Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Pohon Saga Dari Biji & Stek Untuk Pemula

Cara menanam pohon saga terbilang cukup mudah, namun sebelum menanam pohon saga ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa itu tanaman saga? 
Tanaman saga adalah tanaman perdu merambat serta melilit yang dapat tumbuh hingga 5 meter, tanaman ini juga biasa disebut saga rambat atau saga manis. Mempunyai warna biji jingga kemerahan.
 
cara-menanam-pohon-saga


Nama tanaman saga cukup banyak antara lain adalah saga telik, saga rambat, saga areuy atau abrus precatorius. Tanaman yang terkenal sebagai obat anti sariawan. 
Bentuk daun saga adalah bulat telur mempunyai panjang daun 0,6 hingga 2,5 cm serta lebar 3-5 mm. Saga adalah bunga majemuk mempunyai warna baju ungu muda sampai kemerahan dengan panjang bunga 1 sampai 1.5 cm. 
Ukuran daun saga cukup bervariasi tergantung dari nutrisi serta perawatan. Bentuk polong adalah memanjang dengan panjang 2 sampai 5 cm. 
Tanaman saga mempunyai bentuk bulat lonjong serta memiliki garis tengah 0,5 cm. Dalam satu polong bisa berisi 3 sampai 6 biji buah saga.
Mempunyai bentuk biji bulat lonjong dengan garis tengah 0,5 cm bentuk biji berwarna merah mengkilat dan keras.
Bentuk dari biji tanaman saga berwarna merah dan hitam pada bagian ujung biji saga. Di negara tiongkok biji tanaman saga kerap digunakan untuk perhiasan lambang kasih sayang.

Cara budidaya tanaman herbal saga

Cara menanam pohon herbal saga pada umumnya dapat dengan menggunakan 2 cara yaitu dari biji maupun dari stek. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Cara menanam pohon saga dari biji

Untuk cara menanam pohon saga dari biji maka langkah pertama adalah persiapkan biji saga terlebih dahulu, selanjutnya rendam dalam air kurang lebih 15 menit atau sampai bijih saga mulai lunak. Dengan menerapkan metode ini, biji saga menjadi lebih baik dalam proses berkecambah.
Bisa juga biji saga ditanam langsung pada tanah maupun disemaikan pada polibek terlebih dahulu.
Dapat pula diletakkan pada kapas basah sehingga proses berkecambah menjadi lebih mudah.
Tunggu beberapa waktu hingga kecambah mengeluarkan daun, baru kemudian dilakukan pemindahan ke tanah.
Pada masa awal penanaman tanaman saga, letakkan benih tanaman saga ditempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Cara menanam tanaman saga dengan stek

Metode penanaman pohon saga dengan cara di setek adalah cukup mudah, yaitu siapkan kayu pohon saga yang tidak terlalu muda namun juga bedak terlalu tua yang sudah dipotong 30 sentimeter. Selanjutnya tancapkan pada media tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
Berikutnya adalah lakukan perawatan dengan melakukan penyiraman serta membersihkan area pohon saga dari serangan gulma. Selain itu lakukan pemangkasan pada tangkai pohon saga serta lakukan pemupukan secara berkala.

Cara merawat pohon saga

Untuk merawat tanaman saga sangatlah mudah karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan.
Hanya saja lakukan pemupukan, penyulaman serta pengendalian hama serta penyakit secara rutin.
Adapun untuk mengendalikan kutu tanaman bisa menggunakan insectisida sistemik. Virus marioni adalah salah satu hama yang sering menyerang tanaman saga. 
Apabila menemui virus ini segera basmi secepat mungkin karena virus ini dapat menyebabkan beberapa penyakit antara lain seperti penyakit sapu setan, heterodera sp serta meloidogyne sp.
Apabila kondisi tanah kurang subur maka lakukan pemupukan. Komposisi pupuk per hektar dapat menggunakan 45 kilogram fosfor, 50 kg serta 50 kg kalium.

Masa panen pohon saga

Apabila tanaman saga sudah berumur 6 sampai 8 bulan maka sudah dapat dipanen. Pada usia ini biasanya tinggi tanaman dari tanah adalah 30 cm.
Untuk pemanenan akar pohon saga bisa dilakukan ketika sudah berumur 3 tahun. Adapun produksi agar basah untuk tiap HA nya adalah 2.500 sampai dengan 3.000 kg akar basah. Pengeringan akar tanaman saga sebaiknya dilakukan di bawah sinar matahari secara langsung.
Demikianlah artikel singkat kami tentang cara menanam pohon saga. Semoga bermanfaat serta jangan lupa untuk mengikuti postingan artikel kami lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Pohon Saga Dari Biji & Stek Untuk Pemula"