Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menanam Bunga Mawar Untuk Pemula, Mudah Dan Simple!

Untuk anda sebagai pemula sangat penting mengetahui cara menanam bunga mawar yang baik dan benar. 

Karena dengan mengetahui dasar-dasar menanam bunga mawar untuk menghasilkan mawar yang indah di pekarangan rumah, maka pastinya mawar nan cantik dapat anda nikmati keindahannya bersama keluarga.

bunga-mawar

Berikut ini cara menanam bunga mawar yang baik dan benar

Ada beberapa tahapan yang wajib dilakukan dan apabila hendak menanam bunga mawar yang menghasilkan bunga yang indah dan cantik, berikut ini adalah caranya : 

1. Pilih pot yang tepat

cara-menanam-bunga-mawar

Cara pertama adalah pemilihan pot yang tepat karena mawar dapat tumbuh dengan akar yang memanjang jadi membutuhkan media yang yang cukup luas. Sebaiknya pilih pot yang memiliki ukuran sedang atau tidak terlalu besar.

Karena jenis pot yang tepat adalah sangat penting bagi pertumbuhan tanaman bunga mawar maka pilihlah pot yang berasal dari tanah. Kemudian letakkan batu kerikil dengan ukuran kecil pada bagian atas pot agar dapat memperindah tampilan mawar nantinya. 

2. Siapkan tanah 

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan tanah, komposisi tanah terbaik adalah menggunakan campuran bahan-bahan seperti pupuk kompos atau pupuk kandang. 

Sebaiknya campuran tersebut dengan komposisi tanah 3 bagian dan kompos 1 bagian.

3. Siapkan bibit tanaman mawar 

Kondisi tanah terbaik untuk tanaman bunga mawar adalah seperti spons dimana tidak terlalu basah namun lembab.

Apabila persiapan tanah sudah selesai maka bibit bunga mawar dapat langsung ditanam. 

Cara menanam tanaman bunga mawar yaitu dengan mengisi pot kurang lebih dua pertiga, jadi tidak sampai penuh. 

Melakukan penanaman secara hati-hati agar bibit bunga mawar dapat tumbuh dengan baik. 

4. Penyiraman secara rutin 

Tahapan cara menanam bunga mawar selanjutnya yaitu adalah proses penyiraman. 

Waktu untuk penyiraman terbaik adalah antara jam 6 pagi sampai jam 10 pagi. Jumlah air yang digunakan jangan terlalu berlebihan sehingga tanaman mawar menjadi basah sekali. 

5. Pemberian pupuk secukupnya 

Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah pemberian pupuk. Hal ini wajib dilakukan karena tanaman bunga mawar membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya . 

Pemberian pupuk tidak boleh berlebihan namun boleh kurang sehingga nutrisi untuk tanaman tetap terjaga dengan baik. 

Produk Pupuk untuk tanaman bunga mawar sudah banyak dijual di toko-toko perkebunan terdekat 

6. Menjaga suhu di sekitar bunga mawar

Tahapan selanjutnya untuk cara menanam bunga mawar adalah menjaga suhu di sekitar tanaman bunga mawar. Karena bunga mawar sangat rentan sekali pada suhu di sekitarnya. 

Tanaman bunga mawar dapat terancam pertumbuhannya jika berada lingkungan dengan suhu yang ekstrem seperti terlalu basah pada waktu musim penghujan ataupun terlalu panas pada musim kering. 

Apabila suhu yang ada di sekitar bunga mawar sangat ekstrem maka harus dilakukan penyelamatan dengan memasukkan ke dalam ruangan yang lebih bersahabat. 

Tanaman bunga mawar tidak membutuhkan paparan sinar matahari yang banyak, hanya sinar matahari secukupnya saja serta dengan sirkulasi udara yang lancar.

Tahapan-tahapan untuk cara menanam bunga mawar seperti tersebut di atas adalah dasar untuk pemeliharaan bunga mawar. Namun dengan berjalannya waktu anda dapat melatih kepekaan anda untuk kebutuhan bunga mawar agar tumbuh subur dan berbunga dengan indah.

Posting Komentar untuk "6 Cara Menanam Bunga Mawar Untuk Pemula, Mudah Dan Simple! "