari juga wajib dikunjungi bagi wisatawan yang baru pertama ke jogja. 

Tempat wisata yang dahulu merupakan tempat pemandian pribadi bagi sultan dan para permaisurinya. Meskipun kini sudah tidak digunakan lagi.

Taman sari mempunyai area pemandian yang unik sekali.  Terutama tangga bawah tanahnya yang mempunyai arsitektur yang unik. 

Selain itu kita juga bisa menyusuri lorong lorong bawah tanah yang mempunyai nilai sejarah tinggi, serta jangan lupakan letaknya yang instagramable banget.

5. Tugu yogyakarta

tugu-yogyakarta

Tugu satu ini merupakan salah satu area ikonik jogja yang juga tidak boleh dilewatkan bagi wisatawan, terutama yang baru berkunjung ke jogja. 

Lokasi tempat wisata yang ini juga wajib dikunjungi jika berkunjung ke yogyakarta.

Umumnya tugu ini memang merupakan tempat berfoto dengan latar belakang tugu dan harus trickly. 

Misalnya berfoto dari pinggir jalan seberangnya, dengan timing yang bagus bisa dipastikan foto yang dihasilkan akan bagus. 

Ada juga yang mampir ke restoran maupun kafe diseberangnya, yang biasanya mempunyai teras 2 lantai yang bisa digunakan untuk berfoto tapi harus dengan memesan makanan dan minuman terlebih dahulu.

6. Candi prambanan

candi-prambanan

Merupakan candi hindu terbesar di indonesia,  yang terletak di klaten tepatnya perbatasan antara jogja dan jawa tengah. 

Selain itu candi prambanan merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di jogja mengingat pernah digunakan untuk syuting acara acara internasional. 

Sebut saja variety show netflix, dan film twogether yang bintangnya adalah lee seung gi dan liu yi hao.

Candi ini dibangun oleh raja rakai pikatan dari kerajaan mataram kuno pada tahun 850 masehi. 

Sebagian area candi telah berhasil dipugar setelah runtuh disebabkan berbagai bencana alam maupun karena ditelantarkan. 

Sebagian yang tidak bisa dibangun kembali dikumpulkan berserakan di sekitar  di sekitar komplek candi. Dulu diperkirakan sampai 240 candi di area candi, sekarang hanya tersisa 18 candi saja.

7. Candi borobudur

candi-borobudur

Candi yang terlatak di daeran muntilan, jawa tengah ini, merupakan candi terbesar di dunia. Dengan jarak tempuh mencapai 40 km dari jogja atau 1,5 jam saja dengan mobil.

Candi borobudur tekenal mempunyai bentuk yang sangat indah, baik dilihat dari ketinggian maupun dari sekitarnya. 

Dengan berbentuk persegi 9 platform dan 1 candi utama di puncaknya. Dindingnya yang berukir yang merupakan jalinan cerita baik kondisi masyarakat di masa itu hingga tentang kisah kisah budha.

Terutama di masa waisak candi borobudur akan menjadi lebih terkenal. Dimana ketika acara pelepasan lampion sebagai bagian perayaan hari besar umat budha tersebut. 

Tak hanya itu candi ini juga merupakan tempat terbaik untuk melihat sunrise.

8. Pantai parangtritis

pantai-parangtritis

Destinasi wisata di yogya berikutnya adalah pantai parangtritis, mempunyai garis pantai yang panjang serta area pasir yang luas, banyak hal yang bisa kamu nikmati di  pantai parangtritis. 

Mulai dari mengendarai ATV atau delman, bermain pasir, sekedar duduk duduk  menikmati angin laut,sampai berburu foto keren di gundukan pasir.

Pantai parangtritis ini juga merupakan salah satu pantai terbaik jika ingin menikmati sunset.

9. Lereng gunung merapi

lereng-gunung-merapi

Ada 2 pilihan yang bisa dipilih untuk mengunjungi gunung merapi. Mengikuti tour dengan jeep ke area kaliaden di lereng gunung merapi ataupun mendaki.  

Lakukan persiapan ekstra bila pilihannya adalah mendaki, karena mendaki gunung ini tidaklah mudah. Berbeda dengan tour menggunakan jeep yang bisa dilakukan kapan saja.

Bisa juga memesan private jeep tour ke kaliadem di gunung merapi. Bisa memilih berapa jumlah rombongan yang akan mengikuti tour. 

Bila beruntung akan bisa melihat langsung bunker kaliadem, bekas bekas letusan gunung merapi serta keindahan gunung dari dekat.

10. Goa jomblang

goa-jomblang

Dalam 5 tahun terakhir goa jomblang meningkat popularitasnya, dikarenakan “ cahaya surga” nya yang populer di instragam.

Dibutuhkan fisik yang sangat kuat untuk mengunjungi wisata ini, karena akan diturunkan ke dasar cekungan besar sedalam 60 meter, kemudian melanjutkan trekking beberapa menit ke dalam perut goa. 

Treknya yang berlumpur semakin menjadikan perjalanan ke goa jomblang semakin sulit.

11. Hutan pinus pengger

hutan-pinus-pengger

Lokasi destinasi wisata di yogya satu ini menyajikan pemandangan hutan pinus dan juga mempunyai berbagai struktur unik yang dibuat dari pepohonan. 

Selain itu udara di daerah juga sangat adem dan tercium harumnya pinus yang menyegarkan bila dikunjungi pada pagi atau sore hari.

Ada juga banyak spot foto menarik dan unik yang terbuat dari kayu,  bisa juga berfoto di instalasi seni yang berbentuk tangan raksasa atau dengan latar belakang pemandangan panorama kota.

12. Goa pindul dan sungai oyo

goa-pindul-dan-sungai-oyo

Terletak di kabupaten gunung kidul. Merupakan goa wisata yang banyak diminati wisatawan. 

Perbedaan dengan goa jomblang adalah goa pindul mempunyai sungai bawah tanah yang menyambung ke sungai oyo, yang bisa ditelusuri dengan ban atau river tubing disini.

13. Waduk sermo

waduk-sermo

Merupakan sebuah waduk besar di kabupaten kulon progo. Dan berfungsi sebagai penampungan air untuk saluran irigasi area pertanian dan perkebunan.  

Selain itu pemandangan indah di waduk sermo menjadikan satu wisata terbaik di jogja.

Bisa juga dicoba pengalaman unik camping di tepi waduk sermo untuk liburan outdoor yang pasti seru tak terlupakan. Aktivitas tambahan lain bisa bermain kayak atau kano dan memancing.

Ada juga private tour 2 hari 1 malam di tepi waduk sermo, yang sudah paket lengkap yaitu tenda yang disiapkan dan campervan, serta fasilitas lain seperti sarapan dan makan malam, BBQ, hingga api unggun.

14. Pantai nglambor

pantai-nglambor

Merupakan sekian dari pantai yang ada di gunung kidul, yogyakarta. Dan merupakan pantai yang unik dan cocok untuk snorkeling dan berenang. 

Karena airnya yang relatif tenang, sungguh kegiatan yang tidak bisa dilakukan di pantai selatan lain karena ombaknya yang besar.

Keunikan lain disebabkan oleh 2 gunung karang yang berada di depan bibir pantai. Memecah ombak hingga ombak besar tidak sampai di area pantai nglambor. 

Jarak pantai ini dari pusat kota jogja cukup jauh, namun semua akan terbayar ketika sudah sampai di lokasi pantai ini.

Beberapa cara menuju jogja :

Ada 3 pilihan yang masing masing mempunyai kelebihan maupun kekurangan :

1. Menggunakan transportasi mobil pribadi/travel

Bisa dianggap pilihan terbaik bagi yang takut traveling dengan banyak orang asing. 

2. Menggunakan transportasi kereta api

Merupakan opsi populer dan banyak diminati karena kenyamannya. Apalagi bila menggunakan kereta eksekutif dari stasiun gambir maupun bisnis dari stasiun pasar senen yang sama sama berhenti di stasiun tugu yogyakarta.

3. Menggunakan  transportasi pesawat

Merupakan pilihan paling cepat karena penerbangan jakarta jogya hanya 1,5 jam saja. Untuk harga tiket pun termasuk terjangkau mulai dari 300 ribuan saja.

Rekomendasi hotel jogja

hotel-mulia-purosani

Memang banyak sekali hotel di jogja, baik yang murah maupun mewah. Untuk saat ini hotel mulia purosani mempunyai penawaran paket untuk 2 malam dengan tairf hanya 756 ribu permalam. 

Dengan harga segitu kita sudah bisa menikmati fasilitas mewah hotel bintang 5 yang terletak di pusat kota joga, mendapatkan sarapan gratis dan 1 x makan gratis atau back/foot massage gratis.

Tips keliling joyja selama liburan, sewalah mobil pribadi karena sebagian besar destinasi wisata di yogya terletak di luar kota, dan jarang kendaraan umum untuk sampai ke lokasi. 

Semoga bermanfaat dan selamat berlibur dengan aman, nyaman dan menyenangkan bersama dengan keluarga tercinta.

Posting Komentar untuk "14 Destinasi Wisata di Yogya Terbaru Dan Terhits "