Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Rumput Jepang di Halaman

Alasan diulasnya tentang cara menanam rumput jepang di halaman, karena banyak sekali jenis rumput yang bisa dipakai untuk menambah kecantikan halaman rumah, salah satu jenis rumput yang saat ini populer adalah rumput jepang.

Walaupun bernama rumput jepang , bukan berarti tanaman ini berasal dari jepang. Nama tersebut dipakai karena kebiasaan orang Indonesia sendiri yang memberi nama sesuatu agar lebih mudah diingat.

cara-menanam-rumput-jepang

Kebanyakan  rumput memiliki ukuran yang panjang, namun rumput jepang memiliki ukuran yang pendek dengan tekstur yang kasar. Karenanya jenis rumput ini sangat cocok dipakai sebagai rumput tanaman.

Beberapa tips menanam rumput jepang

Terdapat beberapa langkah tips yang jarus dipenuhi ketika anda hendak menanam tanaman rumput jepang agar subur. Antara lain adalah :

1. Pemilihan bibit

Di pasaran rumput ini biasanya dijual permeter atau dalam bentuk bongkahan, sehingga saat menanam harus memisahkan tanamnnya sedikit demi sedikit. 

Kriteria yang harus diperhatikan saat memilih bibit yaitu : bibit harus berwarna hijau segar, bibit jug aharus terlihat prima, dalam artian tidak sedang terserang penyakit maupun hama, serta tanaman harus kokoh dan sehat. 

Selain itu teksturnya keras dan tidak layu. Setelah mempelajari semua kriteria tersebut ikuti tips berikut : pisahkan bibit kedalam kelompok kecil dan pastikan agar akar tanaman ikut terpisah. 

Pastikan juga agar akar tanaman  tidak tercabut karena tentu saja tanaman tidak akan bisa tumbuh tanpa akar tersebut.

2. Menyiapkan lahan tanam

Cangkul lahan untuk menggemburkan tanah dengan kedalaman yang sesuai. Kemudian ratakan permukaan tanah tersebut. 

Bersihkan lahan tersebut dari sisa rumput danbatu. Bila perlu gunakan garpu untuk menggemburkan tanah kembali jika dirasa tanah kurang gembur. 

Taburkan pupuk kandang pada lahan yang diolah dengan rasio perbandingan pupuk kandang 2 : 5, setiap 1 meter ditaburi 2,5 kg pupuk kandang. 

Siram lahan agar pupuk meresap dengan baik. Biarkan selama 5 – 7 hari hingga media tanam bisa digunakan.

3. Penanaman rumput jepang

Siram terlebih dahulu bibit yang akan ditanam untuk menghilangkan kotoran. tanamlah tanaman  pada waktu sore hari menjelang malam karena itu adalah waktu terbaik.

Selain itu bila ditanam pada pagi hari maka rumput akan terbakar oleh paparan sinar matahari. Buat lubang tanam dengan jarak rapat 10 x 10 cm. 

kemudian tanam bibit ke dalam lubang yang telah disediakan, tutup dan ratakan kembali. Kemudian siram dengan air bersih secukupnya bisa menggunakan gembor atau selang. 

Pada fase awal lakukan penyiraman secara rutin.

4. Perawatan rumput jepang

Beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam perawatan rumput jepang supaya tumbuh optimal :

a. Waktu penyiraman

Menggunakan air bersih sirami tanaman 2 x sehari tiap pagi dan sore hari. Menggunakan selang atau gembor supaya akar rumput tidak rusak.

b. Pemberian pupuk

Untuk tanaman yang berusia 2 minggu setelah tanam gunakan pupuk urea dengan dosis ½ kg untuk lahan 10 meter persegi. 

Sedangkan saat tanaman sudah berumur 1,5 bulan gunakan pupuk TSP dengan dosis yang sama.

c. Melakukan penyiangan

Mencabut gulma atau rumput liar harus rutin dilakukan supaya tanaman rumput jepang dapat tumbuh dengan seragam. 

Selain itu hal ini juga membantu mengusir serangga yang bisa merusak daun dari rumput. Tidak perlu menggunakan pestisida, cukup hanya menjaga lingkungan dan sanitasi lahan dengan bersih saja untuk perawatannya.

d. Melakukan pemangkasan

Lakukan pemangkasan ketika usia rumput mencapai 3 bulan, agar akar rumput tetap terkena sinar matahari. 

Hal ini akan membuat daun rumput tetap berwarna hijau. Jika tidak dilakukan maka warna rumput akan berubah menjadi kuning hingga kecoklatan. Bahkan sampai mati.

Gimana.. cara menanam rumput jepang di halaman mudah dilakukan bukan??

Silahkan share ke media sosial kalian apabila artikel ini bermanfaat


Posting Komentar untuk "Cara Menanam Rumput Jepang di Halaman "