Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Tongging, Merek, Sumut yang Hitz

Berlibur di tanah karo adalah sangat mengasyikkan,  karena kabupaten  ini memiliki pesona danau toba. 

Dari banyak tempat di kabupaten tersebut, desa tongging merupakan tempat wisata di tongging  merek tanah karo sumatera utara yang banyak direkomendasikan untuk traveler.

tempat-wisata-di-tongging

Dari keindahan air terjun dan gunung sipiso piso hingga beragam atraksi wisata memikat di desa tongging dapat dijumpai di kecamatan merek.

Topografi desa tongging sumatera utara

Asal mula tongging ternyata berhubungan dengan indahnya topografi fisik daerah ini. Sejarah namanya diketahui berasal dari sebuah kosa kata batak yakni tonggi yang berarti manis atau sedap.

Kawasan ini mempunyai daerah yang unik, topografi alamnya berupa lereng terjal dengan relief bergunung. Mempunyai kemiringan 70 %, tongging seperti lembah menawan yang dijaga oleh bukit bukit raksasa.

Pemandangan khas dari permukaan bumi tersebut bahkan sudah dapat disaksikan sejak memasuki gerbang retribusi. 

Yang mana panorama kanan jalan menampakkan latar lereng danbagian kanan menyuguhkan teduhnya danau toba.

Lokasi tongging

Tongging adalah sebuah desa yang berada di kecamatan merek, tepatnya di kabupaten karo, propinsi sumatera utara, indonesia.

Rute ke desa tongging

Jarak dari berastagi ke desa tongging hanya 46,7 kilometer ( 1 jam waktu tempuh). Sedangkan dari medan sekitar 109 kilometer dengan durasi tempuh 2,5 jam.

Jalan ke lokasi sudah bagus, namun tetap harus hati hati karena kondisi yang curam  dan hanya dapat dilalui 1 unit bus pariwisata. 

Untuk biaya masuk diminta di pos retribusi sipiso piso sebesar lima ribu rupiah/orang

Sebelum pulang baiknya berhenti sejenak di sapo juma yang instagenik karena spot ini cukup dekat di jalan menuju merek.

Objek wisata di tongging paling hitz

Agar liburan di daerah tongging semakin padat, berikut 5 destinasi  wisata terbaik di tongging yang bisa dijadikan referensi :

1. Taman simalem

taman-simalem-tongging

Taman simalem adalah sebuah resort mewah yang lokasinya berada di sisi danau toba sekaligus menghadap ke arah danau toba.

Berada di atas perbukitan menjadikan resort di merek,karo ini seperti penginapan yang dipenuhi wahana berlibur impian. Kita tidak diharuskan untuk menginap, bila hanya ingin berkunjung saja juga boleh.

Selain sebagai tempat menginap, disini kita juga akan menjumpai air terjun, wisata agro, permainan puzzle hingga menemui aneka kerajinan tangan khas sumatra utara.

Untuk lokasi taman simalem sendiri terletak di jalan lintas merek – sidikalang. Lokasinya mudah ditemukan karena disimpang menuju resort, terpampang baliho besar sebagai tanda. 

Berapa biaya menginap di taman simalem?? Biaya untuk menginap sekita 1 jutaan / malamnya.

2. Sapo juma tongging

sapo-juma-tongging

Sapo juma tongging adalah sebuah taman bunga yang memiliki daya tarik bagi para wisatawan.

Dikelilingi taman bunga yang asri dan mencolok membuat sapo juma di desa tongging langsung populer sejak dibuka. 

Bukan hanya itu , taman bunga yang berjarak 65 kilometer dari kota berastagi tersebut sudah menyediakan akomodasi penginapan.

Berapa harga tiket masuk di sapo juma tongging ?? Dengan tiket hanya 10 ribu / orang, kita sudah bisa bermain sepuasnya di pelataran taman bunga sapo juma. Baik mau berfoto maupun hanya menikmati eloknya pemandangan danau toba di perbukitan ini.

3. Gunung sipiso piso

gunung-sipiso-piso

Daerah  merek juga terdapat bukit indah yang dahulu tak pernah sepi dan selalu dipadati pengunjung, yang bernama gunung sipiso piso.

Kabarnya akses untuk sampai ke tempat camping sumatra utara ini sudah sangat memadai. Baik akses untuk mobil yang bahkan bisa dibawa sampai ke puncak.

4. Bukit gajah bobok

bukit-gajah-bobok-tongging

Beberapa waktu yang lalu lokasi bukit gajah bobok ini sempat hitz, namun dengan banyak bermunculannya tempat wisata di merek tongging terbaru menjadikan lokasi bukit gajah bobok sepi pengunjung.

Kabarnya gajah bobok akan dijadikan tempat wisata paralayang atau terjun payung di kabupaten karo. Menurut informasi, sekarang sedang tahap persiapan.

5. Tongging, desa wisata terbaik

desa-tongging-merek-sumut

Lokasi objek wisata ini terletak di utara danau toba dan termasuk salah satu kawasan geopark yang mendapat perhatian khusus. 

Mungkin dikarenakan dari sekian destinasi yang ada di kecamatan merek, tongging paling memenuhi kriteria sebagai destinasi yang lengkap dengan amenitas wisata.

Mulai dari memandang keindahan danau vulkanik sambil berenang di hotel villa armina. Mencoba lezatnya kuliner ikan jahir sampai berswa foto di ikon desa wisata tongging.

Tempat wisata di tongging terletak di utara danau toba dan termasuk salah satu kawasan geopark yang mendapat perhatian khusus . 

Karena dari sekian destinasi kecamatan merek, tongging paling memenuhi kriteria sebagai destinasi yang lengkap dengan amenitas wisata.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata di Tongging, Merek, Sumut yang Hitz"