Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Menanam Pohon Bidara di Rumah

Alasan penting mengapa kita perlu belajar bagaimana cara menanam pohon bidara di rumah, adalah karena selain tanaman ini merupakan pohon yang tertulis di dalam Al Quran. 

Juga karena manfaatnya yang terkenal untuk ruqiah dan pengobatan sihir juga bisa mengusir jin serta makhluk halus.

pohon-bidara

Tanaman yang mempunyai nama latin ziziphus mauritiana ini diperkirakan berasal dari Asia Tengah. 

Sekarang tanaman ini menjadi tanaman yang secara ramai mulai ditanam untuk kebutuhan komersial bahkan di beberapa negara. 

Sebut saja India, China, Thailand dan tentu saja Indonesia juga masih banyak negara negara lainnya.

Tanaman pohon bidara mudah tumbuh dan subur bila berada di lingkungan yang panas, kaya akan sinar matahari, dan cuaca yang kering.

Tanaman bidara yang berasal dari negeri arab ini selain di lahan pekarangan, penanaman tanaman ini dapat dilakukan di pot.

Perbanyakan tanaman bidara dapat dilakukan dengan stek batang tanaman bidara, namun dapat pula dilakukan dengan perbanyakan tanaman mulai dari biji.

Cara menanam bidara dari biji

cara-menanam-pohon-bidara

Berikut, langsung saja kita mempelajari tehnik bagaimana cara menanam pohon bidara di rumah :

1. Pemilihan bibit dan media semai

Terlebih dahulu belilah biji tanaman bidara yang sudah dikupas cangkangnya, bisa dibeli di toko bibit tanaman. 

Kemudian rendam biji bidara bersama bawang merah dalam air hangat selama 1 malam. 

Perendaman biji bidara bersama bawang berfungsi dapat membuat bidara cepat tumbuh. Setelah 1 malam tiriskan air dari biji bidara.

2. Penyemaian

Sebelum dilaksanakan proses penyemaian, terlebih dahulu siapkan beberapa alat seperti : wadah, tisu dan plastik sungkup. 

Kemudian caranya, pasang tisu yang telah dibasahi sebanyak  2 – 3 lembar pada wadah. Kemudian susun biji bidara yang telah ditiriskan tadi di atas tisu tersebut. 

Siram biji dengan menggunakan alat penyemprot ke seluruh permukaan biji. Terakhir tutup hasil penyemaian menggunakan plastik sungkup dan biarkan selama kurang lebih 2 hari. 

Bukalah plastik sungkup apabila biji bidara sudah mengeluarkan akar.

3. Memindahkan ke media tanam

Sebelum memindahkan biji siapkan dahulu media tanamnya yaitu campuran tanah humus, abu sekam padi, dan pupuk kandang yang telah dimasukkan ke dalam polybag. 

Baru kemudian pindahkan biji yang sudah berakar tadi ke dalam polybag tersebut. Pastikan supaya posisi akar benar menghadap ke bawah. 

Lalu sirami media dengan menggunakan sedikit air. Biasanya setelah 6 – 7 hari benih akan tumbuh dan mengeluarkan 2 helai daun bidara muda.

4. Cara perawatan

Biasanya tanaman bidara akan berbuah di tahun kedua setelah masa penanaman. Pangkaslah beberapa bunga dari pucuk baru supaya dapat menghasilkan buah yang berukuran baik pada pucuknya. 

Berilah pupuk kandang dan pupuk nitrogen saat proses pembentukan buah. Dan jangan lupa untuk memberi air yang cukup pada pohon saat tanaman mulai berbuah.

Khasiat tanaman bidara

Berikut ini adalah beberapa khasiat daun bidara yang dianggap mistis, antara lain seperti :

1. Untuk ruqiah

Daun bidara dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat ampuh untuk mengusir jin. Terutama bagi kaum muslim sendiri, itulah mengapa daun ini sering digunakan untuk pengobatan sihir seperti ruqiah. 

Bahkan ulama terkenal Ibnu Katsir menafsirkan surah Al Baqarah ayat 102 yaitu disarankan untuk mengobati sihir menggunakan 7 helai daun bidara. 

Caranya dengan daun bidara ditumbuk halus dan dicampurkan air. Lalu air campuran daun tersebut dibacakan ayat kursi dan surat surat pendek lainnya.

2. Untuk memandikan jenazah

Disebabkan daun bidara mempunyai kandungan alami sebagai pembersih kotoran, karenanya banyak orang kemudian menjadikan daun ini untuk memandikan dan membersihkan jenazah.

 Caranya daun bidara diremas lalu dicampur dengan air sampai mengeluarkan busa yang bisa digunakan untk memandikan jenazah.

3. Untuk membersihkan rumah, rumah angker dari gangguan jin.

Jika kita merasa diganggu jin di rumah, cobalah dengan berdoa dan gunakan daun bidara. Semprotkan campuran air dan daun bidara ke pojok pojok rumah yang dirasa sering terjadi gangguan. 


Posting Komentar untuk "Panduan Cara Menanam Pohon Bidara di Rumah"